Sejarah Copa America, Ada Tim Non Conmebol dan Hampir Kehilangan Marwahnya

Copa America memiliki sejarah yang menarik untuk disimak. Berikut ulasannya

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Senin, 05 Juli 2021 | 13:39 WIB
Undian Copa America 2020 di Cartagena, Kolombia, Rabu (3/12/2019) waktu setempat. (JUAN BARRETO / AFP)

Undian Copa America 2020 di Cartagena, Kolombia, Rabu (3/12/2019) waktu setempat. (JUAN BARRETO / AFP)

Bolatimes.com - Copa America yang biasa diikuti oleh negara-negara Amerika Selatan atau CONMEBOL, ternyata pernah diikuti oleh negara-negara dari luar zonanya. Bagaimana sejarahnya?

Copa America 2021 menjadi salah satu ajang sepak bola terakbar di musim panas 2021 ini, digelarnya Euro 2020.

Meski pamornya kalah dari Euro, ajang dua tahunan tersebut tetap mendapat atensi, mengingat banyaknya pemain bertalenta dari Amerika Selatan atau Amerika Latin yang berpartisipasi.

Baca Juga: 8 Potret Agnez Mo dengan Adam Rosyadi, Sudah Putus dari Raphael Maitimo?

Sebagai contoh, dari Brasil ada sosok Neymar. Lalu, Argentina dengan Lionel Messi sebagai andalannya, dan sederet bintang ternama seperti Luis Suarez, Edinson Cavani (Uruguay), dan Juan Cuadrado dari Kolombia.

Copa America sendiri digelar oleh CONMEBOL  atau Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan. Karena digelar oleh CONMEBOL, maka partisipannya tentu negara-negara yang berasal dari Amerika Selatan.

Meski demikian, Copa America pernah diikuti oleh negara-negara non CONMEBOL seperti Amerika Serikat, Meksiko, hingga Qatar.

Baca Juga: Karra Syam Olahraga Kenakan Sportwear, Netizen: Body Goals Luar Biasa

Lantas, mengapa bisa negara non CONMEBOL mengikuti gelaran Copa America?

Kesertaan Negara Non CONMEBOL di Copa America

Ide untuk mengajak negara lain berpartisipasi di Copa America muncul pada 1993. Saat itu, CONMEBOL mengajak negara lain berpartisipasi karena minimnya peserta dari Amerika Selatan sendiri.

Baca Juga: Beda dengan Istri Marc Klok, Jennifer Bachdim Santai Tanggapi PPKM Darurat

Diketahui, negara anggota CONMEBOL hanya 10 negara saja. Merasa minimnya persaingan dan durasinya yang singkat, maka muncullah ide mengundang negara lain tersebut.

Gelaran pertama Copa America yang diikuti negara non CONMEBOL terjadi pada tahun 1993. Saat itu terdapat dua tim dari CONCACAF atau konfederasi sepak bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia yakni Amerika Serikat dan Meksiko.

Lalu hal tersebut berlanjut di Copa America 2001 yang diikuti Meksiko, Kosta Rika, dan Honduras. Dan saat edisi khusus di 2016 yakni Copa America Centenario, CONMEBOL mengundang enam tim CONCACAF.

Baca Juga: Kisah Camoranesi, Pemain Argentina yang Bawa Italia Juarai Piala Dunia

Enam tim CONCACAF tersebut adalah Amerika Serikat, Meksiko, Kosta Rika, Jamaika, Haiti, dan Panama. Bahkan selain mengundang, Copa America Centenario digelar di Amerika Serikat.

Copa America tahun 2019 pun menjadi tahun terakhir di mana tim undangan ikut tampil. Berbeda dengan edisi sebelumnya, di tahun 2019 CONMEBOL mengundang dua tim asal Asia atau AFC yakni Jepang dan Qatar.

Bahkan di 2021 ini Australia turut diundang. Namun Socceroos batal berpartisipasi karena kondisi pandemi Corona yang merebak sejak 2020 lalu.

Copa America Hampir Kehilangan Marwahnya

Karena ide mengajak negara lain berpartisipasi, hampir saja Copa America kehilangan marwahnya. Maksud marwah di sini sendiri adalah ajang dua tahunan tersebut dijuarai oleh negara non CONMEBOL.

Dari 10 negara non CONMEBOL yang pernah dan hampir berpartisipasi, hanya Meksiko saja yang hampir menjuarai Copa America.

Kejadian tersebut terjadi di Copa America 1993 dan 2001. Saat itu Meksiko melaju hingga partai final sebelum tumbang di tangan Argentina dan Kolombia.

Di tahun 1993, Meksiko yang tergabung di grup C lolos ke perempat final sebagai salah satu peringkat tiga terbaik. Di babak itu, El Tri mengalahkan Peru 4-2 dan ke semifinal.

Lalu di semifinal, Meksiko yang bertemu Ekuador kembali menang dengan skor 2-0 sehingga melaju ke final dan menantang Argentina.

Beruntung bagi CONMEBOL, Copa America 1993 tak kehilangan ‘marwahnya’ karena Argentina menjadi kampiun usai memenangkan partai final dengan skor 2-1 atas Meksiko.

Berlanjut ke Copa America 2001. Meksiko kembali lolos ke perempat final usai menjadi Runner Up grup B di belakang Brasil.

Di babak itu, El Tri menghadapi Chile dan menang 2-0 hingga lolos ke semifinal. Kemudian di semifinal, Meksiko membuat kejutan dengan mengalahkan Uruguay dengan skor tipis 2-1 dan berhak menantang Kolombia di partai puncak.

Lagi-lagi Copa America tak kehilangan marwahnya. Sebab, Kolombia berhasil memenangi partai puncak dengan skor tipis 1-0 atas Meksiko.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak