Pengertian Lari dan Jenis-jenisnya, Tak Cuma Lari 100 Meter

Simak pengertian lari dalam pelajaran atletik satu ini

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Sabtu, 17 September 2022 | 23:45 WIB
Pelari Indonesia, Fadlin (kanan) menyerahkan tongkat kepada Lalu Muhammad Zohri pada babak penyisihan Lari Estafet 4x100m Putra Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Rabu (29/8). (ANTARA FOTO/INASGOC/Andika Wahyu)

Pelari Indonesia, Fadlin (kanan) menyerahkan tongkat kepada Lalu Muhammad Zohri pada babak penyisihan Lari Estafet 4x100m Putra Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Rabu (29/8). (ANTARA FOTO/INASGOC/Andika Wahyu)

Bolatimes.com - Mengenal pengertian lari beserta jenis-jenisnya yang saat ini mudah dijumpai karena banyak orang menjalankan olahraga tersebut.

Olahraga lari merupakan olahraga paling mudah yang bisa dilakukan banyak orang untuk menjaga kebugaran tubuh.

Secara umum, lari juga terlihat di olahraga-olahraga lainnya. Sebut saja sepak bola, basket, dan bahkan olahraga yang bertipe atletik.

Sepak bola membutuhkan lari untuk melakukan dribel atau menggiring bola. Sama halnya dengan basket yang juga membutuhkan lari untuk menggiring bola.

Di cabang atletik seperti lompat jauh dan lompat tinggi, olahraga lari juga dipraktikkan untuk mengambil ancang-ancang sebelum melakukan lompatan.

Bisa dikatakan, lari menjadi induk dari cabang-cabang olahraga yang ada saat ini. Dan lari pun seakan menjadi dasar dalam olahraga permainan.

Lantas, apa itu olahraga lari? Dan apa saja jenis yang ada dalam olahraga satu ini?

Arti Lari

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lari adalah sebuah gerakan melangkah dengan menggunakan kecepatan tinggi.

Meski sama-sama melangkah dan menggunakan kecepatan tinggi, lari tak sama seperti jalan cepat. Pasalnya secara teknis dan gerakan, kedua hal ini memiliki perbedaan.

Secara gerakan, jalan cepat masih seperti berjalan pada umumnya, dengan menapakkan kaki depan ke tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah.

Sedangkan lari berbeda. Gerakan dalam lari terlihat seperti kaki belakang akan seperti melayang ke udara saat kaki depan memijak tanah.

Kecepatan antara jalan cepat dan lari pun berbeda. Bisa dikatakan, lari akan memforsir tenaga dalam diri manusia lebih banyak ketimbang jalan cepat.

Dalam lari sendiri, terdapat beragam jenis dalam melakukannya. Berikut jenis-jenis dalam olahraga lari.

1. Lari Jarak Pendek

Lari jarak pendek biasa dikenal dengan nama Sprint. Jenis lari ini biasa merupakan jenis lari yang paling banyak memforsir tenaga.

Sebab, ada suatu lintasan dengan jarak dan waktu yang telah ditentukan untuk melakukan Sprint. Sehingga, seorang pelari harus dalam kecepatan tertentu sejak awal.

Lintasan yang biasa dipakai dalam lari jarak pendek sendiri umumnya berjarak 100 meter, 200 meter, hingga 400 meter.

2. Lari Jarak Menengah

Lari jarak menengah sendiri memiliki jarak tempuh lebih jauh ketimbang lari jarak pendek. Biasanya, jarak tempuh yang digunakan adalah 800 meter dan 1500 meter.

Dalam mempraktikkan lari jarak menengah ini, diperlukan perhitungan mengenai kecepatan dan stamina yang akan digunakan pelari.

Dalam perlombaan, biasanya pelari akan melakukan start dengan kuda-kuda sembari berjongkok, dan berlari sesuai dengan jalur lintasan tempatnya berdiri.

3. Lari Jarak Jauh

Seperti namanya, lari jarak jauh merupakan olahraga lari yang menempuh jarak amat jauh. Sama seperti Sprint, lari jarak jauh juga membutuhkan tenaga yang besar.

Lari jarak jauh biasanya memiliki jarak tempuh 3000 meter, 5000 meter, dan 10 ribu meter. Sehingga setiap pelari harus pintar dalam menggunakan staminanya.

Lari jarak jauh sendiri berbeda dengan marathon yang biasa memakan jarak lebih jauh lagi. Sehingga dalam mempraktikkannya, cara yang digunakan pun cukup berbeda.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pelatih Prawira Harum Bandung, David Singleton bangga dengan keberhasilan timnya melangkah ke putaran kedua Kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024. Keberhasilan tersebut jadi momen indah buat semua orang.

timespedia | 01:40 WIB

Prawira Harum Bandung berhasil melaju ke putaran kedua kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024. Mereka mengikuti jejak tim bola basket senegaranya, Pelita Jaya.

timespedia | 01:26 WIB

Prawira Harum Bandung akan menjalani laga hidup dan mati saat berjumpa Ulaanbaatar XAC Broncos pada laga play off putaran pertama Kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia di UG Arena, Ulaanbaatar, Mongolia, Minggu (7/4).

timespedia | 00:30 WIB

Mike Tyson (57) dan Jake Paul akan adu jotos pada 20 Juli di AT&T Stadium Texas, yang merupakan markas klub NFL Dallas Cowboys.

timespedia | 09:02 WIB

kartu merah yang dikeluarkan wasit bentuknya tidak persegi seperti biasanya, melainkan berupa lingkaran

timespedia | 20:58 WIB

berikut adalah teknik dasar bola voli untuk pemula agar bisa mahir dan jadi atlet seperti Shella Bernadetha.

timespedia | 06:00 WIB

Sriartha mulai bermain basket sejak SD. Ia kemudian bergabung dengan tim ekstrakurikuler basket di sekolahnya dan mendapat kesempatan berlatih di klub Merpati Denpasar.

timespedia | 16:50 WIB

Bikini memiliki desain yang simpel dan nyaman, sehingga dapat mendukung gerakan renang yang dinamis.

timespedia | 14:47 WIB

Untuk bermain sepak bola, diperlukan lapangan yang sesuai dengan standar. Ukuran lapangan sepak bola standar nasional di Indonesia adalah sebagai berikut:

timespedia | 14:21 WIB

Marshella Aprilia ngaku baru putus dengan Pratama Arhan sebulan lalu sebelum ditinggal nikah.

timespedia | 20:00 WIB

Apa itu Premier League Summer Series 2023?

timespedia | 10:15 WIB

Berikut ulasan sejarah olahraga panahan.

timespedia | 19:30 WIB

Berikut ulasan jenis-jenis strategi dalam bola voli.

timespedia | 18:00 WIB

Wajib tahu, berikut istilah-istilah dalam catur.

timespedia | 15:30 WIB

Jangan heran jika nantinya ada pemain keturunan Jawa di Timnas Kaledonia Baru U-17 yang tampil pada Piala Dunia U-17 2023 Indonesia

timespedia | 17:56 WIB

Intip perbedaan mini soccer dengan sepak bola dan futsal.

timespedia | 11:00 WIB

Raket harus sesuai dengan gaya permainan Anda yang cenderung gemar bertahan atau menyerang

timespedia | 17:09 WIB

Di ajang ini, Jakarta Bhayangkara Presisi berhasil lolos ke final

timespedia | 08:14 WIB
Tampilkan lebih banyak