Bolaindonesia

Belum Ikhlas, Pelatih Filipina Sebut Harusnya Dapat Penalti saat Lawan Timnas Indonesia U-16

Pelatih Filipina tak terima tidak dapat penalti dalam laga melawan Timnas Indonesia U-16

Irwan Febri Rialdi

Pelatih tim nasional U-16 Filipina Christopher Pedimonte (kanan) memberikan keterangan kepada pewarta usai laga Grup A Piala AFF U-16 2022 kontra Indonesia di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Minggu (31/7/2022). Indonesia memenangkan laga itu dengan skor 2-0. (Michael Siahaan)
Pelatih tim nasional U-16 Filipina Christopher Pedimonte (kanan) memberikan keterangan kepada pewarta usai laga Grup A Piala AFF U-16 2022 kontra Indonesia di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Minggu (31/7/2022). Indonesia memenangkan laga itu dengan skor 2-0. (Michael Siahaan)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Filipina U-16, Filipina Christopher Pedimonte, mengeluhkan mengapa tak dapat penalti pada laga Grup A Piala AFF U-16 2022 kontra Indonesia di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (31/7).

"Saya masih berpikir situasi tersebut seharusnya membuat kami mendapatkan tendangan penalti," ujar Christopher usai pertandingan.

Momen yang dimaksud Christopher adalah ketika kiper Indonesia Andrika Fathir Rachman terlihat menerjang gelandang Filipina Jared Pena di sekitar tepi kotak penalti pada menit ke-39.

Jared, yang mendapatkan umpan lambung dari tengah lapangan, berlari sendirian ke area terlarang Indonesia sebelum dijatuhkan oleh Andrika.

Pemain yang juga kapten tim U-16 Filipina itu pun sempat mendapatkan perawatan dari tim medis, tetapi wasit Warintorn Sassadee asal Thailand tak menganggap itu sebuah pelanggaran yang harus diganjar tendangan penalti.

"Kami mesti mengulas kejadian itu lagi (melalui rekaman vider-red). Namun, saya tetap berpendapat itu seharusnya penalti," tutur Christopher.

Terkait hal itu, pendapat berbeda disampaikan oleh juru taktik tim nasional U-16 Indonesia Bima Sakti. Bima menganggap kejadian tersebut "abu-abu".

"Menurut saya, itu tipis antara penalti dan tidak. Namun, semuanya tergantung wasit. Ada hakim garis juga di sana," kata juru taktik berusia 46 tahun itu.

Timnas U-16 Indonesia menundukkan Filipina dengan skor 2-0 pada laga Grup A Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Minggu (31/7) malam.

Kemenangan berkat gol bunuh diri pemain Filipina Jared Pena dan sumbangan penyerang Arkhan Kaka Purwanto pada babak pertama itu membawa Indonesia berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup A.

Indonesia memiliki selisih gol lebih sedikit daripada Vietnam di posisi satu, yang pada hari yang sama menundukkan Singapura 5-1. Filipina bertengger di peringkat ketiga dan Singapura menjadi tim terbawah.

Pada pertandingan Grup A selanjutnya, Rabu (3/8), Indonesia akan melawan Singapura mulai pukul 20.00 WIB di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Sebelumnya, mulai pukul 15.00 WIB, juga pada Rabu (3/8), Filipina akan menghadapi Vietnam di di Stadion Sultan Agung, Bantul.

(Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini