Boladunia

3 Alasan Spanyol Bisa Tumbang Lawan Swiss, Ini Detailnya!

Setidaknya ada 3 alasan Spanyol bisa tumbang lawan Swiss malam nanti. Melihat dari track record dan disiplinnya pertahanan Swiss, berikut penjelasannya.

Irwan Febri Rialdi

Gelandang Timnas Swiss, Granit Xhaka, berselebrasi usai menyingkirkan Prancis di Euro 2020. (Justin Setterfield/AFP)
Gelandang Timnas Swiss, Granit Xhaka, berselebrasi usai menyingkirkan Prancis di Euro 2020. (Justin Setterfield/AFP)

Bolatimes.com - Menjelang pertandingan Spanyol vs Swiss yang akan diadakan pada malam nanti, Jumat (2/7/2021) pukul 23.00 WIB, sederet fakta menarik wajib diperhatikan. Spanyol yang unggul di atas kertas, sebaiknya tidak meremehkan Swiss. Setidaknya ada 3 alasan Spanyol bisa tumbang lawan Swiss, jika melihat pertandingan yang dijalani Swiss beberapa hari yang lalu untuk melangkah ke fase ini.

Spanyol sendiri melangkah ke fase 8 besar dengan penuh percaya diri setelah berhasil menumbangkan Kroasia dengan skor meyakinkan, 5 – 3. Sementara Swiss secara mengejutkan berhasil menjungkalkan Juara Dunia Prancis lewat drama adu penalti.

3 Alasan Spanyol Bisa Tumbang Lawan Swiss

1.       Pertama, Swiss dan Spanyol memiliki catatan persaingan ketat di berbagai kesempatan. Swiss pernah menahan imbang pada pertemuannya beberapa lalu dengan skor 1 – 1. Kemudian Spanyol pernah menang tipis dengan skor hanya 1 – 0. Swiss juga pernah menumbangkan Spanyol di Piala Dunia 2010 dengan skor 1 – 0. Dengan catatan ini, artinya untuk Spanyol, Swiss adalah lawan yang selalu menjadi hambatan.

2.       Swiss melaju tanpa beban, namun dengan motivasi tinggi. Swiss sebagai negara medioker dalam laga internasional seperti ini melaju tanpa beban karena 8 besar saja sudah jadi rekor untuknya. Namun setelah berhasil mengalahkan Prancis pada laga 16 besar, Swiss memiliki motivasi besar untuk terus melangkah maju. Ini yang harus diwaspadai Spanyol agar jangan sampai mereka menyepelekan tim tersebut.

3.       Swiss memiliki disiplin pertahanan yang luar biasa. Hal ini yang akan menyulitkan Spanyol dan skuadnya dalam membongkar pertahanan dan mencetak gol. Jika salah langkah, serangan balik bisa terjadi dengan cepat dan beresiko membuat gawang Spanyol kebobolan. Tim Swiss sendiri memang terkenal memiliki pemain belakang yang solid, baik dalam segi permainan maupun kerja sama.

Cukup masuk akal bukan jika Swiss bukan menjadi lawan yang sepele untuk Spanyol? Agaknya, dengan 3 alasan Spanyol bisa tumbang lawan Swiss di atas, skuad  Spanyol harus benar-benar cermat dalam menyusun serangan. Menampilkan permainan solid dan rapi akan jadi kunci kemenangan Spanyol, atau justru jadi celah untuk Swiss mencuri kemenangan.

Kontributor: I Made Rendika Ardian

Berita Terkait

Berita Terkini