Boladunia

Lagi, Mohamed Salah Kembali Kucurkan Bantuan Besar untuk Mesir

Mohamed Salah kembali menunjukan kepedulian untuk kampung halamannya di Mesir. Terbaru, ia menyumbang tanah untuk pembangunan pabrik pengolahan limbah agar menghasilkan air bersih.

Rendy Adrikni Sadikin | Irwan Febri Rialdi

Mohamed Salah/Instagram
Mohamed Salah/Instagram

Bolatimes.com - Bintang Liverpool, Mohamed Salah kembali menunjukan sifat kepedulian terhadap sesamanya di Mesir.

Menurut laporan Egiypt Independent, Salah menyumbang lahan dan membangun pabrik pengolahan limbah agar penduduk desanya bisa merasakan air bersih.

Ayah Mo Salah mengatakan lahan tersebut berada di desa Sharbatu, Gharbia. Nilainya mencapai 8 juta pound Mesir atau setara Rp6,3 miliar.

Sang ayah telah setuju dan bertanda tangan sebagai saksi bahwa kontrak tanah itu merupakan 'sumbangan' tanpa kompensasi untuk tujuan membangun pabrik pengolahan limbah.

Suasana desa Nagrig, kampung halaman Mo Salah. (Sumber: Dok. Sport.net).

Air bersih itu nanti akan mengaliri desa Nagrig dan Shabratu serta dengan desa-desa tetangga lainnya di Gharbia kota.

Terkait tindakan mulia Mo Salah, Gubernur Gharbia, Ahmed Deif Sakr mengatakan bukan hal yang baru lagi bagi dirinya dan warga Mesir.

Salah memang dikenal sebagai pria filantropis yang kerap memberi sumbangan untuk Mesir dan penduduk desanya pada khususnya.

“Salah adalah panutan yang harus diikuti oleh pemuda dan dia sudah dicintai jutaan orang di seluruh dunia karena dia menarik kebahagiaan di wajah mereka. Dia juga duta besar terbaik untuk Mesir di dunia karena mempromosikan pariwisata,” kata Ahmed Deif Sakr, dikutp Bolatimes.com dari Egypt Independent.

Sakr menambahkan jika ia telah menghubungi ayah Salah dan memilih sebidang tanah dan juga menandatangi kontrak.

Sang ayah juga telah membayarkan uang kepada pemilik untuk dijual di bawah nama kepala perusahaan pengolahan limbah tersebut.

Sumbangan tersebut menjadi uluran kasih Mo Salah untuk kesekian kalinya kepada Mesir.

Belum lama, sekitar dua bulan yang lalu, Mo Salah juga menyumbangkan dana sebesar 12 juta pound atau sekitar Rp10 miliarkepada salah satu rumah sakit di Mesir.

Dana tersebut dipergunakan untuk membeli peralatan medis rumah sakit tersebut.

Gedung rumah sakit di kota Nagrig yang sedang dibangun atas bantuan Mo Salah. (foto: SunSport)

Pada bulan Desember 2017 lalu, ia juga menyumbangkan sekitar 26 ribu pound Inggris sekitar Rp500 juta untuk membantu para eks-pesepakbola Mesir yang mengalami masa-masa sulit usai gantung sepatu.

Bantuan tersebut, disalurkan melalui Persatuan Pemain Veteran Mesir untuk disalurkan kepada sekitar 120 kepala keluarga yang mengalami masalah finansial.

Tak berhenti sampai di situ, usai memastikan Mesir berlaga di Piala Dunia 2018, Salah juga meminta kenalannya, pengusaha kaya Mamdouh Abbas, untuk memberikan sumbangan ke kampung asalnya, Nagrig.

Masih banyak uluran kasih lainnya dari Mohamed Salah untuk Mesir. Kabarnya ia tengah membangun rumah sakit dan sekolah untuk kampung halamannya di Nagrig.

Menurut laporan Middle East Eye, ia juga telah membeli tanah seluas lima hektar guna ditanami tanaman khusus untuk memberi suplai air bagi penduduk desa.

Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi

Berita Terkait

Berita Terkini