Bolaindonesia

3 Alasan Choi In-cheol Wajib Jadi Pelatih Baru Timnas Wanita Indonesia

Choi In-cheol pernah membawa Timnas Wanita Korea Selatan ke Piala Dunia

Irwan Febri Rialdi

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yakni Choi In-cheol. (KFA)
Asisten pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yakni Choi In-cheol. (KFA)

Bolatimes.com - Kiprah buruk timnas Wanita Indonesia pada Piala Asia Wanita 2022 memunculkan desakan kepada PSSI untuk lebih serius meningkatkan sepak bola wanita, salah satunya menunjuk pelatih baru.

Salah satu nama kandidat pelatih yang muncul ke permukaan sebagai sosok yang tepat untuk menangani timnas Wanita Indonesia ialah Choi In-cheol.

Saat ini, Choi In-cheol merupakan asisten pelatih yang membantu Shin Tae-yong di jajaran kepelatihan timnas Indonesia.

Sebelumnya, Choi In-cheol adalah nama asisten terbaru yang ditunjuk pada awal Mei 2021. Dia saat itu direkrut untuk menggantikan Gong Oh-kyun yang mundur pada Desember 2020.

Sebagai asisten pelatih, Choi adalah salah satu sosok yang dekat dengan Shin Tae-yong. Perannya juga sangat krusial dalam membantu Shin untuk menyusun strategi dan program latihan skuad Garuda.

Kini, nama Choi In-cheul menjadi salah satu kandidat yang diajukan untuk menangani timnas Wanita Indonesia agar bisa lebih berprestasi.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat Choi In-cheol layak ditunjuk menjadi pelatih timnas Wanita Indonesia.

1. Berpengalaman

Choi In-cheul memang menjadi nama yang asing bagi publik pencinta sepak bola Indonesia. Namun, sebetulnya kiprah Choi di Korea Selatan sudah banyak diakui.

Salah satu penyebabnya adalah kiprahnya sebagai pelatih yang cukup impresif, meski karier sepak bolanya tak terlalu cemerlang.
Sementara itu, dari rentang tahun 1998 hingga 2008, karier kepelatihannya lebih banyak dihabiskan di level sekolah, yakni salah satunya bersama Dongmyeong Elementary School.

Setelah itu, Choi lebih banyak bersinggungan dengan sepak bola putri ketimbang melatih tim profesional putra.

Salah satu kiprahnya ialah membawa timnas Wanita Korea Selatan U-19 pada 2006 dan menjadi pelatih kepala timnas Wanita senior satu tahun setelahnya.

2. Berprestasi

Selain memiliki pengalaman dengan sepak bola Wanita, Choi In-cheol juga memiliki prestasi mentereng bersama timnas Wanita Korea Selatan.

Mereka pernah meraih peringkat ketiga di ajang Peace Queen Cup, meraih medali perunggu Asian Games 2010, hingga Piala Dunia Wanita U-20 2010.

Sementara itu, di level klub, Choi juga pernah menangani Hyundai Steel Red Angels di Liga Putri Korea Selatan, yakni pada ajang WK-League 2012 hingga 2019.

3. Pernah ke Piala Dunia

Salah satu pengalaman berharga Choi In-cheol ialah mengantarkan anak asuhnya ke putaran final Piala Dunia Wanita U-20 2010.

Sebab, melaju ke Piala Dunia Wanita U-20 merupakan salah satu prestasi pertama dan paling jauh yang pernah diraih skuad timnas Wanita Korea Selatan.

Tentu pengalaman ini sangat berharga andaikan timnas Wanita Indonesia mendapatkan mentor sekelas Choi In-cheol.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini