5 Momen Timnas Indonesia Kalah di Final SEA Games, Bagaimana dengan Edisi 2023?

Indonesia sudah sering masuk final SEA Games. Namun, tetap saja, berhasil jadi juaranya pada 1991 atau 32 tahun silam

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Sabtu, 15 April 2023 | 16:30 WIB
Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri (ketiga dari kiri) memeluk Evan Dimas usai mengalahkan Myanmar dalam pertandingan semifinal SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Sabtu (7/12). [Antara/Sigid Kurniawan]

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri (ketiga dari kiri) memeluk Evan Dimas usai mengalahkan Myanmar dalam pertandingan semifinal SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Sabtu (7/12). [Antara/Sigid Kurniawan]

Bolatimes.com - Langkah Timnas Indonesia di SEA Games cabor sepak bola kerap terhenti di status runner-up. Tak hanya di SEA Games, sebetulnya, pun di ajang lain macam Piala AFF.

Sejarah kelam ini tentu tak ingin dirasakan lagi oleh publik sepak bola Tanah Air, Timnas Indonesia U-22, dan PSSI di SEA Games 2023 yang akan berlangsung di Kamboja.

PSSI dan pemerintah punya target tinggi untuk meraih medali emas pertama di SEA Games sejak terakhir mendapatkannya pada SEA Games 1991.

Baca Juga: 3 Evaluasi Wajib Indra Sjafri usai Timnas Indonesia U-22 Dihajar Lebanon

Timnas Indonesia U-22 sendiri tergabung di Grup A SEA Games 2023 bersama tuan rumah Kamboja, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. 

Timnas Indonesia U-22 tentu tak boleh lengah jika tak ingin lima momen kegagalan di final SEA Games terulang lagi.

1. SEA Games 1979

Baca Juga: Gugat Cerai, Istri Achraf Hakimi Gigit Jari Gagal Dapat Harta Gono Gini

Timnas Indonesia bertemu dengan Malaysia di partai final SEA Games 1979. Laga itu berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Indonesia yang saat itu dilatih oleh Wiel Coerver harus menyerah dengan skor 0-1 usai Malaysia mencetak gol lewat Mokhtar Dahari.

2. SEA Games 1997

Baca Juga: Belum Bergabung, Dua Pemain Abroad Absen Bela Timnas Indonesia U-22 Lawan Lebanon di Leg Kedua

Dihuni oleh para pemain muda bertalenta jebolan PSSI Primavera, Timnas Indonesia kembali menembus final SEA Games 1997.

Namun skuad asuahn Henk Wullen yang bertanding di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, harus menyerah dari Thailand lewat babak adu penalti.

3. SEA Games 2011

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 Malam Ini: Laga Pamungkas, Persib Bandung dan Persija Jakarta Main

Timnas Indonesia U-23 yang saat itu dilatih Rahmad Darmawan dianggap punya kualitas yang cukup untuk meraih medali emas SEA Games 2011.

Namun lagi-lagi Timnas Indonesia harus meratapi nasib kalah adu penalti dari Malaysia. Padahal, laga saat itu berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno.

4. SEA Games 2013

Setelah gagal di edisi 2011, Indonesia berhasil menembus kembali final SEA Games 2013. Padahal, saat itu banyak keraguan karena terjadi konflik internal di PSSI.

Namun lagi-lagi Indonesia harus menyerah dari Thailand yang saat itu berhasil menang 1-0 di partai final.

5. SEA Games 2019

Indra Sjafri pernah membawa Timnas Indonesia U-22 melangkah hingga ke final SEA Games 2019. Indonesia melawan Vietnam di Stadion Rizal Memorial, Manila.

Saat itu Evan Dimas mengalami cedera setelah dijegal Doan Van Hau hingga akhirnya Timnas Indonesia harus menyerah dengan skor 0-3.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB
Tampilkan lebih banyak