Papua Football Academy, Memoles Mutiara dari Timur untuk Masa Depan Sepak Bola Indonesia

Papua Football Academy, wadah anak-anak Papua untuk masa depan sepak bola Indonesia

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Senin, 27 Maret 2023 | 18:38 WIB
Papua Football Academy di Tembagapura. (Instagram/@papuafootballacademy)

Papua Football Academy di Tembagapura. (Instagram/@papuafootballacademy)

Bolatimes.com - Tak bisa dipungkiri, Papua menjadi pulau penghasil pesepak bola top Indonesia. Rully Nere, Yohanes Auri, Aples Tecauri, Alexander Pulalo, Elie Aiboy, hingga Boaz Solossa adalah contoh-contoh nyata.

Nama terakhir menjadi salah satu bakat sepak bola paling ikonik. Bagaimana tidak, ia menjadi pemain Papua dengan caps terbanyak (48 laga) di Timnas Indonesia bersama seniornya, Elie Aiboy.

Di Liga Indonesia, Boaz Solossa tiga kali meraih gelar top skor (2008/09, 2010/11, 2013) dan tiga kali pula menjadi Pemain terbaik (2009/2010, 2010/2011, 2013).

Baca Juga: Cara Dani Alves Dapat Cuan dari Dalam Penjara karena Kasus Pemerkosaan

Boaz Solossa (instagram)
Boaz Solossa (instagram)

Sedikit data itu adalah bukti kehebatan seorang Boaz Solossa. Ia hebat berkat alaminya dan kegigihannya dalam berlatih di sebuah klub milik keluarga yang bernama PS Putra Yohan sejak dini.

Boaz Solossa juga bersyukur memiliki seorang keluarga atlet, terutama sang kakak Ortizan Solossa yang menjadi motivasi serta membimbingnya hingga akhirnya menjadi pesepak bola sukses seperti sekarang.

"Saat itu, orangtua saya mempunyai panti asuhan dan kebetulan kita juga punya klub, PS Putra Yohan di Sorong dan akhirnya di situ mau tidak mau ada di lingkungan itu," kata Boaz Solossa di YouTube Tiento Indonesia.

Baca Juga: Arema FC vs Bali United, Joko Susilo Pede Singo Edan Menang di Stadion PTIK

"Akhirnya dari situ, saya berusaha untuk selalu berlatih, bermain, dan beliau juga sendiri mendorong dan memberikan dukungan sampai saat ini," imbuhnya.

Namun, tentu tak semua anak Papua memiliki 'background' seperti Boaz Solossa yang mempunyai kakak pesepak bola dan keluarga atlet yang memiliki klub sepak bola.

Oleh karena itu, Papua Football Academy bisa menjadi wahana bagi anak-anak Papua untuk mewujudkan mimpi menjadi pesepak bola luar biasa seperti Boaz Solossa atau bahkan melebihinya.

Baca Juga: Lionel Messi Jadi Nama Pemusatan Latihan Timnas Argentina

Papua Football Academy

Papua Football Academy di Tembagapura. (Instagram/@papuafootballacademy)
Papua Football Academy. (Instagram/@papuafootballacademy)

Papua Football Academy merupakan akademi sepak bola bagi putra Papua yang diresmikan sejak 31 Agustus 2022. Akademi ini merupakan bentuk kontribusi PT Freeport Indonesia terhadap sepak bola di Bumi Cenderawasih.

Direktur Papua Football Academy adalah Wolfgang Pikal, nama yang sudah tidak asing di dunia sepak bola Indonesia karena pernah menjadi asisten almarhum Alfred Riedl di Timnas Indonesia.

Baca Juga: Dihajar Timnas Indonesia 3-1, Burundi Persiapkan Hal Ini Jelang Pertemuan Kedua

Dia diketahui juga perna menimba ilmu kepelatihan di beberapa klub ternama Eropa seperti Arsenal dan Ajax Amsterdam. Kini, dia juga menjadi seorang instrktur pelatih kelas A Pro AFC.

Kualitas dan pengetahuan Wolfgang Pikal sebagai seorang pelatih sudah tidak perlu diragukan lagi. Sehingga materi, ilmu, pengalamannya akan bermanfaatkan untuk menempa bakat-bakat muda di Papua Football Academy.

