Bolaindonesia

Elkan Baggott Kembali ke Inggris usai Laga Timnas Indonesia vs Afghanistan

Elkan Baggott tak bisa bergabung Timnas Indonesia saat menghadapi Myanmar

Irwan Febri Rialdi

Elkan Baggott bersama Timnas Indonesia U-19. (Dok. PSSI)
Elkan Baggott bersama Timnas Indonesia U-19. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Elkan Baggott mengatakan bahwa klubnya, Ipswich Town, sudah mengizinkan untuk membela timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020. Kini, keikutsertaan bek 19 tahun itu kini tergantung pelatih Shin Tae-yong.

Elkan Baggott telah resmi memilih Indonesia sebagai negaranya. Pemain keturunan Inggris-Indonesia itu membuat KTP di kantor Ditjen Dukcapil Kemendagri, Selasa (9/11/2021).

"Klub sudah memberikan saya izin untuk bermain di Piala AFF," ujar Elkan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (10/11/2021).

Pesepak bola yang memiliki darah Indonesia dari ibunya itu pun berjanji akan memberikan yang terbaik untuk timnas Indonesia demi meraih gelar juara Piala AFF 2020 di Singapura.

Meski demikian, Elkan Baggott mengaku gugup lantaran adanya harapan tinggi masyarakat Indonesia terhadap dirinya dan skuad berjuluk "Garuda".

Namun, pria bertinggi badan 194 centimeter itu berupaya mengendalikan semuanya supaya dapat mengeluarkan performa terbaik saat pertandingan.

"Gugup itu alamiah karena saya harus bermain bagus. Namun, saya tidak mau hal itu membebani pikiran dan berusaha untuk tenang. Ketika melangkah ke lapangan, saya yakin semua itu hilang. Yang tinggal hanya fokus," kata Elkan.

Elkan bersama rekan-rekannya di timnas Indonesia pun terus menjalani persiapan menuju Piala AFF 2020 yang dimulai pada Desember 2021. Pemusatan latihan (TC) berlangsung di Jakarta dan Turki.

Anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong dijadwalkan berangkat ke Turki pada Kamis (11/11).

Di Turki, selain berlatih, timnas Indonesia juga akan menunaikan pertandingan persahabatan internasional FIFA kontra Afghanistan, Selasa (16/11), dan Myanmar, Kamis (25/11).

Akan tetapi, Elkan menyebut bahwa dirinya hanya akan ikut dalam pertandingan versus Afghanistan. Setelah laga itu, dia kembali ke klubnya Ipswich Town di Inggris.

"Jadi saya akan bermain melawan Afghanistan kalau pelatih Shin Tae-yong memilih saya. Setelah itu, saya akan kembali ke klub dan terbang ke Singapura pada tanggal 1 Desember 2021," tutur Elkan.

Di Piala AFF 2020, Indonesia yang bergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Laos, akan menjalani laga perdananya pada 9 Desember 2021 kontra Kamboja.

Berikutnya Indonesia menghadapi Laos pada 12 Desember 2021, Vietnam tiga hari kemudian dan Malaysia pada Minggu 19 Desember 2021.

Semua pertandingan timnas Indonesia dilaksanakan di Stadion Bishan, Singapura. Piala AFF 2020 digelar secara terpusat lantaran pandemi COVID-19, demikian dilansir dari Antara.

Berita Terkait

Berita Terkini