5 Alasan Timnas Indonesia Bisa Kalahkan Malaysia di Piala AFF 2020

Timnas Indonesia akan menghadapi Malaysia pada laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Sabtu, 18 Desember 2021 | 13:53 WIB
Kushedya Hari Yudo saat tampil bersama Timnas Indonesia lawan Laos di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Kushedya Hari Yudo saat tampil bersama Timnas Indonesia lawan Laos di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan menjalani laga hidup mati kala menghadapi rival abadinya, Malaysia, di laga terakhir grup B Piala AFF 2020, Minggu (19/12/21).

Dalam pertemuan ini, baik Indonesia dan Malaysia akan berebut satu tiket untuk lolos ke babak semifinal Piala AFF 2020.

Di partai lain, Vietnam akan menghadapi Kamboja. Jika The en Star bisa menang kala melawan Angkor Warriors, maka salah satu tiket akan diperebutkan Indonesia dan Malaysia.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Dion Cools, Bek Timnas Malaysia yang Pernah Hadapi Mo Salah

Di atas kertas, Indonesia lebih unggul Malaysia, mengingat tim Merah Putih unggul poin di klasemen yakni 7 poin berbanding 6 poin.

Dengan kata lain, Indonesia membutuhkan hasil imbang di laga ini dan Malaysia membutuhkan kemenangan untuk bisa merebut tiket ke semifinal Piala AFF 2020.

Meski begitu, Indonesia dibayangi mimpi buruk Piala AFF 2012. Kala itu, skuat Garuda harus takluk di partai terakhir dari Malaysia kendati hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke semifinal.

Baca Juga: Media Thailand Sebut Timnas Indonesia Bakal Dikalahkan Malaysia 0-2

Kini, situasi telah berubah drastis. Indonesia di bawah arahan Shin Tae-yong diunggulkan untuk lolos ketimbang Harimau Malaya.

Rasa optimis ini pun bisa dilihat dari 5 alasan mengapa Indonesia bisa mengalahkan Malaysia di laga terakhir grup B Piala AFF 2020.

1. Pertahanan Indonesia Lebih Baik

Baca Juga: Singgung Pemain Impor, Gelandang Malaysia Pede Hadapi Timnas Indonesia

Dibandingkan Malaysia, pertahanan Indonesia sepanjang gelaran Piala AFF 2020 ini jauh lebih baik. Dalam tiga laga, anak asuh Shin Tae-yong baru kebobolan tiga gol.

Bukti apiknya pertahanan Indonesia terlihat saat bertemu Vietnam. Di laga itu, tim Merah Putih bisa membuat para pemain The en Star frustrasi sepanjang laga.

Sedangkan Malaysia dalam tiga laga telah kebobolan empat gol, di mana tiga gol di antaranya didapat kala bersua Vietnam.

Baca Juga: Egy Maulana Bisa Tampil Lawan Malaysia? Ini Kata Shin Tae-yong

2. Strategi Indonesia Sulit Ditebak

Pada laga melawan Vietnam lalu, permainan Indonesia ditonton oleh pelatih Thailand, Alexandre Polking dan pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe.

Namun, kedua pelatih ini dirasa takkan mendapat informasi apapun karena permainan Indonesia di bawah arahan Shin Tae-yong terbilang sulit ditebak.

Indonesia memiliki permainan yang fleksibel, baik saat menyerang dan bertahan. Hal ini bisa membuat Malaysia kebingungan untuk menentukan strategi jelang laga nanti.

3. Kondisi di Tubuh Malaysia

Jelang melawan Indonesia, Malaysia berada dalam kondisi yang tak kondusif. Hal ini dikarenakan dua pilarnya mengalami cedera dan beberapa pemainnya harus karantina dan terpapar Covid-19.

Malaysia sendiri membawa pemain yang tak cukup banyak di Piala AFF 2020 ini. Total hanya 24 pemain yang dibawa. Hal ini membuat Harimau Malaya mengajukan penambahan pemain yang kemudian ditolak oleh pihak penyelenggara.

Tak hanya sampai di situ, ruang ganti Malaysia disebut tengah memanas karena penyerang naturalisasinya, Guilherme De Paula, tidak senang karena diganti oleh Tan Cheng Hoe.

4.  Kualitas Skuat Tak Mumpuni

Dibandingkan Indonesia, kualitas skuat Malaysia terbilang di bawah rata-rata. Di Piala AFF 2020 ini, Shin Tae-yong membawa pemain-pemain terbaiknya , di mana beberapa pemain adalah pemain yang berkarier di luar negeri.

Dengan kombinasi pemain muda dan pemain berpengalaman, Indonesia bermain  dengan banyak pola yang bisa membuat lawan kerepotan.

5. Lini Serang Indonesia Lebih Tajam

Dalam tiga laga Piala AFF 2020 ini, Indonesia telah membobol gawang lawan sebanyak 9 kali. Catatan ini membuktikan lini serang skuat Garuda lebih bertaji ketimbang Malaysia yang baru mencetak 7 gol dalam tiga laga.

gol Indonesia sendiri terbilang merata ketimbang Malaysia. 9 gol itu dicetak oleh 7 pemain berbeda dengan Evan Dimas dan Rachmat Irianto yang berhasil mencetak masing-masing dua gol.

Sedangkan 7 gol yang dibuat Malaysia di tiga laga Piala AFF 2020 ini, dibuat oleh 4 pemain saja di mana Safawi Rasid menjadi tumpuan dengan torehan empat golnya.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB
Tampilkan lebih banyak