Prediksi Prancis Vs Australia di Grup C Piala Dunia 2018

Prancis akan melawan Australia di laga perdana grup C Piala Dunia 2018.

Stephanus Aranditio | BolaTimes.com
Sabtu, 16 Juni 2018 | 14:18 WIB
Kazan Arena Sebelum Prancis Vs Australia (Sumber: Twitter)

Kazan Arena Sebelum Prancis Vs Australia (Sumber: Twitter)

Bolatimes.com - Timnas Prancis, yang disebut-sebut sebagai salah satu kandidat kuat juara, akan memulai petualangan mereka di Piala Dunia 2018 pada Sabtu (16/6/2018) petang ini pukul 17.00 WIB. Lawan yang dihadapi pun ideal, tanpa bermaksud meremehkan, yakni Timnas Australia, negara Oseania yang menjadi wakil Asia di Rusia '18. Prancis akan bentrok dengan Australia di Kazan Arena.

Skuat Prancis sendiri kini disebut-sebut dihuni generasi emas, dengan pemain-pemain yang masih muda namun sudah berstatus bintang di klubnya masing-masing.

Kegagalan di partai final Piala Eropa dua tahun lalu, di mana Prancis jadi tuan rumah turnamen, pun diyakini akan membuat skuat Les Bleus -julukan Timnas Prancis- kian haus kesuksesan di Piala Dunia 2018.

Baca Juga: Aksi Protes Wanita Iran di Piala Dunia 2018

Prancis sendiri kini sudah enam tahun terakhir dibesut Didier Deschamps, sosok yang mengapteni Les Bleus saat menjuarai Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000.

Didier Deschamps mengangkat trofi Piala Dunia bersama Lauret Blanc (kiri) usai memenangkan Piala Dunia 1998 [AFP]
Didier Deschamps mengangkat trofi Piala Dunia bersama Lauret Blanc (kiri) usai memenangkan Piala Dunia 1998 [AFP]

Piala Dunia 2018 pun jadi turnamen besar ketiga yang dilalui Prancis bersama Deschamps sebagai juru taktik. Sebelum jadi runner-up Piala Eropa 2016, langkah gemilang Prancis di Piala Dunia 2014 Brasil terhenti di fase perempatfinal. Kala itu, Prancis disingkirkan Jerman yang kemudian jadi juara turnamen.

Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps (FRANCK FIFE / AFP)
Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps (FRANCK FIFE / AFP)

Adapun skema yang diusung Deschamps untuk Piala Dunia 2018 masih relatif sama dengan Piala Eropa dua tahun lalu, namun dengan skuat yang jauh lebih muda, segar nan bertenaga. Masih mengandalkan formasi 4-2-3-1, beberapa pemain bertalenta kini semakin matang, macam Antoine Griezmann, N' Kante, Paul Pogba, Raphael Varane dan Samuel Umtiti.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Piala Dunia 16 Juni 2018

Ini belum ditambah kehadiran sederet pemain muda sensasional yang sudah jadi pilar di klub masing-masing, seperti Kylian Mbappe, Ousmane Demble, Thomas Lemar, Corentin Tolisso, Nabil Fekir, Florian Thauvin, Lucas Hernandez, Presnel Kimpembe, hingga Benjamin Pavard.

Gelandang Prancis Paul Pogba merayakan gol Ousmane Dembele (kanan) ke gawang Italia. FRANCK FIFE / AFP
Gelandang Prancis Paul Pogba merayakan gol Ousmane Dembele (kanan) ke gawang Italia. FRANCK FIFE / AFP

Skuat Prancis memang didominasi pemain-pemain muda yang tentunya lapar kesuksesan di level internasioanl. Di sektor belakang misalnya, cuma ada satu pemain yang berusia kepala tiga.

Setali tiga uang dengan sektor tengah dan depan, masing-masing cuma ada satu pemain yang sudah berusia 30 ke-atas. Selebihnya, Prancis dihuni pemain-pemain berusia 20-an, dan rata-rata di bawah 25 tahun.

Baca Juga: Klasemen Sementara Grup B: Spanyol Portugal Imbang, Iran Memimpin

Prancis sendiri datang ke Piala Dunia 2018 dengan kepercayaan diri yang tinggi. Apalagi, Tim Ayam Jantan -julukan Prancis lainnya- melaju ke putaran final dengan catatan yang impresif.

