Liga

Presiden La Liga: Liga Spanyol Lebih Besar dari Cristiano Ronaldo

Javier Tebas yakin La Liga akan tetap eksis tanpa Cristiano Ronaldo.

Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi

Presiden La Liga Spanyol, Javier Tebas. (sumber: Dok. Marca).
Presiden La Liga Spanyol, Javier Tebas. (sumber: Dok. Marca).

Bolatimes.com - Presiden La Liga, Javier Tebas menanggapi santai terkait keputusan Cristiano Ronaldo yang meninggalkan Real Madrid untuk bergabung Juventus. Ia yakin La Liga tetap akan menarik tanpa kehadiran pemain berkebangsaan Portugal itu.

Walau begitu, Tebas mengakui sempat cemas atas transfer Ronaldo. Namun, ia kini yakin semua akan baik-baik saja. La Liga disebut Tebas lebih besar dari seorang nama pemain.

Cristiano Ronaldo/Instagram
Cristiano Ronaldo/Instagram

"Dalam beberapa tahun terakhir kami telah bekerja untuk memastikan kepindahan seperti ini tidak memiliki dampak besar," kata Javier Tebas, dikutip dari Marca.

"Sebelumnya tingkat kecemasan saya sembilan dari sepuluh, sekarang hanya empat dari sepuluh. Ini tidak sama dan kami telah bekerja keras untuk memastikan kami tidak tergantung pada pasar transfer. Di La Liga, kami berada di atas nama pemain, sama seperti Real Madrid yang lebih besar dari brand Cristiano Ronaldo," tuturnya menambahkan.

Jika dilihat dari hak siar, La Liga merupakan kompetisi terbaik nomor dua setelah Liga Primer Inggris dan di atas Bundesliga Jerman.

barcelona menjuarau copa del rey/twitter
Barcelona menjuarai copa del rey/twitter

Pada Juni 2018, La Liga telah mencapai kesepakatan hak siar dengan nilai 3,4 miliar euro atau sekitar Rp 57,28 triliun hingga 2022. Jumlah itu meningkat 15 persen dari sebelumnya.

Sementara Liga Primer Inggris, dengan durasi kontrak yang sama kompetisi di negeri Tiga Singa itu mendapat kesepakatan senilai 4,46 miliar poundserling atau Rp 84,87 triliun.

Javier Tebas yakin peningkatan hak siar La Liga tak terpengaruh dengan kepergian Cristiano Ronaldo ke Italia. Pria 55 tahun itu menjadikan Liga Primer Inggris sebagai contoh, di mana kompetisi di negeri Ratu Elizabeth itu tetap menarik minat dunia meski tak ada pemain sekelas Ronaldo di sana.

"Liga Primer adalah liga yang menjual hak siar untuk nilai tertinggi dan mereka tidak memiliki pemain terbaik atau klub terbaik. Pasar hak siar tidak bekerja seperti ini," tutup Tebas.

loading...

Berita Terkait

Berita Terkini