5 Pelatih Jerman yang Pernah Berkarier di Indonesia, Ada yang Fasih Bahasa Indonesia

Tak cuma Thomas Doll, inilah para pelatih Jerman yang pernah merumput di Liga Indonesia

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Sabtu, 03 Juni 2023 | 19:32 WIB
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll (persija.id)

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll (persija.id)

Bolatimes.com - Deretan pelatih Jerman yang pernah berkarier di Indonesia, siapa sangka bukan Thomas Doll saja kompatriot Juergen Klopp dengan riwayat bermain di kompetisi Tanah Air.

Persija Jakarta menggebrak Liga 1 2022 usai mendatangkan pelatih kondang asal Argentina, Thomas Doll yang berstatus mantan pelatih Borussia Dortmund.

Tak seperti pelatih klub Liga Indonesia pada umumnya, bersama Persija Jakarta, Thomas Doll juga mengemban tugas sebagai manajer tim.

Baca Juga: 3 Pemain Grade A yang Layak Dinaturalisasi untuk Menggantikan Justin Hubner

Fenomena ini memang jarang terjadi di Indonesia, namun Thomas Doll bukan satu-satunya dan orang Jerman pertama yang berkarier menjadi pelatih klub Tanah Air.

Lantas siapa saja pelatih asal Jerman yang pernah meniti karier sebagai pelatih di Liga Indonesia? berikut di antaranya.

1. Timo Scheunemann

Baca Juga: Ubah Mental Wasit Indonesia, PSSI Minta Bantuan Federasi Sepak Bola Jepang

Pria keturunan Jerman yang lahir di Kediri, sempat berkarier menjadi pemain bersama Persiba Balikpapan tahun 1997 sebelum berkarier sebagai pelatih pada 2000.

Di tahun tersebut ia mengambil lisensi kepelatihan A UEFA, sebelum pada 2007 ditunjuk sebagai Direktur Teknik Persikoba Batu.

Timo sempat menukangi Timnas Indonesia Putri di SEA Games 2009, sebelum menukangi Persema Malang pada 2010 dan pada 2017 kembali ke Persiba sebagai pelatih.

Baca Juga: Tiga Atlet Renang DIY Dapat Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri, Ada Yang di Belanda

2. Uwe Erkenbrecher

Mantan pelatih VfL Wolfsburg pernah menjadi komando utama Persipura Jayapura dan Cenderawasih Papua di Liga Indonesia.

Uwe menjadi satu-satunya pelatih asal Jerman yang pernah merasakan dualisme kompetisi sepak bola Indonesia, Liga Super dan Liga Primer.

Baca Juga: Tak Dapat Panggilan Timnas Indonesia vs Argentina, Dewangga Pilih Habiskan Waktu untuk Liburan

3. Michael Feichtenbeiner

Feichtenbeiner merupakan pelatih Jerman berlisensi UEFA Pro, pernah menukangi Selangor MPPJ dan pada 2010 tampil di Liga Primer Indonesia (LPI) bersama Medan Bintang.

Sempat juga menukangi PSM Makassar berlaga di LPI, hingga penunjukkan Feichtenbeiner dibatalkan dan memilih Robert Rene Alberts.

4. Jorg Steinebrunner

Medio 2011 hingga 2013, Jorg Steinebrunner melanglang buana di Indonesia bersama beberapa klub, di antaranya Deltras Sidoarjo, Medan Chiefs dan PSM Makassar.

Meski hanya satu tahun membela setiap klub, sebelum Jorg Steinebrunner saat ini berkarier di Liga Thailand bersama Nakhon Si United.

5. Bernhard Schumm

Berpengalaman sebagai staf pelatih Bayern Muenchen, Bernhard Schumm bukan nama baru dalam dunia sepak bola Indonesia.

Di era 1999, Schumm pernah menukangi Timnas Indonesia sebelum pada 2021 kembali ke Tanah Air menjabat Direktur Teknik PSG Pati FC.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB
Tampilkan lebih banyak