Fokus AFF 2018: Timnas Filipina Citarasa Eropa ala Eriksson

Demi merebut kampium AFF 2018, Timnas Filipina sampai mendatangkan pelatih gaek sarat pengalaman di pentas sepakbola dunia, Sven Goran Eriksson.

Selasa, 06 November 2018 | 10:00 WIB
Pelatih anyar Filipina Sven Goran Eriksson saat menggelar konferensi pers usai resmi ditunjuk sebagai pelatih menghadapi Piala AFF 2018, Senin (5/11/2018). [TED ALJIBE / AFP]

Pelatih anyar Filipina Sven Goran Eriksson saat menggelar konferensi pers usai resmi ditunjuk sebagai pelatih menghadapi Piala AFF 2018, Senin (5/11/2018). [TED ALJIBE / AFP]

Bolatimes.com - Menjelang Piala AFF 2018, Timnas Filipina membuat kehebohan dengan mendatangkan pelatih berkualitas sekaliber Sven-Goran Eriksson. Dilansir BBC Sport, Eriksson telah menandatangani kontrak bersama Timnas Filipina untuk durasi enam bulan dengan opsi perpanjangan. Hadirnya Eriksson ditambah masuknya sejumlah pemain dari Liga Inggris menjadikan Timnas Filipina serasa tim Eropa yang berlaga di Piala AFF 2018.

Yap, kehadiran arsitek yang pernah menangani sejumlah tim besar Eropa di antaranya Timnas Inggris, AS Roma, Lazio, Benfica, Leicester City, hingga Manchester City tersebut tak hanya jadi gertakan bagi para tim kontestan yang jadi lawannya, tetapi juga turut menaikkan rating Filipina yang kini masuk sebagai salah satu kandidat kuat untuk menjadi juara.

Prediksi itu masuk akal, terlebih, skuat berjuluk The Azkals kini memiliki skuat lebih hebat jika dibanding Piala AFF 2010, yang membuat mereka semakin percaya diri mengarungi Piala AFF 2018.

''Perbedaan terbesar saat ini adalah harapan. Kembali pada tahun 2010, kami tidak berani berharap banyak karena kami tahu bahwa hanya ada beberapa pemain berkualitas di skuat. Kami bisa bekerja keras tetapi tidak berharap banyak,'' kata kapten Filipina, Phil Younghusband, seperti dikutip dari Bongda.

Timnas Filipina. [Dok. pff.org.ph]
Timnas Filipina. [Dok. pff.org.ph]

''Tahun ini kami memiliki banyak pemain bagus, pelatih baru dan tim yang memiliki lebih banyak pengalaman di kompetisi ini. Kami telah membuat tiga penampilan di empat Piala AFF terakhir. Sasaran Filipina kini selangkah lebih maju dari apa yang telah kami lakukan sebelumnya,'' tambahnya.

Di Piala AFF 2018, Timnas Filipina tergabung di Grup B bersama Indonesia, Thailand, Singapura, dan Timor Leste. Sementara Grup A dihuni oleh Vietnam, Malaysia, Myanmar, Kamboja, dan Laos.

Prestasi Filipina di Piala AFF 2018

Timnas Filipina merupakan salah satu tim nasional tertua di Asia. Meski demikian, belum ada prestasi yang terlalu membanggakan dalam sejarah Piala AFF 2018.

Namun, The Azkals memiliki penampilan bagus di Piala AFF dalam delapan tahun terakhir. Skuat yang dikomandoi oleh Phil Younghusband sukses tiga kali melangkah ke semifinal pada edisi 2010, 2012, dan 2014. Sementara para Piala AFF 2016, Filipina tak mampu lolos dari fase grup.

Penampilan terbaik Timnas Filipina di Piala AFF diklaim terjadi pada edisi 2010 ketika dinakhodai oleh Simon McMenemy. Pelatih asal Skotlandia itu dianggap berhasil membawa pengaruh positif dalam sejarah sepak bola Filipina.

Kala itu, Filipina yang tergabung di Grup B bersama Vietnam, Singapura, dan Myanmar untuk pertama kalinya berhasil lolos dari fase grup. Mereka tak terkalahkan dan sukses menang 2-0 atas Vietnam yang ketika itu berstatus sebagai juara bertahan.

Namun, perjalanan Filipina di Piala AFF 2010 harus berakhir setelah bersua Indonesia di semifinal. Filipina yang tak memiliki stadion yang layak harus memainkan dua leg di Indonesia dan akhirnya kalah agregat 2-0 berkat gol yang dilesakkan Cristian Gonzalez.

Persiapan Filipina di Piala AFF 2018:

Filipina mempersiapkan diri dengan serius untuk Piala AFF 2018 dengan menggelar pemusatan latihan di Qatar pada 8 hingga 15 Oktober 2018 dan beruji coba melawan Oman. Sementara itu, tim kedua Filipina diterjunkan di turnamen Bangabandhu Cup di Bangladesh, sebagai ajang seleksi pemain cadangan untuk Piala AFF 2018.

Turnamen tersebut digelar pada 1-12 Oktober 2018 dan diikuti beberapa negara. Selain Bangladesh sebagai tuan rumah dan Filipina, ada juga Palestina, Laos, Nepal, dan Tajikistan. Hasilnya pun cukup mengesankan, tim kedua Filipina berhasil melangkah ke semifinal sebelum akhirnya tumbang 0-2 dari Tajikistan.

Di sisi lain, skuat utama Filipina tampil mengejutkan dengan manahan imbang Oman (peringkat ke-85 FIFA) dengan skor 1-1 pada laga jeda internasional di Stadion Thani Bin Jassim, Doha, Sabtu (13/10) malam waktu setempat atau Minggu (14/10) dini hari WIB.  Oman dicetak oleh Raed Saleh, sementara Filipina menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Khaled Al Hajiri saat berusaha mengantisipasi tendangan bebas Many Ott.

Daftar pemain sementara Timnas Filipina di Piala AFF 2018.

Timnas Filipina memiliki skuat yang menakutkan untuk berlaga di Piala AFF 2018. Dari daftar yang dirilis ketika Filipina berhadapan dengan Oman beberapa waktu lalu, skuat The Azkals dihuni para pemain yang berkualitas.

Kiper utama Filipina, Neil Etheridge bermain di klub Premier League bersama Cardiff City. Kemudian kiper pelapisnya adalah Michael Falkesgaard yang bermain bersama Bangkok United FC.

Kemudian ada pula para pemain yang berlaga di Liga Thailand seperti Luke Woodland, Javier Patino, Stephan Palla. Selain itu, dua bintang Filipina yang bersinar di Piala AFF 2010 yakni si kembar yang pernah berlatih di Chelsea, James Younghusband dan Philip Younghusband juga masih berada dalam skuat.

Hanya saja, Neil Etheridge diragukan tampil bersama Filipina di Piala AFF 2018 karena berbeturan dengan jadwal kompetisi di Liga Primer Inggris musim 2018/2019.

Kiper: Neil Etheridge dan Michael Falkesgaard

Pemain bertahan: Amani Aguinaldo, Stephan Palla, Simone Rota, Daisuke Sato, Martin Steuble

Gelandang: Paul Mulders, Kevin Ingreeso, Manuel Ott, Mike Rigoberto Ott, Iain Ramsay, Adam Tull, Dennis Villanuvea, Luke Woodland, James Younghusband.

Penyerang: Jovin Bedic, Curt Dizon, Javier Patino, Patrick Reichelt, Philip Younghusband.

Pelatih: Sven-Goran Eriksson

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak