Liga

Gol Sterling Dianggap Offside, Pep Guardiola Singgung VAR

VAR belum diterapkan di Liga Primer Inggris.

Dany Garjito | Irwan Febri Rialdi

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola (Lindsey Parnaby/AFP)
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola (Lindsey Parnaby/AFP)

Bolatimes.com - Manajer Manchester City, Pep Guardiola, enggan terlalu berbelit-belit terkait gol kontroversial Rahem Sterling dalam kemenangan 3-1 The Citizens atas Watford pada pekan ke-30 Liga Primer Inggris musim 2018/19 di Etihad Stadium, Sabtu (9/3/2019).

Seperti diketahui, Raheem Sterling berhasil menyumbang semua gol dari kemenangan Manchester City. Namun, salah satu gol mantan pemain Liverpool itu sempat diperdebatkan karena berbau offside.

Sterling berada dalam posisi offside ketika menerima umpan dari Sergio Aguero setelah menyentuh pemain lawan. Hakim garis sebenarnya sempat mengangkat bendera sebagai tanda offside, tetapi wasit Paul Tierney yang memiliki kuasa utama tetap mengesahkan gol tersebut.

Menanggapi perdebatan itu, Pep Guardiola menegaskan telah mendukung untuk menggunakan Video Assistant Referee (VAR) sejak awal musim 2018/2019. Namun, ketika itu, banyak tim yang menolak.

Mantan pelatih Barcelona itu pun menyambut baik VAR di Liga Primer Inggris pada musim depan agar tidak perlu ada lagi yang diperdebatkan soal keputusan wasit.

"Jika ada VAR, kami tidak memiliki masalah ini. Liga Primer memutuskan melawan VAR ketika di seluruh dunia menggunakannya," kata Pep Guardiola, dikutip dari BBC.

"Musim depan kita tidak akan melakukan percakapan ini dan menjadi lebih jelas. Di awal musim kami memilih VAR untuk membantu wasit, tetapi banyak klub tidak menginginkannya," lanjutnya.

"Saya dibantu oleh staf saya dan wasit membutuhkan bantuan dari teknologi," tegasnya menutup.

Terlepas dari situasi tersebut, kemenangan atas Watford membuat Manchester City kini bercokol di puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris musim 2018/2019. The Citizens mengantongi 74 poin dari 30 pertandingan, unggul empat poin dari Liverpool yang baru akan bertanding melawan Burnley malam nanti.

Berita Terkait

Berita Terkini