Mengenal Lebih Jauh FK Radnik Surdulica, Klub Baru Witan Sulaeman

FK Radnik Surdulica didirikan oleh seorang pengrajin sepatu bernama Gradimir Antic.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 11 Februari 2020 | 14:00 WIB
Pemain Timnas U-22 Witan Sulaeman beraksi bersama rekannya setelah mencetak gol kedua ke gawang Malaysia dalam pertandingan Grup B Piala AFF U-22 di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Rabu (20/2/2019). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 2-2. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Pemain Timnas U-22 Witan Sulaeman beraksi bersama rekannya setelah mencetak gol kedua ke gawang Malaysia dalam pertandingan Grup B Piala AFF U-22 di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Rabu (20/2/2019). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 2-2. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Bolatimes.com - Witan Sulaeman akhirnya berhasil mewujudkan mimpi berkarier di Eropa. Pemain asal Palu itu baru-baru ini resmi berlabuh ke klub kasta tertinggi Liga Serbia, FK Radnik Surdulica.

Hijrahnya Witan ke Eropa tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Ia kini menjadi pemain kedua setelah Egy Maulana Vikri yang bakal menjajal ganasnya sepak bola di Benua Biru.

Bagi pecinta sepak bola Indonesia, nama FK Radnik Surdulica bisa dibilang cukup asing. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Suara.com berhasil merangkum profil singkat klub yang bermarkas di Surdulica City Stadium itu.

Baca Juga: Striker Liga Norwegia Komentari Kepindahan Witan Sulaeman ke Klub Serbia

Suasana latihan para pemain FK Radnik Surdulica. (Instagram/fk.radnik.surdulica)
Suasana latihan para pemain FK Radnik Surdulica. (Instagram/fk.radnik.surdulica)

FK Radnik Surdulica sendiri resmi didirikan pada 1926 oleh seorang pengrajin sepatu bernama Gradimir Antic. Kala itu, klub tersebut masih bernama Surdulicki Sportski Klub (SSK).

Berdiri tepat di tengah suasana Perang Dunia I dan II, klub ini sempat berhenti beroperasi. Kemudian pada 1946 kembali berjalan dan berganti nama menjadi FK Polet atas inisiasi dari Borivoje Milenkovic dan Bozidar Stankovic.

Tak berselang lama, klub ini kembali berganti nama menjadi FK Hidrovlasina pada 1950. Di tahun yang sama, klub ini melakukan merger dengan FK Molidben yang kemudian melahirkan nama FK Radnik Surdulica hingga sekarang.

Baca Juga: Geoffrey Castillion Ingin Cetak Gol Sebanyak Mungkin Buat Persib

Kendati sudah lama berkecimpung di kancah sepak bola Serbia, FK Radnik Surdulica nyatanya baru merasakan promosi ke kasta tertinggi (Liga Super Serbia) pada musim 2015/2016. Hal tersebut didapat usai menjuarai divisi dua (Serbian First League) pada 2014/2015.

Jauh sebelum itu, FK Radnik Surdulica lebih dulu harus berjuang di divisi tiga (Serbian League East) sejak musim 2010/2011. Saat memasuki musim ketiga, mereka baru menjadi juara dan promosi ke divisi dua.

Penampakan markas FK Radnik Surdulica. (Instagram/fk.radnik.surdulica)
Penampakan markas FK Radnik Surdulica. (Instagram/fk.radnik.surdulica)

Selama empat musim berkutat di Liga Super Serbia, FK Radnik Surdulica nyatanya tak moncer-moncer amat. Klub yang diarsiteki Simo Krunic itu paling bagus finis di posisi delapan pada musim perdananya.

Baca Juga: Gabung Persija, Osvaldo Ogah Ambil Pusing Soal Rivalitas Suporter

Sedangkan pada musim 2019/2020, catatan FK Radnik Surdulica juga tak cukup apik. Mereka kini harus puas menempati urutan 13 dengan koleksi 19 poin dari 16 kontestan hingga pekan ke-20.

Sementara itu, prestasi lebih baik didapat di kompetisi domestik lainnya, yakni Serbian Cup. FK Radnik Surdulica tercatat pernah melaju hingga babak perempatfinal sebelum terhenti karena disingkirkan Red Star Belgrade 2-1 pada musim 2018/2019.

FK Radnik Surdulica sendiri terketak di Kota Surdulica yang berada di wilayah sebelah tenggara Serbia. Kota ini pun tak terlalu besar populasinya, tercatat hanya ada ada sekitar 11.400 penduduk.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak