Timespedia

Perbedaan Peraturan Permainan Bulu Tangkis di Sektor Ganda dan Tunggal

Begini perbedaan mendasar di permainan bulu tangkis di sektor ganda dan tunggal.

Rauhanda Riyantama

Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon saat berhadapan dengan wakil Republik Ceko, Jaromir Janacek/Tomas Svejda di babak kedua atau 32 besar Kejuaraan Dunia 2022 di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang, Rabu (24/8/2022). [PBSI]
Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon saat berhadapan dengan wakil Republik Ceko, Jaromir Janacek/Tomas Svejda di babak kedua atau 32 besar Kejuaraan Dunia 2022 di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang, Rabu (24/8/2022). [PBSI]

Bolatimes.com - Bulu tangkis menjadi olahraga kedua favorit masyarakat Indonesia setelah sepak bola, selain kerap memberi prestasi, seluk beluk permainan ini menarik untuk diketahui.

Termasuk salah satunya perbedaan dalam peraturan permainan bulu tangkis di sektor tunggal dan ganda, hal ini harus dipahami lebih dulu.

Selain dari minimal pemain yang ada, tunggal berarti hanya ada dua pemain yang akan saling berhadapan di lapangan pertandingan.

Sementara ganda, dengan setiap tim harus menyertakan dua pemain yang akan bekerja sama melawan dua pemain tim lawan dalam permainan.

Selain itu terdapat beberapa peraturan berbeda yang harus dipahami dengan benar, apa saja? berikut di antaranya.

Posisi Bermain

Dua pemain dalam satu tim, dalam ganda disebut sebagai pasangan dan ini membedakan pemain tunggal yang hanya satu orang untuk satu tim.

Posisi pemain sektor ganda bisa sejajar, menyamping dan salah satu berada di belakang pemain lainnya dan ditentukan sesuai strategi permainan.

Peraturan Servis

Sistem pengambilan pukulan awal atau servis dari sektor ganda dan tunggal juga berbeda, terdapat enam poin peraturan utnuk pemegang dan penerima servis dalam bulu tangkis.

Pemegang servis harus dilakukan dari lapangan sisi kanan apabila pemain lawan belum meraih angka atau berada pada kedudukan angka genap.

Pemegang servis harus melakukan servis dengan mengambil pukulan dari sisi lapangan, jika penerima (kubu lawan) berada dalam kedudukan angka ganjil.

Penerima servis terakhir harus berada di kotak yang sama ketika timnya menerima servis, pola kebalikan berlaku untuk pasangan.

Pemain yang berdiri berseberangan secara diagonal dengan pemegang servis wajib menerima servis dari lawannya.

Pemain dari penerima servis tidak boleh berpindah kotak sampai timnya meraih angka dan ganti mengambil servis

Servis dalam setiap giliran, diambil di lapangan yang berbeda kecuali jika terjadi kesalahan berdasarkan keputusan wasit.

Garis Lapangan

Wilayah lapangan permainan dalam pertandingan di sektor ganda berbeda dengan tunggal, hal ini dilihat melalui garis yang berada di lapangan.

Untuk ganda, wilayah permainan kedua tim memakai garis batas paling belakang hingga sisi paling luar lapangan.

Kotak servis ganda memakai garis terdekat yang ada pada bagian depan, jaraknya mencapai 1,98 meter dari net.

Ukuran kotak servis ganda sebanyak 3.05 meter dan lebarnya mencapai 3,96 meter.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini