Pelatih Timnas Republik Ceko Sebut Kualitas Liga Indonesia Agak Rapuh

Jeroslav Slihavy bongkar alasan mainkan Ondrej Kudela.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Senin, 26 September 2022 | 17:28 WIB
Pelatih Timnas Republik Ceko, Jaroslav Silhavy. (Instagram/@ceskarepre)

Pelatih Timnas Republik Ceko, Jaroslav Silhavy. (Instagram/@ceskarepre)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Repulik Ceko, Jeroslav Slihavy menyoroti minimnya kualitas Liga Indonesia usai memainkan Ondrej Kudela.

Hal itu disampaikannya usai laga lawan Portugal di UEFA Nations League 2022/2023 saat bek Persija Jakarta Ondrej Kudela ikut diturunkan membela Ceko.

Pada laga yang berlangsung di inobo, Praha, Minggu (25/9/2022) dini hari WIB, Portugal mengalahkan Ceko 4-0 berkat brace Diogo Dalot, Bruno Fernandes dan Diogo Jota.

Kudela turun sebagai pemain pengganti saat laga baru masuk di menit ke-22 menggantikan Jakub Brabec yang cedera.

Sebagai bek tengah, tak pelak Kudela bertanggung jawab meredam pemain-pemain bintang Portugal macam Cristiano Ronaldo, Fernandes, Bernardo Silva, hingga Diogo Jota.

Bek yang sudah berusia 35 tahun itu terlihat kepayahan di penampilan ke-10nya bersama timnas senior Ceko ini.

Kudela bertanggung jawab langsung pada gol pembuka Portugal yang dicetak Dalot pada menit ke-33. Kudela lengah mengawal bek sayap Manchester United itu sehingga mampu membuka skor.

Jjelang half-time, Mario Rui melepaskan bola dari sisi kiri Portugal dan si kulit bundar sempat lewat di depan Kudela sebelum akhirnya Fernandes mencetak gol kedua.

Pelatih Ceko Slihavy mengakui, menurunkan Kudela sebagai pemain pengganti adalah keputusan yang ia harus ambil karena bek Persija itu adalah satu pemain berpengalaman di skuad Ceko.

"Ondra (sapaan Kudela) kebetulan bermain di posisi itu, jadi ini pergantian yang logis," ucap Silhavy seperti dikutip dari laman resmi Timnas Ceko.

Pelatih berusia 60 tahun itu mengaku sadar kualitas Liga Indonesia di bawah standar Eropa, akan tetapi ia tak menyesal memainkan Kudela.

"Harus diakui (kualitas) Liga Indonesia memang agak rapuh, tapi kita tahu Kudela seperti apa. Sekali lagi, itu adalah pergantian yang logis, tak ada penyesalan," sambung pelatih bergaya necis asli Ceko itu.

"Dia berpengalaman, dan terkadang sangat penting mempunyai pemain berpengalaman di posisi itu," tukasnya.

Selanjutnya di laga terakhir Grup A2, Rabu (28/9) dini hari WIB, Ceko akan menghadapi tuan rumah Swiss.

Duel melawan Swiss sangat menentukan bagi Ceko untuk bertahan di level tertinggi alias tak terdegradasi ke Nations League B musim depan.

Saat ini, Republik Ceko menempati posisi juru kunci klasemen sementara dengan nilai 4, tertinggal dua angka dari Swiss yang ada di posisi ketiga.

(Suara.com/Rully Fauzi)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB

Gol tunggal Egy Maulana Vikri yang sukses mengamankan tiga poin di kandang benar-benar membuat seisi stadion bergemuruh.Tiga poin di kandang berhasil diamankan Timnas Indonesia melalui gol tunggal Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Erik ten Hag masih memegang kendali sebagai pelatih Manchester United pada musim 2023-2024.Namun, kepercayaan terhadap Ten Hag mulai pudar di antara manajemen Setan Merah.

bolaindonesia | 21:11 WIB

Berikut adalah link live streaming pertandingan Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Shin Tae-Yong mengkritik kualitas jersey latihan teranyar Timnas Indonesia yang baru saja dipakai dalam latihan perdana pada Senin (18/03/2024) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

bolaindonesia | 11:04 WIB

Pemain naturalisasi, Thom Haye mengungkapkan, rasa bahagianya setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pasca merampungkan proses itu seusai melakoni jadwal padat membela klubnya SC Heerenveen di Liga Belanda

bolaindonesia | 09:48 WIB

Sudah diberi kesempatan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia, dua pemain keturunan masih saja absen dalam persiapan laga U-20. Hingga latihan terbaru, kedua pemain keturunan Welber Jardim dan Chow Yun Damanik belum terlihat.

bolaindonesia | 18:16 WIB

Seperti fakta di lapangan yang terjadi, Persib harus bermain dengan kekuatan 10 orang sejak menit 36. Persib kehilangan satu pemain setelah Dedi Kusnandar diusir wasit.

bolaindonesia | 17:43 WIB

Do Duy Manh bek Timnas Vietnam baru-baru ini turut mengomentari banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan respon seperti ini.

bolaindonesia | 10:12 WIB
Tampilkan lebih banyak