Sangat Mencolok, Inilah Perbandingan Gaji yang Diterima Marselino Ferdinan dengan Pratama Arhan

Sama-sama berkarier di luar negeri, gaji Arhan dan Marselino sangat timpang

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 13 Juni 2023 | 16:00 WIB
Kolase Marselino Ferdinan dan Pratama Arhan. (Dok. KMSK Deinze dan Tokyo Verdy)

Kolase Marselino Ferdinan dan Pratama Arhan. (Dok. KMSK Deinze dan Tokyo Verdy)

Bolatimes.com - Dua pemain muda andalan Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan dan Pratama Arhan, ternyata mendapatkan gaji yang sangat bertolak belakang bersama klubnya masing-masing.

Dari laporan yang dikutip dari media Jepang, Nenshuu.net, gaji yang didapat Pratama Arhan bersama Tokyo Verdy berada di kisaran 4-5 juta yen per musimnya atau berkisar di antara Rp500 sampai Rp600 juta.

Dengan demikian, apabila Pratama Arhan mendapat bayaran sebesar Rp 500 juta satu musim, maka dalam satu bukan pemain asal Blora, Jawa Tengah, ini menerima gaji sebesar Rp 41 juta dari Tokyo Verdy.

Baca Juga: Perbandingan Gaji Merselino Ferdinan Bersama KMSK Deinze dengan Persebaya Surabaya, Kabarnya Naik 2 Kali Lipat

Nominal ini sebetulnya jauh lebih kecil ketimbang upah yang didapatkan oleh Pratama Arhan saat membela PSIS Semarang. Menurut kabar yang beredar, ketika itu gaji Arhan mencapai Rp 1,3 miliar per musim.

Upah yang diperoleh pemain berusia 21 tahun ini tentu sangat kontras dengan gaji yang didapatkan kompatriotnya, Marselino Ferdinan, yang berkarier bersama klub kasta kedua Liga Belgia, KMSK Deinze.

Sebab, Marcelino Ferdinan mendapatkan bayaran yang jauh lebih tinggi setelah memutuskan pindah dari Persebaya Surabaya menuju KMKS Deinze pada medio Maret 2023 itu.

Baca Juga: Profil Gustavo Chena, Eks Pemain Asing Liga Indonesia yang Benarkan Lionel Messi Tak Datang ke Indonesia

Berdasarkan kabar yang beredar, gaji yang dibayarkan oleh KMSK Deinze untuk Marselino Ferdinan mencapai angka Rp3,91 miliar. Jumlah ini terhitung tinggi jika dibandingkan dengan upahnya bersama Persebaya Surabaya.

Pasalnya, ketika masih bermain bersama tim Bajul Ijo, gelandang berusia 18 tahun ini menerima bayaran sebesar Rp1,3 miliar. Dengan kata lain, selisih gaji Marselino Ferdinan dari dua klub ini bisa mencapai Rp2 miliar.

Jika dihitung per bulan, maka perbandingan gaji antara Marselino Ferdinan bersama Pratama Arhan memang semakin memperlihatkan ketimpangan yang sangat mencolok.

Baca Juga: Seperti Dukun, Tim yang Disebut Ratu Tisha Kini Kenyataan Jadi Lawan Timnas Indonesia, Jepang hingga Argentina

Pasalnya, angka yang diterima Arhan sebesar Rp41 juta per bulannya sangat jauh dengan gaji bulanan Marselino Ferdinan yang mencapai Rp325 juta per bulan.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak