Awas, Ini Hasil Timnas Indonesia ketika Main di Stadion Nasional Singapura

Stadion Nasional Singapura kurang ramah bagi Timnas Indonesia

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Sabtu, 18 Desember 2021 | 13:58 WIB
Potret pemain Timnas Indonesia saat melawan Laos di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Potret pemain Timnas Indonesia saat melawan Laos di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan bersua Malaysia di laga terakhir grup B Piala AFF 2020, Minggu (19/12/21). Di laga ini, skuat Garuda harus waspada mengingat pertandingan di gelar di venue yang tak ramah bagi tim Merah Putih, yakni Stadion Nasional Singapura.

Untuk kali pertama pada gelaran Piala AFF 2020 ini, Indonesia akan bermain di luar Stadion Bishan yang jadi venue untuk grup B saat menghadapi laga hidup mati melawan Malaysia.

Indonesia dan Malaysia akan bertandingan di Stadion Nasional Singapura dikarenakan Stadion  Bishan akan dipakai untuk laga Vietnam vs Kamboja.

Baca Juga: 5 Alasan Timnas Indonesia Bisa Kalahkan Malaysia di Piala AFF 2020

Pihak AFF sendiri menggelar kedua laga ini di waktu yang sama yakni Minggu (19/12/21) pukul 19.30 WIB. Oleh karenanya, laga Indonesia dan Malaysia diadakan di Stadion Nasional yang jadi venue untuk grup A.

Keputusan AFF menyelenggarakan kedua laga ini bersamaan dikarenakan tiga tim yakni Indonesia, Vietnam, dan Malaysia masih berpeluang besar untuk lolos ke semifinal.

Demi mencegah adanya hal-hal yang tak diinginkan, alhasil kedua laga ini digelar di waktu yang sama dengan lokasi yang berbeda.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Dion Cools, Bek Timnas Malaysia yang Pernah Hadapi Mo Salah

Nyatanya, keputusan AFF ini bisa saja menjadi bencana bagi Indonesia. Pasalnya, skuat Garuda terbilang tak ramah dengan Stadion Nasional Singapura kala bermain di ajang Piala AFF.

Tercatat 5 kali tim Indonesia bermain di Stadion Nasional Singapura pada gelaran Piala AFF. Berikut hasil yang didapat skuat Garuda setiap bermain di venue tersebut.

1. Piala AFF 1996 (13 September 1996)

Baca Juga: Media Thailand Sebut Timnas Indonesia Bakal Dikalahkan Malaysia 0-2

Indonesia pertama kali bermain di Stadion Nasional Singapura pada gelaran Piala AFF (Piala Tiger) 1996 atau edisi pertama.

Di laga ini Indonesia takluk dari Malaysia dengan skor 1-3 di babak semifinal. Karena hasil ini, skuat Garuda gagal lolos ke babak final edisi pertama Piala AFF.

2. Piala AFF `1996 (15 September 1996)

Baca Juga: Singgung Pemain Impor, Gelandang Malaysia Pede Hadapi Timnas Indonesia

Dua hari setelah kegagalan menembus final, Indonesia bermain menghadapi Vietnam untuk memperebutkan tempat ketiga di ajang Piala AFF 1996.

Di laga yang berlangsung di Stadion Nasional ini, Indonesia lagi-lagi tumbang dengan skor 2-3 dari Vietnam sehingga harus puas menjadi tim terbaik keempat.

3. Piala AFF 2007 (13 Januari 2007)

Rekor buruk Indonesia di Stadion Nasional kala bermain di ajang Piala AFF sempat pupus saat menjalani babak grup Piala AFF 2007.

Kala itu Indonesia yang tergabung di grup B menjalani laga perdananya di Piala AFF 2007 dan mampu meraih kemenangan 3-1 atas Laos di Stadion Nasional.

4. Piala AFF 2007 (15 Januari 2007)

Di laga kedua Piala AFF 2007, Indonesia masih bermain di Stadion Nasional. Adapun lawan skuat Garuda di partai kedua grup B ini adalah Vietnam.

Di laga itu, Indonesia harus puas bermain  imbang 1-1 dengan Vietnam setelah gol bunuh diri Supardi mampu disamakan oleh Saktiawan Sinaga di menit terakhir waktu normal.

5. Piala AFF 2007 (17 Januari 2007)

Di laga terakhir grup B, Indonesia bertanding di Stadion Nasional dengan menghadapi tuan rumah Singapura. Laga ini menjadi laga hidup mati karena kedua tim berebut tiket ke semifinal.

Indonesia dalam posisi terjepit karena diwajibkan menang. Sedangkan Singapura hanya butuh hasil imbang karena unggul selisih gol atas tim Merah Putih.

Dan di laga terakhir ini, Indonesia harus puas bermain imbang 2-2 dengan Singapura. Hasil ini membuat skuat Garuda pun gagal lolos ke babak semifinal.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB
Tampilkan lebih banyak