Bolaindonesia

Keluhan-keluhan Shin Tae-yong di SEA Games 2021, dari Wasit hingga Lapangan

Shin Tae-yong kembali mengeluhkan soal lapangan tempat latihan yang disebutnya terlalu mini.

Husna Rahmayunita

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Istimewa)
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Istimewa)

Bolatimes.com - Permasalahan Timnas Indonesia U-23 arahan pelatih Shin Tae-yong di SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam, cukup beragam. Terbaru, Shin Tae-yong kembali mengeluhkan soal lapangan tempat latihan yang disebutnya terlalu mini.

Shin Tae-yong mengeluhkan beragam hal mulai dari segi permainan para pemain yang belum solid sehingga baru meraih satu kemenangan dari dua pertandingan penyisihan Grup A, hingga hal non-teknis lainnya.

Hal-hal non teknis ini berkaitan dengan pelayanan panitia penyelenggara SEA Games 2021, seperti salah satunya lapangan latihan.

Selain masalah lapangan, ada keluhan lain dari Shin Tae-yong pada penyelenggaraan SEA Games 2021. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Kinerja Wasit

Shin Tae-yong mengeluhkan keputusan wasit pada laga perdana Grup A melawan tuan rumah Vietnam. Di laga ini, skuad 'Garuda Muda' keok dengan skor telak 0-3.

Menurut Shin, gol pertama Vietnam seharusnya offside. Keputusan wasit yang keliru ini dianggap Shin mengganggu ritme permainan Indonesia dan membuat suasana mental pemain berubah.

2. Tiga Pemain Abroad Absen

Keluhan lain dari Shin Tae-yong hadir dari sisi Timnas Indonesia U-23 sendiri. Adalah absennya tiga pemain yang merumput di luar negeri yaitu Pratama Arhan, Elkan Baggott, dan Asnawi Mangkualam.

Arhan dipastikan tidak mendapat izin dari klubnya Tokyo Verdy, sedangkan Elkan Baggott tidak diketahui kapan bisa bergabung.

Sementara Asnawi Mangkualam yang absen saat melawan Vietnam, sudah bergabung dengan tim dan sudah bermain saat melawan Timor Leste.

3. Tidak Puas dengan Performa Tim

Timnas Indonesia U-23 memang berhasil meraih kemenangan atas Timor Leste di laga kedua Grup A dengan skor telak 4-1.

Namun, Shin Tae-yong mengaku belum puas dengan performa yang ditunjukkan oleh Fachruddin Aryanto dan kolega di laga melawan Timor Leste.

Timnas Indonesia U-23 pun gagal mencatatkan clean sheet karena blunder yang dilakukan sehingga berujung satu gol balasan Timor Leste.

4. Lapangan Latihan Tak Sesuai Standar

Keluhan ini merupakan keluhan yang pertama kali dilontarkan oleh Shin Tae-yong kepada penyelenggara SEA Games 2021.

Menurut Shin Tae-yong, lapangan latihan yang disediakan untuk Timnas Indonesia jauh dari standar sehingga menyulitkannya dalam menerapkan latihan taktik.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Berita Terkait

Berita Terkini