Bolaindonesia

Timnas Indonesia U-20 Dipecundangi Slovakia U-20, Shin Tae-yong Kritik Keputusan Wasit

Shin Tae-yong beranggapan wasit tak adil.

Husna Rahmayunita

Pemain Timnas Indonesia U-20 Marselino Ferdinan saat hadapi Slovakia U-20. (dok. pssi)
Pemain Timnas Indonesia U-20 Marselino Ferdinan saat hadapi Slovakia U-20. (dok. pssi)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong menyayangkan keputusan wasit di laga uji coba lawan Slovakia, Sabtu (20/11/2022) malam yang berakhir dengan skor 1-2.

Timnas Indonesia sejatinya memimpin lebih dahulu lewat gol Rafael Struick di babak pertama, namun kena comeback rival lewat tendangan penalti Timotej Jambor dan sepakan Damian Kachut.

Menurut Shin Tae-yong, semestinya Timnas Indonesia tampil lebih tenang saat bertahan di area terlarang agar terhindar dari hukuman penalti. Ia berkaca dari pertandingan saat kalah dari Slovakia U-20 dan Prancis U-20 beberapa hari sebelumnya.

"Pemain seharusnya tidak terburu-buru," ujar Shin, dikutip dari keterangan PSSI

Ia juga menyebut wasit saat laga lawan Slovakia U-20 cenderung memberikan keuntungan kepada rival.

"Namun, khusus saat melawan Slovakia, wasit sedikit memihak lawan," tutur Shin Tae-yong.

Meski demikian, secara umum, Shin Tae-yong senang dengan performa para pemainnya sejauh ini. Juru taktik asal Korea Selatan itu menilai para pemainnya sudah menunjukkan upaya maksimal, terlepas dari kekalahan yang mereka dapatkan.

Laga-laga persahabatan Timnas Indonesia U2-0 di Spanyol, yang dilakukan di sela TC, menjadi salah satu persiapan menuju Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023.

Sebelumnya, Indonesia menjalani TC di Turki mulai 16 Oktober-13 November 2022. skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong melakukan tujuh laga uji coba, di mana tiga di antaranya berakhir dengan kemenangan untuk Indonesia.

Adapun Piala Asia U-20 2023 akan digelar pada 1-18 Maret 2023 di Uzbekistan. Piala Dunia U-20 2023 berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023 di Indonesia.

(Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini