Bolaindonesia

Resmi, Sebastian Vettel Pensiun dari F1 di Akhir Musim Ini

Sebastian Vettel yang kini berusia 35 tahun umumkan pensiun dari F1 akhir musim ini.

Rauhanda Riyantama

Pebalap tim Aston Martin, Sebastian Vettel. (ANTARA/Pool via REUTERS/Florion Goga)
Pebalap tim Aston Martin, Sebastian Vettel. (ANTARA/Pool via REUTERS/Florion Goga)

Bolatimes.com - Juara dunia empat kali F1, Sebastian Vettel hari ini mengumumkan rencana pensiun dari ajang balap jet darat itu di akhir musim 2022 ini.

Pebalap 35 tahun asal Jerman itu, yang saat ini membalap untuk tim Aston Martin, memenangi keempat titelnya bersama Red Bull pada 2010-2013 dan juga menghabiskan enam musim membela Ferrari.

Pengumuman itu sendiri dibuat jelang lanjutan F1 2022, yakni F1 GP Hungaria yang akan dihelat di Sirkuit Hungaroring, Budapest, akhir pekan ini. Selama kariernya, Vettel mengantongi 53 kemenangan balapan dan 122 podium.

"Dengan ini saya mengumumkan rencana pensiun dari Formula 1 pada akhir musim 2022," kata Vettel lewat video di Instagram.

"Saya mencintai olahraga ini. Olahraga ini telah menjadi bagian sentral dari kehidupan saya sejauh yang saya ingat. Tapi sebanyak-banyaknya kehidupan di trek, saya juga punya kehidupan di luar lintasan. Menjadi pebalap bukanlah satu-satunya identitas saya."

"Selain balapan saya telah membina keluarga dan saya senang berada bersama mereka. Saya telah menumbuhkan minat di luar Formula 1," kata ayah dari tiga anak itu.

Berikut ini reaksi para pesohor dan tim di Formula 1 terhadap rencana pensiun Sebastian Vettel pada akhir musim nanti, seperti dilansir Antara dari Reuters, Kamis (28/7/2022).

Juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton

"Sebastian, Aku merasa terhormat menyebutmu pesaing dan bahkan suatu kehormatan yang lebih lagi memanggilmu teman. Kamu meninggalkan olahraga ini dengan cara yang lebih baik saat kamu menemukannya, yang selalu menjadi tujuan. Saya tidak ragu apapun yang menantimu nanti akan menyenangkan, bermakna, dan bermanfaat. Saya mencintaimu, sobat."

Pebalap tim Haas, Mick Schumacher, putra dari Michael

"Aku sangat sedih melihatmu pergi, tapi pada saat yang sama merasa senang untukmu dan babak baru dalam hidupmu. Dirimu telah dan masihlah orang yang penting bagiku dan aku sangat berterima kasih atas persahabatan kita. Terima kasih atas semua yang telah kau berikan ke olahraga yang sama-sama kita cintai ini, aku tak sabar lagi menanti balapan terakhir kita bersama. Terima kasih, Seb-kaulah insiprasi."

Pebalap Ferrari dan mantan rekan satu tim, Charles Leclerc

"Orang dan pebalap yang hebat. Kami akan merindukanmu, Sebastian."

Berita Terkait

Berita Terkini