Kisah Mulyo Handoyo, Mantan Pelatih Taufik Hidayat yang Bikin Karier Loh Kean Yew Melesat

Pelatih asal Indonesia, Mulyo Handoyo jadi sosok kunci di balik melesatnya karier Loh Kean Yew.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 10 Mei 2023 | 19:14 WIB
Tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew. (dok. BWF)

Tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew. (dok. BWF)

Bolatimes.com - Nama Loh Kean Yew tengah melesat di kancah bulu tangkis dunia di sektor tunggal putra. Siapa sangka, kesuksesan ini tak lepas dari sosok Mulyo Handoyo yang merupakan mantan pelatih Taufik Hidayat.

Pebulu tangkis asal Singapura itu memang tengah melejit di olahraga tepok bulu ini, terhitung sejak 2019 lalu hingga saat ini.

Pebulu tangkis berusia 25 tahun itu sebelumnya hanya bermain di turnamen International Challenge saja. Tapi sejak 2019, ia mulai unjuk gigi di level yang lebih tinggi.

Baca Juga: Susunan Pemain Timnas Indonesia U-22 vs Kamboja: Haykal Alhafiz Starter

Hal ini dimulai saat dirinya menjuarai Thailand Masters 2019 dengan mengalahkan salah satu pebulu tangkis tunggal putra terbaik, Lin Dan.

Lalu ia mendapat julukan Mister Runner Up karena keberhasilannya menembus final-final ajang-ajang bergengsi, yang membuat namanya kian tersohor.

Progres apiknya pun berlanjut di 2021, saat menjuarai Hylo Open dengan mengalahkan Lee Zii Jia, dan menjuarai BWF World Championship.

Baca Juga: SEA Games 2023: Sempat Didiskualifikasi, Pesilat Indonesia Safira Dwi Meilani Akhirnya Dapat Medali Emas usai Banding

Kehebatan Loh Kean Yew hingga bisa menembus lima besar ranking dunia ini memang tak lepas dari kerja kerasnya sebagai pebulu tangkis tunggal putra.

Akan tetapi, di balik kesuksesannya itu ada tangan dingin eks pelatih Taufik Hidayat, yakni Mulyo Handoyo yang mengayominya.

Mulyo Handoyo Si Pencetak Emas

Baca Juga: Bidik Kemenangan, Beckham Putra Tak Gentar Kamboja Didukung Banyak Suporter di Kandang

Mulyo Handoyo bukanlah nama sembarangan di kancah bulu tangkis. Ia menjadi merupakan pelatih yang berjuluk ‘Si Pencetak Emas’.

Hal ini bermula saat salah satu tunggal putra terbaik dalam sejarah Indonesia, Taufik Hidayat, menjuarai Olimpiade 2004 Athena.

Namun prestasinya tersebut dibarengi dengan gosip miring, saat Mulyo Handoyo disebut sebagai biang kerok keluarnya Taufik Hidayat dari PBSI dan beralih menjadi pebulu tangkis independen.

Baca Juga: SEA Games 2023: Momen Tegang Pelatih Pencak Silat Indonesia Banting Barikade di Final Lawan Malaysia

Rumor itu hadir usai Mulyo Handoyo tak terpilih dalam jajaran pelatih Pelatnas pada tahun 2009. Hal itulah yang kabarnya membuat Taufik Hidayat kabarnya keluar dari PBSI pada tahun yang sama.

Setelah keluar dari PBSI, Mulyo Handoyo pun menjadi pelatih pribadi Taufik Hidayat. Usai sang pebulu tangkis pensiun, ia tetap meneruskan kiprahnya di bulu tangkis.

Mulyo Handoyo sempat melatih di India, di mana lagi-lagi ia mencetak pebulu tangkis tunggal putra hebat pada sosok Kidambi Srikanth.

Kehebatannya dalam mencetak pebulu tangkis tunggal putra pun lantas membuat Singapura merekrutnya untuk melatih sektor tunggal putra pada 2018.

Nah, dari sanalah Mulyo Handoyo melatih Loh Kean Yew yang kemudian menjadi juara dunia dengan menjuarai BWF World Championship 2021.

Usai membuat Loh Kean Yew menjadi juara dunia, Mulyo Handoyo kemudian keluar dari Pelatnas Singapura pada 2022 lalu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin merebut pole position perdana pada MotoGP 2024, usai menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar.

arena | 09:46 WIB
Tampilkan lebih banyak