Selain Wolfgang Pikal, PFA juga didukung para legenda Papua seperti Rully Nere yang menjadi penasihat, hingga Ardiles Rumbiak sebagai pelatih kepala PFA.

Saat ini, Papua Football Academy memiliki 30 peserta didik, hasil dari seleksi 477 putra Papua yang berasal dari kabupaten/kota yakni Jayapura, Merauke, dan Mimika.

Usia para pemain terpilih itu adalah 13 tahun. Sehingga cukup waktu untuk memoles bakat mentah agar menjadi pemain yang jempolan dalam dua atau tiga tahun mendatang.

"Ini anak-anak rata-rata berusia 13 tahun. Proses sampai sejauh ini, mereka telah mengikuti seleksi, beberapa anak ada yang luar biasa. Banyak anak dengan bakat yang mentah," ujar Pikal di laman resmi Kemenpora.

Tak Cuma Sepak Bola, tapi Juga Peduli Pendidikan

Papua Football Academy di Tembagapura. (Instagram/@papuafootballacademy)
Papua Football Academy. (Instagram/@papuafootballacademy)

Di Papua Football Academy anak-anak usia 13-14 tahun tak hanya fokus berlatih sepak bola. Mereka juga diberi pendidikan formal di sekolah.

Sehingga, bakat-bakat muda ini tidak tertinggal secara pendidikan seperti anak-anak pada umumnya. Para pesepak bola muda tak hanya akan oke di lapangan, tetapi juga hebat di kelas.

"Tidak hanya sepak bola disiapkan juga pendidikan formalnya," kata Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, saat meresmikan Papua Football Academy.

"Sehingga tetap sekolah yang diharapkan nanti akan menjadi pemain-pemain bola yang memiliki jiwa percaya diri yang kuat, karakter yang kuat, yang kompetitif, yang sportif, tapi juga pandai dan pintar," imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Weshley Hutagalung selaku Operator Papua Football Academy. Para peserta didik harus memiliki ijazah ketika lepas dari akademi.

Ini bermanfaat bagi calon pesepak bola jika ingin melanjutkan dalam pendidikan formal ke tingkat yang lebih tinggi.

"Kita membentuk anak-anak ini bukan hanya tentang sepak bola, tetapi juga memberikan materi sekolah dan mereka harus ada ijazah," kata Weshley Hutagalung.

Target Jelas, untuk Jadi Pemain Profesional

Papua Football Academy di Tembagapura. (Instagram/@papuafootballacademy)
Papua Football Academy di Tembagapura. (Instagram/@papuafootballacademy)

Papua Football Academy memiliki target yang jelas dan realistis untuk pemainnya. Dalam jangka pendek, 30 pemain yang saat ini ditempa diproyeksikan untuk bisa bergabung tim EPA (Elite Pro Academy).

Sebagai informasi, EPA adalah sistem liga sepak bola kelompok usia yang diselenggarakan oleh PSSI. Pesertanya adalah klub-klub Liga 1 dengan kelompok usia di bawah 16 dan 18 tahun.

Dari EPA, para pemain bisa belajar menjadi pemain profesional dan merasakan kompetisi yang ketat. Biasanya dari kompetisi ini pelatih tim nasional kelompok usia akan menjaring pemain.

Oleh karena itu, Papua Football Academy memiliki target jangka pendek untuk memasok pemainnya ke tim-tim peserta EPA. Dan Papua Football Academy membuka pintu lebar untuk klub yang menginginkan pemainnya.

"Harapan kita, klub yang membutuhkan pemain bisa melakukan kerja sama. Kami akan melakukan pengawalan, semua data disimpan dan kami akan pantau. Kita tidak ingin peserta didik ini terlantar," kata Weshley Hutagalung.

Lebih dari itu, Papua Football Academy bertekad berkontribusi lebih untuk sepak bola Papua. Memoles bakat-bakat muda Papua untuk Indonesia.

"Tapi satu hal yang menjadi perhatian, kita ingin sepak bola Papua bangkit. Kami ingin berkontribusi terhadap perkembangan sepak bola," tuturnya menambahkan.

Papua Football Academy tentu bisa menjadi wadah bagi talenta-talenta Papua yang belum diasah. Semoga semakin banyak muncul pemain-pemain hebat seperti Boaz Solossa di masa mendatang.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak