3 Dampak Positif dari Kepindahan Jordi Amat ke Johor Darul Takzim

Semua ada plus dan minusnya, inilah dampat positif dari kepindahan Jordi Amat ke JDT

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 29 Juni 2022 | 18:00 WIB
Jordi Amat ketika berseragam Swansea City. (Ian MacNicol / AFP)

Jordi Amat ketika berseragam Swansea City. (Ian MacNicol / AFP)

Bolatimes.com - Kabar mengejutkan datang dari Jordi Amat. Bukan, ini bukan soal proses naturalisasinya yang kian dekat menjadi kenyataan.

Sebaliknya, Jordi Amat malah sudah lebih dulu dipastikan bermain di Liga Malaysia. Ya, dia dikabarkan bergabung dengan Johor Darul Takzim (JDT).

Pemilik JDT,  Tunku Ismail Sultan Ibrahim pada Senin (27/6/2022) mengumumkan perekrutan Jordi Amat oleh klubnya. 

Baca Juga: Sudah Diproses, Apakah Naturalisasi Jordi Amat Bisa Batal?

Ia menerangkan mantan penggawa klub Belgia KAS Eupen tersebut akan merapat selepas proses naturalisasinya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) kelar.

Kabar ini mendapat berbagai respons, sebab perpindahan tersebut akan membuat tujuan naturalisasi pemain keturunan yang sejauh ini dijalankan jadi kurang tepat sasaran.

PSSI sendiri sudah angkat suara dan berharap bahwa Jordi Amat tetap bermain di Eropa. Namun, jika memang proses transfer bek kelahiran Spanyol itu terjadi, ada hal positif yang bisa terjadi jika Jordi Amat bergabung ke JDT.

Baca Juga: Susul The Daddies, Ribka/Febby Meluncur ke Babak Kedua Malaysia Open 2022

Apa saja? Berikut ulasannya!

1. Beradaptasi dengan Sepak Bola Asia

Sepanjang perjalanan kariernya, Jordi Amat tidak pernah bermain di luar Eropa. Dia kenyang dengan pengalaman bermain di klub-klub Benua Biru.

Baca Juga: Terdegradasi, Manajer Persipura Jayapura Diminta Segera Bentuk Tim Liga 2

Termutakhir, eks pemain Espanyol tersebuut membela klub asal Belgia, FC Eupen. Sejak 2009 memulai karier profesionalnya, sudah 291 pertandingan dilakoni oleh Amat di benua Eropa.

Tentunya dengan bergabung ke JDT, Amat akan mempercepat adaptasi dengan sepak bola Asia, khususnya di ASEAN karena terbiasa bermain di kompetisi Asia Tenggara.

2. Lebih Mudah Dipanggil ke Timnas

Baca Juga: Jordi Amat Terciduk Nonton Laga JDT, Netizen Indonesia Ramai Mengkritik

Jika nantinya proses naturalisasi Jordi Amat rampung dan resmi bermain untuk JDT, Jordi Amat akan berpotensi lebih mudah dipanggil ke Timnas di masa mendatang.

Selain karena kompetisi yang berjalan tidak jauh berbeda, jarak yang harus ditempuh oleh Amat untuk pulang ke Tanah Air tidak terlalu jauh jika bermain di Malaysia.

Seperti yang diketahui, saat ini salah satu penggawa Timnas Indonesia yaitu Saddil Ramdani, juga sedang merumput di Malaysia.

3. JDT Klub Besar

Meski secara tidak langsung menurunkan kelasnya dengan bermain di kompetisi Asia Tenggara, JDT terbilang merupakan salah satu klub besar di Asia Tenggara.

Saat ini JDT bahkan sedang memimpin Liga Malaysia 2022. Tak hanya itu, JDT juga tampil perkasa di Liga Champions Asia.

Setelah memuncaki klasemen Grup I di atas klub Jepang dan Korea Selatan macam Kawasaki Frontale dan Ulsan Hyundai, JDT memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions Asia.

Dengan kompetisi elite sekelas Liga Champions Asia yang diikuti JDT, perkara kualitas bermain rasanya tidak akan jauh berbeda dengan pengalaman Jordi Amat mentas di Eropa.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak