Bolaindonesia

Musim Pertama Latih Persija Jakarta, Thomas Doll Enggan Janjikan Gelar Juara

"Saya tidak akan banyak sesumbar kami akan juara," ujarnya.

Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha

Thomas Doll saat masih menjadi pelatih APOEL Nicosia pada pertandingan sepak bola playoff Liga Champions UEFA antara APOEL Nicosia dan Ajax Amsterdam di stadion GSP di Nicosia pada 20 Agustus 2019. (AFP)
Thomas Doll saat masih menjadi pelatih APOEL Nicosia pada pertandingan sepak bola playoff Liga Champions UEFA antara APOEL Nicosia dan Ajax Amsterdam di stadion GSP di Nicosia pada 20 Agustus 2019. (AFP)

Bolatimes.com - Pelatih baru Persija Jakarta Thomas Doll enggan menjanjikan gelar juara di musim pertamanya bersama Macan Kemayoran. Baginya, ada hal lain yang lebih penting.

Thomas Doll direkrut Persija Jakarta dengan kontrak tiga tahun setelah gagal mencapai target di Liga 1 2021/2022 di mana mereka cuma finis kedelapan alih-alih tiga besar seperti yang diharapkan.

Doll yang sempat membesut Borussia Dortmund jelas dilimpahkan target dan tanggung jawab untuk membawa Persija Jakarta kembali ke papan atas klasemen pada Liga 1 2022/2023.

Meski demikian, Thomas Doll tak berani berjanji bahwa dia bisa membawa Persija Jakarta menjadi juara di musim perdananya melatih. Dia menyebut, butuh perjuangan ekstra untuk membawa Macan Kemayoran kembali disegani.

"Target saya di sini adalah mengembalikan tim ini sebagai tim terbaik yang ada di Indonesia. Tapi, saya memang tidak bisa menjamin kami bisa langsung juara. Apalagi musim yang lalu kami tertinggal jauh dari peringkat pertama, Bali United,” kata Thomas Doll dikutip dari laman resmi klub.

Juru taktik 56 tahun itu tak mau sesumbar bakal seperti apa Persija ke depannya. Ia hanya akan berjuang agar Macan Kemayoran --julukan Persija-- bisa meraih hasil terbaik.

"Jadi kami harus banyak bekerja. Dibandingkan banyak berargumen, tetap kerja keras yang terpenting," terang sosok asal Jerman itu.

"Saya tidak akan banyak sesumbar kami akan juara atau kami yang terbaik di Asia. Sebab, akhirnya itu hanya sebuah kata-kata. Yang bisa saya janjikan adalah kami dan para pemain akan berjuang semaksimal mungkin untuk klub ini," terangnya.

Doll menerangkan target terdekatnya adalah mengubah mental bermain para pemain. Ia ingin Andritany Ardhiyasa dan kawan-kawan menjadikan setiap pertandingan layaknya final.

“Memang akan baik bicara target tinggi untuk fans, tapi yang harus kami ubah adalah mental menang dalam setiap pertandingan lebih dulu. Apalagi kami akan menjalani satu musim yang panjang," ucapnya.

"Sangat mudah jika hanya bicara, 'ya tentu target kami adalah untuk bisa lebih baik dari musim sebelumnya'. Tapi saat ini yang penting pertama adalah bagaimana menyatukan kembali tim ini," pungkasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini