Mengenal Dua Pemain Naturalisasi Baru Timnas Kamboja, Salah Satunya Bintang Bali United

Kamboja resmi menaturalisasi dua pemain anyar, salah satunya adalah pemain asing Bali United

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 11 Oktober 2023 | 20:00 WIB
Dua pemain naturalisasi baru Timnas Kamboja. (Dok. FFC)

Dua pemain naturalisasi baru Timnas Kamboja. (Dok. FFC)

Bolatimes.com - Mengenal dua pemain yang baru-baru ini dinaturalisasi oleh Timnas Kamboja, di mana salah satunya adalah pemain Liga 1, yakni Privat Mbarga dari Bali United.

Guna meningkatkan level di kancah internasional, banyak negara-negara Asia Tenggara melakukan proses naturalisasi untuk tim nasionalnya.

Naturalisasi ini pun tak hanya menyasar ke pemain keturunan atau yang punya darah dari negara tersebut, melainkan juga terhadap pemain-pemain dari negara lainnya.

Naturalisasi pemain yang berasal dari negara lainnya ini dilakukan jika pemain tersebut telah tinggal atau menetap di suatu negara hingga bertahun-tahun lamanya.

Tak heran jika kemudian banyak negara-negara Asia Tenggara menaturalisasi pemain-pemain asing yang telah lama berkarier di liga domestiknya.

Salah satunya adalah Kamboja. Tim nasional berjuluk Angkor Warriors itu belum lama ini menaturalisasi pemain asing yang lama berkarier di liga domestiknya.

Tercatat ada dua pemain yang dinaturalisasi, yakni pemain asal Jepang, Yudai Ogawa, dan pemain asal Kamerun, Privat Mbarga.

Kedua pemain itu dinaturalisasi karena sama-sama telah berkarier di Liga Kamboja dalam jangka waktu yang lama. Bahkan untuk Privat Mbarga, ia sendiri punya istri dari negara tersebut.

Karena telah dinaturalisasi, Bolatimes.com pun akan mencoba mengupas rekam jejak Yudai Ogawa dan Privat Mbarga hingga kini menjadi penggawa Timnas Kamboja.

Profil Yudai Ogawa

Yudai Ogawa merupakan pemain asal Jepang yang lahir di Kanagawa pada 4 Oktober 1996 atau saat ini telah menginjak usia 27 tahun.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini semula mengawali kariernya di Jepang bersama FC Gifu yang berkiprah di kasta ketiga atau J3 League.

Setelahnya, Yudai Ogawa sempat bermain di Polandia bersama Widzew Lodz pada 2017. Setahun kemudian, ia pun mendarat di Kamboja yakni pada 2018.

Saat pertama kali tiba di Kamboja, Yudai Ogawa bermain untuk tim Tiffy Army FC yang dulunya bernama Royal Cambodian Armed Forces FA atau klub di bawah naungan Kementerian Pertahanan Nasional Kamboja.

Terhitung sejak 2018 itu, Yudai Ogawa pun terus bermain di Kamboja dengan membela Angkor Tiger dan kini bermain untuk Phnom Penh Crown.

Setelah lima tahun berkarier di Kamboja, pada tahun 2023 ini Yudai Ogawa pun dinaturalisasi guna membela Angkor Warriors di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Profil Privat Mbarga

Privat Mbarga merupakan pemain asal Kamerun yang lahir di Douala pada 7 Januari 1992 atau saat ini telah menginjak usia 31 tahun.

Berbeda dengan Yudai Ogawa yang lebih dulu berkarier di tanah kelahirannya, Privat Mbarga tercatat mengawali kariernya di Kamboja pada 2013.

Ia tercatat bermain di Kamboja selama delapan tahun lamanya dengan membela berbagai klub seperti Boeung Ket Rubber Field, Western Phnom Penh, Angkor Tiger, Nagaworld, Asia Euro United, dan Preah Khan Reach Svay Rieng.

Dalam perjalanan kariernya, Privat Mbarga sempat membela tim Thailand, Samut Prakan, pada 2017-2018, sebelum akhirnya kembali ke Kamboja.

Di Kamboja sendiri, Privat Mbarga punya catatan mentereng. Tercatat ia pernah dua kali menjadi top skor Liga Kamboja yakni pada 2019 dan 2020 serta menjadi pemain terbaik pada 2019.

Catatan itu membuat Privat Mbarga dipinang Bali United per tahun 2021. Meski begitu, kiprahnya yang telah berlangsung lama di Kamboja membuatnya dinaturalisasi.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak