Arena

Profil Mitch Evans, Juara Formula E Jakarta 2022 yang Kalahkan Pembalap Keturunan Indonesia

Mari berkenalan dengan sang juara Formula E Jakarta 2022

Irwan Febri Rialdi

Pebalap Formula E asal Selandia Baru dari tim Jaguar Racing Mitch Evans (tengah) merayakan kemenangannya di podium pada seri Roma E-Prix dalam kejuaraan mobil listrik Formula E 2018-2019 di distrik EUR Roma pada 13 April 2019. Andreas SOLARO / AFP.
Pebalap Formula E asal Selandia Baru dari tim Jaguar Racing Mitch Evans (tengah) merayakan kemenangannya di podium pada seri Roma E-Prix dalam kejuaraan mobil listrik Formula E 2018-2019 di distrik EUR Roma pada 13 April 2019. Andreas SOLARO / AFP.

Bolatimes.com - Mitch Evans berhasil raih juara pertama pada ajang balap Formula E Jakarta 2022 usai bertarung sengit dengan para pembalap lainnya.

Pembalap dari Selandia Baru tersebut dapat piala yang diberikan langsung oleh presiden Jokowi setelah berhasil menyalip pebalap Jean-Eric Vergne pada puncak balapan pada menit ke-39.

Kehebatan Mitch Evans akhirnya disaksikan secara langsung oleh para penggemar balap Formula Indonesia yang berada di sirkuit Jakarta International E-Prix (JIEC).

Ternyata, momen kemenangannya di Formula E Jakarta 2022 bukan satu-satunya yang ditorehkan oleh sosok pebalap 25 tahun tersebut. Ia telah mengantongi segudang kejuaraan sepanjang kariernya.

Simak profil Mitch Evans beserta perjalanan kariernya yang gemilang berikut.

Profil dan perjalanan karier Mitch Evans

Pembalap dengan nama lengkap Mitchell William Evans dilahirkan di Auckland, Selandia Baru 24 Juni 1994. 

Mengutip dari situs resmi Fia Formula E, Mitch Evans telah menunjukkan bakat memacu kecepatan sejak usia dini. Bahkan, Evans telah berlaga dalam kejuaraan balap mobil kart sejak usia enam tahun.

Pembalap asal Negeri Kiwi ini telah mendapatkan kejuaran pertamanya dalam ajang NZ Grand Prix pada usia 16 di bawah asuhan pebalap veteran Mark Webber. Evans juga telah terjun ke dunia Grand Prix internasional dan memperoleh kejuaraan pada 2012 GP3 di bawah tuntunan pelatihnya itu.

Evans 'naik kelas' ke GP2 dan menjadi pebalap yang berhasil mendapatkan kejuaraan kelas tersebut dalam kejuaraan Sepang, Malaysia pada usianya yang ke-18.

Karier Evans dalam balap mobil bertenaga listrik bersama dengan tim Panasonic Jaguar Racing pada tahun 2016 dan menunjukkan prestasinya dengan menjadi juara keempat di Meksiko. Pada musim keduanya, Evans juga telah memperoleh berbagai prestasi seperti mendapatkan pole position di Zurich dan finish podium di Hong Kong.

Musim selanjutnya pada tim Jaguar merupakan jalan yang tak mulus bagi Evans. Meski berkesempatan membawa kemenangan bagi timnya di Roma mengendarai Jaguar I-Type 3, Evans sempat mengalami tabrakan dengan pebalap tim Audi, Lucas di Grassi saat di ronde final New York.

Semenjak itu, Evans mulai menata kembali semangat memacu kecepatan dan berusaha meraih kejuaraan seperti dahulu kala. Salah satunya adalah ajang balap di Berlin beberapa waktu yang lalu setelah sempat tertunda pandemi.

Evans menghadapi berbagai saingan ketat di ajang balap berikutnya, salah satunya berhadapan dengan Nyck de Vries dan Jean-Eric Vergne di Jakarta E-Prix.

Kendati demikian, Evans  berhasil memacu cepat mobil listrik tim Jaguar yang ia kemudikan dan melejit sebagai juara pertama di ajang Formula E Jakarta 2022 yang digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu (4/6/2022).

Berita Terkait

Berita Terkini