Nyaris Serupa, Intip 5 Perbedaan Formula E dan Formula 1

Berikut perbedaan antara Formula E dan Formula 1 yang wajib diketahui.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 06 Juni 2022 | 15:30 WIB
Balap single seater tenaga listrik, balap Formula E [AFP/Andreas Solaro].

Balap single seater tenaga listrik, balap Formula E [AFP/Andreas Solaro].

Bolatimes.com - Indonesia baru saja sukses menggelar ajang balap Formula E di Jakarta pada Sabtu lalu (4/6/2022). Sejumlah apresiasi mengalir untuk kesuksesan acara tersebut.

Balap mobil itu lalu dihadiri oleh sejumlah tamu penting negara. Mulai dari Presiden Joko Widodo, Ketua DPR RI Puan maharani, serta sejumlah menteri seperti Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Sekilas balap Formula E tampak sama dengan balap mobil lainnya, seperti Formula 1, baik itu dilihat dari bentuk mobilnya dan juga lintasannya.

Baca Juga: Jadwal dan Link Live Streaming Indonesia Masters 2022, Dimulai Besok

Namun tahukah, ternyata ada sejumlah perbedaan antara balap Formula E dengan balap Formula 1. Apa saja perbedaan yang dimaksud? Berikut ulasannya.

1. Mobil Formula E menggunakan tenaga listrik

Pembalap DS Techeetah Jean Eric Vergne melaju saat mengikuti sesi latihan Formula E seri kesembilan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta, Sabtu (4/6/2022). Ajang balap Formula E diikuti 22 pembalap dari 11 tim. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/nym.
Pembalap DS Techeetah Jean Eric Vergne melaju saat mengikuti sesi latihan Formula E seri kesembilan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta, Sabtu (4/6/2022). Ajang balap Formula E diikuti 22 pembalap dari 11 tim. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/nym.

Salah satu perbedaan yang paling mencolok antara balap Formula E dengan balap Formula 1 terletak pada spesifikasi mobilnya.

Baca Juga: Daftar Wakil Indonesia di Indonesia Masters 2022, Minions Comeback

Pada balap Formula E, mobil yang digunakan menggunakan tenaga listrik. Sementara pada balap Formula 1, mobil yang digunakan memakai mesin dengan pembakaran internal dan hybrid.

Melihat perbedaan dalam spesifikasi mobil tersebut, secara tidak langsung diketahui bahwa, mobil balap Formula 1 memakai mesin yang lebih dikenal dengan power unit.

Berbeda dengan mesin mobil balap Formula E, mesin pembakaran internal mobil Formula 1 memiliki konfigurasi 1,6 liter turbo dengan menggunakan bahan bakar bensin.

Baca Juga: Lolos ke Piala Dunia 2022, Timnas Wales Siap Bikin Kejutan Buat Tim Besar

2. Lokasi balapan

Selain perbedaan dalam hal bahan bakar mobil, perbedaan lainnya antara Formula E dan Formula 1 terletak pada lokasi balapannya.

Pada Formula 1, balapan digelar di sirkuit besar dan terkenal di dunia, seperti Catalunya, Monaco dan Silverstone.

Baca Juga: Antar Wales ke Piala Dunia 2022, Gareth Bale Dedikasikan untuk Penggemar

Sementara balap Formula E lebih banyak digelar di sirkuit dengan konsep jalanan. Salah satu contohnya balap Formula E yang digelar di Roma, Berlin dan London. Di negara-negara tersebut, ajang balap Formula E diselenggarakan di sejumlah sirkuit jalanan.

3. Jenis ban mobil

Ilustrasi balapan Formula 1 (F1). [AFP/Andrej Isakovic]
Ilustrasi balapan Formula 1 (F1). [AFP/Andrej Isakovic]

Perbedaan lainnya antara Formula E dan Formula 1 adalah terletau pada aturan dan fungsi pit stop. Sebagaimana halnya balap mobil atau motor, pit stop digunakan sebagai tempat atau bengkel untuk memperbaiki kendaraan dengan sesegera mungkin.

Namun ada perbedaan fungsi dan aturan pit stop antara balap Formula E dan balap Formula 1. Perbedaan yang paling signifikan adalah mengenai jenis ban yang dipakai mobil.

Pada balap Formula E, ban mobil dirancang untuk bisa bertahan hingga balapan selesai. Jadi para pembalap tidak keluar masuk pit stop untuk mengganti ban.

Penggantian ban bisa dilakukan dalam keadaan yang sangat mendesak, misanya ban pecah atau ada komponen body mobil yang rusak.

Hal ini berbeda jauh dengan balap Formula 1, dimana pebalap harus mengganti ban mobil secara berkala selama balapan berlangsung.

4. Perbedaan bobot mobil

Sepintas, kita melihat mobil Formula E mirip dengan mobil balap Formula 1. Namun jika kita mengendarainya, barulah terasa perbedaannya, di mana bobot ke dua mobil tersebut sangat terasa bedanya.

Dari sisi dimensi, perbedaannya sudah terlihat. Mobil Formula E memiliki panjang 5,1 meter, lebar 1,7 meter, tinggi 1 meter, dan wheelbase 3,1 meter.

Dalam hal bobot, mobil Formula E memilik berat sekitar 900 kilogram, di mana lebih dari sepertiga beratnya ada di bagian baterai, yang mencapai 385 kilogram.

5. Tombol khusus di bagian stir

Mobil Formula E yang akan dipertontonkan kepada publik saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Jakarta. [Suara.com/Fakhri Fuadi]
Mobil Formula E yang akan dipertontonkan kepada publik saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Jakarta. [Suara.com/Fakhri Fuadi]

Satu hal yang menarik pada mobil balap Formula E, adalah mobil balap tersebut memiliki tombol khusus di bagian stir.

Tombol tersebut diberi nama Attack Mode. Fungsinya adalah untuk memberikan kekuatan lebih atau tambahan pada tenaga listrik mobil tersebut.

Sejak Formula E musim 2019-2020, tenaga yang diberikan kepada pembalap ketika memencet tombol Attack Mode bisa mencapai 235 kilowatt.

Itulah perbedaan Formula E dan Formula 1 yang sedang heboh dibicarakan.

(Kontributor: Damayanti Kahyangan)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap MotoGP dari tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo tak ingin mengendurkan semangatnya untuk balapan di MotoGP Spanyol akhir pekan ini.

arena | 18:49 WIB

Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi mengaku optimistis, karena keduanya berhasil finis di daftar delapan besar pada balapan utama MotoGP Amerika dua pekan lalu.

arena | 15:15 WIB

Pebalap Monster Energy Yamaha, Alex Rins bertekad untuk mengulangi kemenangan pada MotoGP Amerika Serikat 2024.

arena | 13:25 WIB

Pebalap Gresini Racing tersebut mengatakan, ingin meraih podium pertamanya di balapan yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA) Austin, Texas, pada akhir pekan ini.

arena | 12:30 WIB

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB
Tampilkan lebih banyak