Profil Agung Firman Sampurna, Ketum PBSI yang Disorot Usai Bulu Tangkis Nihil Medali di Asian Games

Pertama dalam sejarah, bulu tangkis Indonesia nihil medali di ajang Asian Games

Irwan Febri Rialdi
Sabtu, 07 Oktober 2023 | 17:00 WIB
Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna memberikan keterangan pers tentang tim bulu tangkis Indonesia yang tidak diperbolehkan melanjutkan pertandingan pada turnamen All England 2021 di Jakarta, Kamis (18/3/2021). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna memberikan keterangan pers tentang tim bulu tangkis Indonesia yang tidak diperbolehkan melanjutkan pertandingan pada turnamen All England 2021 di Jakarta, Kamis (18/3/2021). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Agung Firman Sampurna, Ketua Umum (Ketum) PBSI yang belakangan disorot usai kegagalan bulu tangkis Indonesia meraih medali di Asian Games 2022.

Asian Games 2022 memang belum usai. Tapi tim Indonesia dari cabang olahraga (cabor) bulu tangkis harus angkat koper terlebih dahulu dari China.

Hal ini tak lepas dari kegagalan tim bulu tangkis Indonesia meraih medali di pesta olahraga empat tahunan tersebut, baik di nomor individu maupun beregu.

Kegagalan ini menjadi rekor buruk bagi bulu tangkis Indonesia yang untuk pertama kalinya gagal meraih medali di Asian Games 2022 sejak tahun 1986 silam.

Catatan buruk ini membuat nama Agung Firman Sampurna selaku Ketua Umum (Ketum) PBSI menjadi sorotan pecinta bulu tangkis Tanah Air.

Terlebih di bawah kepemimpinannya sejak 2020 lalu, bulu tangkis Indonesia mengalami penurunan prestasi di segala event bergengsi yang diikuti Asian Games 2022 ini.

Tak pelak netizen pun ramai-ramai menyorot Agung Firman Sampurna. Desakan agar dirinya mundur bahkan menggema di jagat maya dalam beberapa hari ke belakang.

Berikut Bolatimes.com sajikan profil dari Agung Firman Sampurna serta rekam jejaknya sebelum dan sesudah menjadi Ketum PBSI periode 2020-2024.

Mantan Ketua BPK

Agung Firman Sampurna lahir di Madiun pada 19 November 1971. Ia sendiri dikenal sebagai anak dari salah satu politisi senior dari Partai ar, yakni Kahar Muzakir.

Meski lahir di Madiun, Agung, sapaannya, menuntut ilmu di Palembang, Sumatera Selatan, sejak bangku sekolah dasar hingga bangku kuliah.

Usai lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya pada 1996, Agung kemudian melanjutkan pendidikan magister di Universitas Indonesia program Studi Administrasi dan Kebijakan Publik.

Kemudian, Agung juga mendapat gelar doktoral (S3) di bidang yang sama di Universitas Indonesia pada tahun 2011 silam.

Saat menempuh pendidikan magister dan doktoral, Agung sempat bekerja sebagai Staf Bagian Organisasi dan Tatalaksana Sekretariat Wilayah/Daerah di Musi Banyuasin pada 1998-199.

Setelah itu, ia sempat menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Program Sekretariat KPUD Provinsi Sumatera Selatan pada tahun 2004-2005.

Kemudian, Agung bekerja di Pusat Kajian Sumberdaya Aparatur Lembaga Administrasi Negara dari 2007 hingga 2011. Dari sana, dirinya kemudian menjadi anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Usai menjadi anggota BPK Republik Indonesia dari 2012 hingga 2019, Agung kemudian menjadi Ketua BPK Republik Indonesia ke-17 pada 2019 lalu.

Agung yang disebut-sebut punya ketertarikan terhadap bulu tangkis sempat menjabat sebagai salah satu pengurus Pengprov PBSI Sumatera Selatan.

Di tahun 2019, ia juga sempat ditawari untuk mencalonkan diri sebagai calon Ketua Umum (Ketum) PBSI. Tapi saat itu, dirinya menolak ide tersebut.

