Profil Brunei Darussalam, Lawan Pertama Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Mari menilik profil Brunei Darussalam, sudah seberkembang apa mereka

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 27 Juli 2023 | 15:52 WIB
Timnas Brunei Darussalam versus Timor Leste di leg kedua playoff Piala AFF 2022. (Twitter/@AFFPresse)

Timnas Brunei Darussalam versus Timor Leste di leg kedua playoff Piala AFF 2022. (Twitter/@AFFPresse)

Bolatimes.com - Berdasarkan hasil drawing yang dilakukan di markas AFC di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/7/2023),Timnas Indonesia dipastikan menghadapi Brunei Darussalam pada babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Timnas Indonesia harus terlebih dahulu menyingkirkan Timnas Brunei Darussalam pada babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia untuk mendapatkan tiket melaju ke fase selanjutnya.

Menurut jadwal, duel antara Indonesia kontra Brunei Darussalam bakal berlangsung selama dua leg. Pertandingan perdana digelar pada 12 Oktober 2023. Lalu, leg kedua bakal berlangsung pada 17 Oktober 2023.

Baca Juga: Resmi Tinggalkan Liverpool, Jordan Henderson Sampaikan Pesan Haru

Setidaknya, ada total 20 kontestan yang bakal bersaing pada babak pertama ini. Mereka akan merebutkan posisi di pot keempat. Slot ini menyediakan tiket bagi masing-masing kontestan untuk terbagi pada sembilan grup babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2025 Zona Asia.

Bagi Timnas Indonesia, menghadapi Brunei Darussalam sebetulnya bukan tantangan yang sulit dihadapi. Sebab, tim lawan tak punya kekuatan yang patut dikhawatirkan oleh skuad Merah Putih.

Profil Brunei Darussalam

Baca Juga: Kisah Evan Dimas, Mantan Wonderkid yang Kini Kariernya Sedang Meredup

Timnas Brunei Darussalam merupakan salah satu kontestan yang terhitung lemah di kawasan Asia. Sebab, di level Asia Tenggara pun, negara ini bukanlah lawan yang diperhitungkan oleh para pesaingnya.

Timnas Brunei Darussalam berada di bawah kendali Federasi Sepak Bola Brunei Darussalam alias FABD. Tim ini dibentuk pertama kali pada 1959. Namun, keanggotaannya di FIFA baru diakui pada 1969.

Kemunculan FABD tak terlepas dari The Brunei State Football Amateur Association yang dibentuk pada 15 Maret 1059. Namun, pada 1993, kata ‘Amatir’ dihilangkan dan mereka dikenal dengan Brunei Football Association.

Baca Juga: Bima Sakti Tegaskan Arkhan Kaka Bukan Dicoret dari Timnas Indonesia U-17, Tapi Dipulangkan ke Klub

Kiprah sepak bola internasional Brunei Darussalam memang sering kali terbatas di level Asia Tenggara, mulai dari SEA Games hingga Piala Tiger atau yang saat ini lebih dikenal dengan Piala AFF.

Sejauh ini, Brunei hanya empat kali mengikuti Kualifikasi Piala Dunia, yakni pada 1986, 2002, 2018, dan 2022. Dalam kesempatan itu, mereka tidak bisa lolos ke putaran final.

Tim nasional yang akrab dengan julukan Tebuan alias Tawon ini juga sudah lima kali berpartisipasi di Kualifikasi Piala Asia, tetapi belum pernah sekali pun lolos ke ronde kualifikasi pertama.

Baca Juga: Anaknya Telat Gabung Seleksi Timnas Indonesia U-17, Orang Tua Welber Jardim Izin ke Bima Sakti

Untuk saat ini, Timnas Brunei Darussalam mengandalkan pelatih asal Spanyol, Mario Rivera, sebagai nakhodanya. Dia dibantu oleh Direktur Teknik (Dirtek) yang cukup terkenal di Indonesia, Paul Munster.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak