4 Pelatih yang Protes soal Pemanggilan Pemain ke Timnas Indonesia U-23 Jelang Piala AFF U-23 2023

Deretan pelatih yang kritik pemanggilan pemain ke Timnas U-23.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Jum'at, 11 Agustus 2023 | 12:30 WIB
Pelatih Borneo FC, Pieter Huistra. (Dok. Borneo FC)

Pelatih Borneo FC, Pieter Huistra. (Dok. Borneo FC)

Bolatimes.com - Empat pelatih klub BRI Liga 1 yang protes dengan adanya pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2023.

Belum lama ini, PSSI telah merilis 23 nama yang akan dibawa untuk bertarung di Piala AFF U-23 2023 pada 17-26 Agustus 2023 mendatang.

Dari 23 nama itu, pemain-pemain yang dipanggil pada umumnya adalah pemain-pemain yang membela klub-klub Liga 1 2023/2024.

Baca Juga: Kiper Idaman Shin Tae-yong Resmi Gabung Inter Milan, Bakal Dinaturalisasi Timnas Indonesia?

Tak ayal pemanggilan ini membuat kisruh sepak bola nasional, mengingat sebagian pemain yang dipanggil itu merupakan andalan bagi klub-klubnya di Liga 1 2023/2024.

Apalagi saat ini kompetisi Liga 1 2023/2024 tengah memasuki jadwal padat dan Piala AFF U-23 2023 bukanlah agenda FIFA yang membuat klub wajib melepas pemainnya.

Tak ayal, banyak klub-klub Liga 1 2023/2024 yang enggan melepas pemainnya ke Timnas Indonesia U-23 untuk bertarung di Piala AFF U-23 2023.

Baca Juga: Sumardji Sindir Pelatih Asing: Makan di Negara Ini Tapi Bikin Sulit Pemain Gabung Timnas

Selain enggan melepas pemain, pemanggilan ini juga menuai protes dari banyak pelatih klub Liga 1, utamanya para pelatih asing.

Siapa saja pelatih yang memprotes pemanggilan terhadap pemainnya ke Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023? Berikut daftarnya.

1. Thomas Doll (Persija Jakarta)

Baca Juga: Sumardji Sebut Thomas Doll Tak Dukung Program Timnas Indonesia, Ini Sebabnya

Thomas Doll menjadi pelatih yang paling vokal menentang pemanggilan pemainnya ke Timnas Indonesia di luar agenda FIFA. Tercatat, ia telah memprotes pemanggilan sejak musim lalu.

Saat ini, Thomas Doll kembali memprotes pemanggilan Rizky Ridho ke Timnas Indonesia U-23, mengingat eks bek Persebaya Surabaya itu merupakan pilar di lini pertahanannya.

Thomas Doll mengaku sejatinya Timnas Indonesia U-23 memanggil lima pemainnya, lalu berkurang menjadi dua, dan kini hanya Rizky Ridho saja. Hal ini membuatnya gusar, mengingat musim lalu skuadnya berkurang karena pemanggilan ke Timnas Indonesia.

Baca Juga: 6 Pemain Belum Gabung TC Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong Ogah Ambil Pusing

2. Bernardo Tavares (PSM Makassar)

Tak hanya Thomas Doll, PSM Makassar lewat sang pelatih Bernardo Tavares juga menolak mengirimkan Dzaky Asraf ke Timnas Indonesia U-23.

Dzaky Asraf yang jadi pemain andalan PSM Makassar, masih dibutuhkan jasanya mengingat Juku Eja akan bertarung di Liga 1 dan Piala AFC 2023/2024.

Di sisi lain, regulasi Liga 1 yang mewajibkan pemain U-23 tampil 45 menit membuat kepergian Dzaky Asraf akan membuat opsi PSM Makassar berkurang.

3. Bojan Hodak (Persib Bandung)

Pelatih baru Persib Bandung, Bojan Hodak, juga menolak melepas Beckham Putra yang dipanggil untuk bergabung Timnas Indonesia U-23.

Pelatih asal Kroasia itu menyebutkan dirinya juga masih membutuhkan jasa Beckham Putra dalam Starting Line Up yang ia gunakan.

Di sisi lain, Bojan Hodak menyebut bahwa Piala AFF U-23 2023 tak termasuk agenda FIFA. Meski begitu, ia akan mengikuti aturan jika banyak klub melepas pemainnya ke Timnas Indonesia U-23.

4. Pieter Huistra (Borneo FC)

Barisan pelatih asing lainnya yang memprotes pemanggilan ke Timnas Indonesia U-23 adalah pelatih Borneo FC, yakni Pieter Huistra.

Mantan Direktur Teknik Timnas Indonesia itu geram karena tiga pemainnya yakni Fajar Fathur Rahman, Daffa Fasya, dan Komang Teguh dipanggil ke Timnas Indonesia U-23.

Ia merasa para pemain muda lebih cocok bermain di kompetisi seperti Liga 1 yang punya persaingan ketat ketimbang Piala AFF U-23 2023 yang tak masuk dalam agenda FIFA.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB
Tampilkan lebih banyak