Barulah pada 2020 Agung menerima tawaran menjadi calon Ketum PBSI. Sebulan berselang, pria yang kini berusia 51 tahun itu resmi menjabat Ketum PBSI periode 2020-2024 menggantikan Wiranto.

Saat itu, Agung menang secara aklamasi dalam pemilihan Ketum PBSI periode 2020-2024 dengan mengantongi 23 suara dari 29 pengurus provinsi PBSI.

Usai menjabat sebagai Ketum PBSI, banyak yang menyebut prestasi bulu tangkis Indonesia mengalami penurunan imbas dari kegagalan di berbagai event dunia.

Sebut saja kegagalan di Piala Thomas, Kejuaraan Dunia, hingga kegagalan tim beregu putra menembus final SEA Games 2021 lalu.

Kegagalan meraih medali di Asian Games 2022 ini pun menjadi puncak penurunan prestasi bulu tangkis Indonesia, sehingga nama Agung Firman Saputra pun mendapat sorotan tajam dari publik.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI
Pietrini memulai kariernya di klub Savino Del Bene Scandicci pada tahun 2019. Ia kemudian bergabung dengan klub Dinamo-Ak Bars pada tahun 2023.
arena | 16:15 WIB
Di balik kesuksesan Megawati Hangestri menyabet MVP kedua kalinya di Liga Korea, ada sholawat yang selalu ia lantunkan sepanjang laga.
arena | 15:00 WIB
Media Korsel JTBC menyoroti tampilan Megawati yang mereka anggap unik, karena menggunakan hijab, sesuatu yang tidak umum di Korea Selatan termasuk di arena voli putri.
arena | 16:38 WIB
Ada sejumlah atlet voli asal Indonesia yang tengah merintis kariernya di luar negeri.
arena | 18:00 WIB
Debut pevoli Indonesia, Megawati Hangestri Pertiwi di Liga Voli Korea Selatan musim 2023-2024 berakhir sangat manis dengan torehan MVP.
arena | 14:00 WIB
Evan Soumilena telah menjadi orang Indonesia pertama yang mencetak gol di ajang Liga Futsal Portugal sepanjang sejarah.
arena | 11:00 WIB
Seyed Houssein Mousavi merupakan pemain futsal asal Afghanistan yang ternyata sudah lama menjadi lawan Timnas Futsal Indonesia.
arena | 16:27 WIB
Alonso Lopez Gonzalez menunjukkan kekagumannya dengan aksi tukang duplikat kunci di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).
arena | 17:00 WIB
Sebuah momen unik tercipta cabang olahraga (cabor) sepak bola putra Asian Games 2022 saat pemain Korea Utara kedapatan hendak memukul ofisial Jepang pasca diberi minuman.
arena | 14:47 WIB
Bintang futsal Indonesia, Evan Soumilena, mencatatkan torehan manis bagi ADCR Caxinas di Liga Futsal Portugal (Liga Placard) usai mencetak assist saat hadapi Sporting CP.
arena | 10:46 WIB
Momen menarik tercipta di ajang Asian Games 2022 dari cabang olahraga (cabor) balap sepeda lintasan atau Track Cycling, di mana ada David Beckham dan Ronaldo yang beraksi dalam balapan.
arena | 19:00 WIB
Sebuah video amatir dari olahraga futsal belakangan viral di media sosial, usai salah satu pemain yang tengah berselebrasi sujud mendapat tendangan di kepala dari lawan.
arena | 20:09 WIB
Segini hadiah China Open 2023.
arena | 17:00 WIB
PBSI umumkan struktur pelatih yang baru untuk Timnas Bulu Tangkis Indonesia
arena | 22:30 WIB
Thomas Indratjaja bakal gantikan Coach Naga Api.
arena | 14:00 WIB
Seorang wartawan senior menyebut PBSI sebagai federasi paling benar di Indonesia, ini alasannya.
arena | 07:45 WIB
Tampilkan lebih banyak