SEA Games 2023: Pertama dalam Sejarah, Pebulu Tangkis Kamboja Sabet Medali Emas

Pebulu tangkis Kamboja catat sejarah usai sabet emas di nomor berebu campuran di SEA Games 2023.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 11 Mei 2023 | 22:00 WIB
Zhou Meng, pebulu tangkis China yang tampil bersama Kamboja di SEA Games 2023. (Twitter)

Zhou Meng, pebulu tangkis China yang tampil bersama Kamboja di SEA Games 2023. (Twitter)

Bolatimes.com - Siapa sangka Kamboja mampu meraih medali emas SEA Games 2023 dari cabang olahraga (cabor) bulu tangkis, aturan terserah tuan rumah catatkan sejarah dengan segala kontroversinya.

Terkesan memaksakan ingin mencatat sejarah, Kamboja akhirnya mampu meraih medali emas SEA Games 2023 dari cabor bulu tangkis.

Sejarah itu ditorehkan pada Rabu (10/5/2023), laga bulu tangkis beregu campuran mempertemukan Kamboja melawan Myanmar di partai final.

Baca Juga: Hasil SEA Games 2023: Tahan Imbang Thailand 1-1, Vietnam Lawan Timnas Indonesia di Semifinal

Kamboja mencuri kemenangan pertama di nomor tunggal putra, namun mampu disamakan Myanmar dari nomor tunggal putri, sang bintang Thet Htar Thuzar.

Meski begitu tuan rumah mampu kembali unggul setelah ganda putri mereka mampu mencuri kemenangan di partai ketiga.

Asa Kamboja menyudahi pertandingan dengan cepat terganjal ganda putra Myanmar, lewat rubber game memastikan skor imbang menjadi 2-2.

Baca Juga: Daftar Perolehan Medali Sepanjang Sejarah SEA Games, Indonesia Duduki Peringkat Dua

Barulah di partai kelima, ganda campuran Kamboja dengan salah satu pemain kontroversi mereka, Chourng Meng alias Zhou Meng memastikan medali emas.

Sejarah mencatat, sejak SEA Games pertama pada 1977 baru kali ini nomor tim beregu campuran dimasukkan ke dalam cabor bulu tangkis.

Sebelumnya hanya beregu putra dan beregu putri, hingga SEA Games 2021 hanya Indonesia peraih medali emas terbanyak dari kedua nomor tersebut (29 medali emas).

Baca Juga: Segrup di Piala Asia 2023, Media Vietnam Sinis dengan Timnas Indonesia

Diikuti Thailand di tempat kedua dengan tujuh emas, Malaysia dengan lima emas dan Singapura dengan satu medali emasnya.

Dengan medali emas di nomor beregu campuran di SEA Games 2023 menempatkan Kamboja sebagai negara kelima yang mampu meraihnya di SEA Games 2023.

Hal ini juga tak lepas dari aturan suka-suka Kamboja, tuan rumah SEA Games 2023 ini hanya membolehkan lima negara masuk ke nomor beregu campuran.

Baca Juga: Piala Asia 2023: Sandy Walsh dan Kaoru Mitoma Ternyata Pernah Berduel, Siapa yang Menang?

Di antaranya Myanmar, Laos, Brunei Darussalam, Timor Leste dan mereka sendiri selaku tuan rumah, aturan ini diterapkan dengan dalih agar negara maju dalam bulu tangkis mampu meraih medali.

Vietnam dan Filipina juga dilarang ikut serta dengan alasan para pemainnya kerap mengikuti kejuaraan dunia bulu tangkis.

Sementara Thet Htar Thuzar dari Myanmar juga kerap bersaing di level profesional dunia, nyatanya hal itu tak menghalangi Myanmar tampil di nomor ini.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap Gresini Racing tersebut mengatakan, ingin meraih podium pertamanya di balapan yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA) Austin, Texas, pada akhir pekan ini.

arena | 12:30 WIB

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB
Tampilkan lebih banyak