Menerka 3 Gelandang Timnas U-23 Andalan Shin Tae-yong di Piala AFF U-23

Berikut ulasan tiga gelandang yang diprediksi bakal jadi andalan Timnas Indonesia di Piala AFF U-23.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 02 Februari 2022 | 15:30 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-19, Beckham Putra Nugraha (kedua kiri) berebut bola dengan pemain Timnas Iran U-19, Yasin Salmani (kanan) pada pertandingan persahabatan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/9/2019). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Pemain Timnas Indonesia U-19, Beckham Putra Nugraha (kedua kiri) berebut bola dengan pemain Timnas Iran U-19, Yasin Salmani (kanan) pada pertandingan persahabatan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/9/2019). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, harus mencari komposisi baru untuk menyusun kerangka lini tengah di Piala AFF U-23 2022.

Sebab, beberapa pemain yang menjadi andalan pada ajang-ajang sebelumnya tak bisa tampil di Piala AFF U-23 2022 karena faktor usia.

Salah satu pemain yang sudah paten ialah Ricky Kambuaya. Namun, usia gelandang Persebaya Surabaya ini sudah mencapai 25 tahun.

Baca Juga: Ucapan Pratama Arhan usai Timnas Indonesia Dua Kali Kalahkan Timor Leste

Oleh karena itu, ada beberapa pemain muda yang diyakini bakal menjadi andalan Shin Tae-yong untuk membentuk kerangka lini tengah.

Salah satu nama yang muncul sudah mendapatkan peran vital ini sejak timnas Indonesia tampil di Piala AFF 2020 beberapa waktu lalu.

Berikut tiga gelandang yang diprediksi menjadi andalan Shin Tae-yong di skuad timnas Indonesia U-23 pada Piala AFF U-23 2022.

Baca Juga: Malaysia Gelar Uji Coba Jelang Piala AFF U-23, Termasuk Lawan Klub Saddil

1. Beckham Putra Nugraha

Selebrasi bintang muda Persib, Beckham Putra Nugraha (kanan) setelah menjebol gawang Persiwa Wamena pada laga leg kedua babak 32 besar Piala Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, Senin (11/2/2019) petang WIB. [Laman resmi Persib/M. Jatnika Sadili]
Selebrasi bintang muda Persib, Beckham Putra Nugraha (kanan) setelah menjebol gawang Persiwa Wamena pada laga leg kedua babak 32 besar Piala Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, Senin (11/2/2019) petang WIB. [Laman resmi Persib/M. Jatnika Sadili]

Gelandang muda Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha, juga diyakini bakal menjadi kekuatan penting timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2022.

Bersama Persib Bandung di Liga 1 2021-2022, Beckham cukup mendapatkan kepercayaan dari pelatih Robert Rene Alberts.

Baca Juga: Dua Pemain Muda Dipanggil TC Timnas Indonesia, Persis Solo Bangga

Sejauh ini, gelandang berusia 20 tahun itu sudah mencatatkan dua gol dan tiga assist dari 15 penampilannya bersama tim Pangeran Biru.

Bukan tidak mungkin, Beckham bakal menjadi salah satu pemain yang mengisi sektor lini tengah timnas Indonesia U-23.

Sebab, sebelumnya dia juga sudah mendapatkan kepercayaan dari Shin Tae-yong saat bermain di timnas Indonesia U-19.

Baca Juga: Balik dari Masa Pensiun, Roberto Carlos Gabung Klub Inggris

2. Marselino Ferdinan

Gelandang serang muda Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan. (Dok. LIB)
Gelandang serang muda Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan. (Dok. LIB)

Salah satu pemain berusia di bawah 18 tahun yang memiliki menit bermain yang paling banyak di Liga 1 2021-2022 ialah Marselino Ferdinan.

Meskipun usianya baru menginjak 17 tahun, tetapi pelatih Persebaya Surabaya sudah memberikan kepercayaan yang luar biasa kepada pemain asal Jakarta ini.

Dari total 14 kali penampilannya di Liga 1 2021-2022, Marsel sudah menyumbang empat gol dan lima assist untuk skuad Bajul Ijo.

Pada Piala AFF U-23 2022, Marsel diprediksi bakal menjadi salah satu gelandang andalan Shin Tae-yong di lini tengah.

Hal itu salah satunya terbukti ketika timnas Indonesia bertanding melawan Timor Leste pada dua laga FIFA Matchday.
Pada laga pertama, Marsel bermain sebagai pemain pengganti. Namun, performanya mendapatkan pujian dari Shin Tae-yong.

Sedangkan pada laga kedua, pemain jebolan timnas Indonesia U-16 ini tampil penuh selama 90 menit.

3. Rachmat Irianto

Aksi Rachmat Irianto saat Indonesia kalahkan Kamboja 4-2 di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)
Aksi Rachmat Irianto saat Indonesia kalahkan Kamboja 4-2 di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Salah satu pemain vital yang menjadi andalan Shin Tae-yong di timnas Indonesia pada Piala AFF 2022 lalu ialah Rachmat Irianto.

Pemain asal Persebaya Surabaya ini merupakan salah satu sosok serbaguna di atas lapangan. Rian, begitu dia akrab disapa, bisa bermain di sejumlah posisi.

Namun, belakangan ini Rian mendapat kepercayaan untuk mengisi sektor lini tengah, baik di Persebaya Surabaya maupun di timnas Indonesia.

Rian bakal menjadi salah satu pemain penting yang menjaga keseimbangan timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2022.

Pada dua laga uji coba FIFA Matchday melawan Timor Leste, Rian selalu tampil sebagai starter. Perannya tak tergantikan oleh siapa pun.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB

Gol tunggal Egy Maulana Vikri yang sukses mengamankan tiga poin di kandang benar-benar membuat seisi stadion bergemuruh.Tiga poin di kandang berhasil diamankan Timnas Indonesia melalui gol tunggal Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Erik ten Hag masih memegang kendali sebagai pelatih Manchester United pada musim 2023-2024.Namun, kepercayaan terhadap Ten Hag mulai pudar di antara manajemen Setan Merah.

bolaindonesia | 21:11 WIB

Berikut adalah link live streaming pertandingan Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Shin Tae-Yong mengkritik kualitas jersey latihan teranyar Timnas Indonesia yang baru saja dipakai dalam latihan perdana pada Senin (18/03/2024) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

bolaindonesia | 11:04 WIB

Pemain naturalisasi, Thom Haye mengungkapkan, rasa bahagianya setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pasca merampungkan proses itu seusai melakoni jadwal padat membela klubnya SC Heerenveen di Liga Belanda

bolaindonesia | 09:48 WIB

Sudah diberi kesempatan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia, dua pemain keturunan masih saja absen dalam persiapan laga U-20. Hingga latihan terbaru, kedua pemain keturunan Welber Jardim dan Chow Yun Damanik belum terlihat.

bolaindonesia | 18:16 WIB

Seperti fakta di lapangan yang terjadi, Persib harus bermain dengan kekuatan 10 orang sejak menit 36. Persib kehilangan satu pemain setelah Dedi Kusnandar diusir wasit.

bolaindonesia | 17:43 WIB

Do Duy Manh bek Timnas Vietnam baru-baru ini turut mengomentari banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan respon seperti ini.

bolaindonesia | 10:12 WIB
Tampilkan lebih banyak