Para penggawa Timnas Prancis (FRANCK FIFE / AFP)
Para penggawa Timnas Prancis (FRANCK FIFE / AFP)

Dari 10 pertandingan kualifikasi zona Eropa mereka, Prancis merengkuh tujuh kemenangan, dua hasil imbang, dan hanya sekali kalah. Setelah itu, armada Deschamps juga memiliki catatan bagus pada tujuh laga uji coba yang dijalani usai kualifikasi.

Meski begitu, Prancis tetap tetap harus mewaspadai Australia, lawan pertama yang akan mereka hadapi di Piala Dunia 2018. The Socceroos -julukan Timnas Australia- memang tanpa bintang, dengan kolektivitas tim jadi andalan.

Baca Juga: Pelatih Mesir Ungkap Alasan Tak Mainkan Mohamed Salah

Gelandang andalan Timnas Australia, Aaron Mooy (MLADEN ANTONOV / AFP)
Gelandang andalan Timnas Australia, Aaron Mooy (MLADEN ANTONOV / AFP)

Namun, Australia memiliki lini tengah yang cukup kokoh, dengan diperkuat kuintet pemain yang berlaga di kompetisi Britania Raya. Nama-nama seperti Aaron Mooy (Huddersfield Town), Mile Jedinak (Aston Villa), Massimo Luongo (QPR), Jackson Irvine (Hull City) dan Tom Rogic (Glasgow Celtic) jadi andalan utama Australia di lini vital. 

Sekilas Rekam Jejak di Piala Dunia

Meski berstatus tim unggulan di Piala Dunia 2018, Prancis pantang jemawa mengingat mereka memiliki catatan buruk di fase grup pentas Piala Dunia dalam beberapa tahun terakhir. Dari total 12 laga terakhir di fase grup Piala Dunia, hanya tiga kali Les Bleus keluar sebagai pemenang!

Catatan buruk itu yang membuat Prancis tersingkir di fase grup Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Dan jika ditarik lebih jauh lagi, Prancis juga secara memalukan terhenti di babak fase grup Piala Dunia 2002  Jepang - Korea Selatan, meski berstatus juara bertahan turnamen setelah jadi kampiun empat tahun sebelumnya,  

Sementara itu, selama empat kali keikutsertaan Australia di pentas Piala Dunia, di mana tiga diantarnya pada tiga edisi terakhir (2006, 2010 dan 2014), hanya sekali The Socceroos sukses mencapai fase gugur. Prestasi tim yang kini dilatih Bert van Marwijk itu diukir pada Piala Dunia 2006.

Kondisi Terkini

Wonderkid Prancis Kylian Mbappe baru saja mengalami cedera usai menerima tekel bek Adil Rami pada sebuah sesi latihan Les Bleus jelang Piala Dunia 2018. Ada kemungkinan attacker Paris Saint-Germain itu absen di laga perdana.

Kylian Mbappe terkapar usai ditekel Adil Rami dalam sebuah sesi latihan Timnas Prancis jelang Piala Dunia 2018 (FRANCK FIFE / AFP)
Kylian Mbappe terkapar usai ditekel Adil Rami dalam sebuah sesi latihan Timnas Prancis jelang Piala Dunia 2018 (FRANCK FIFE / AFP)

Meski begitu, Deschamps tak perlu terlalu risau. Ia kaya opsi, masih ada nama-nama macam Dembele, Thauvin, hingga Fekir yang bisa mengisi posisi penyerang sayap di flank kanan.

Sementara itu, tak ada kendala cedera di kubu Australia. Pelatih Bert van Marwijk bisa meramu komposisi terbaiknya. Semua pemain fit, termasuk geladang serang uzur, Tim Cahill.

Seperti diketahui, Cahill sudah mencetak gol untuk Australia di tiga edisi Piala Dunia (2006, 2010 dan 2014). Jika bisa mencetak gol di Rusia '18, maka pemain berusia 38 tahun itu akan mensejajarkan namanya dengan Uwe Seeler, Pele, Miroslav Klose dan Cristiano Ronaldo sebagai pemain yang sukses mencetak gol di empat edisi Piala Dunia.

Namun, mantan pemain andalan Everton tersebut sepertinya akan mengawali laga kontra Prancis dari bangku cadangan.

Prakiraan Susunan Pemain

Prancis (4-2-3-1): Lloris; Sidibe, Umtiti, Varane, Hernandez; Kante, Pogba; Lemar, Dembele, Griezmann; Giroud.

Pelatih: Didier Deschamps

Australia (4-5-1): Ryan; Behich, Sainsbury, Milligan, Risdon; Luongo, Mooy, Jedinak, Rogic, Leckie; Juric.

Pelatih: Bert van Marwijk

 

Berita ini sudah tayang di suara.com

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak