Allez, Allez, Allez, Liverpool Kamu Berbahaya!

Ini senjata rahasia yang membuat Liverpool tampil garang musim lalu.

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Kamis, 25 Oktober 2018 | 21:15 WIB
Salah seorang suporter Liverpool atau dikenal dengan The Kop saat menyaksikkan laga final Liga Champions antara Real Madrid vs Liverpool, (26/5/2018). [OLI SCARFF / AFP[

Salah seorang suporter Liverpool atau dikenal dengan The Kop saat menyaksikkan laga final Liga Champions antara Real Madrid vs Liverpool, (26/5/2018). [OLI SCARFF / AFP[

Perlahan chant Allez, Allez, Allez merasuk ke dalam diri para The Kop. Mereka menyanyikannya di mana pun Liverpool bermain.

Nada chant Allez, Allez, Allez yang menggugah tersebut ternyata berasal dari lagu berjudul L'estate sta finendo, milik band Righeira asal kota Turin, Italia. Lagu tersebut sempat jadi idola di tahun 80-an.

Righeira merupakan band yang terdiri dari dua orang, yakni Stefano "Michael" Rota dan Stefano "Johnson" Righi. Lagu L'estate sta finendo diciptakan oleh Johnson.

Baca Juga: Indonesia Naik Empat Peringkat di Ranking FIFA Bulan Oktober

Seiring dengan kepopulerannya, lagu tersebut pun mewabah hingga ke tribun stadion.

Ultras dari klub sepakbola amatir L'Aquila Calcio 1927, yang pertama kali menggubah lirik itu sebagai chant untuk klub kesayangan mereka. Di Stadion Tommaso Fattori nada-nada lagu milik Righeira berkumandang dengan judul yang berbeda, yaitu Un giorno all'improvviso.

Semenjak itu, chant tersebut disalin ulang oleh sebagian klub-klub di Italia. Seperti halnya Genoa, Juventus, AC Milan dan Napoli. Berbagai macam lirik diperbarui, tanpa ada penolakan dari Righeira.

Baca Juga: Hendika Arga Pensiun Dini, Pelatih PSS Sleman Sebut Sontoloyo

Napoli menjadi salah satu klub yang intens menggunakan chant Un giorno all'improvviso. Bahkan, chant tersebut seolah sudah menjadi seperti lagu kebangsaan di Stadion San Paolo.

Johnson tak keberatan nada lagu itu menjadi milik Napoli meskipun dia Juventini. Lirik yang dibuat oleh fans Napoli menurut Johnson yang paling oke karena menceritakan semangat untuk mempertahankan kotanya.

''Setelah tiga puluh tahun lagu tersebut masih dalam ingatan bersama, itu ada dalam DNA kebanyakan orang. Sangat beruntung dan berakhir di tempat-tempat tak terduga seperti kurva. Terima kasih Tuhan,'' kata Johnson kepada La Repubblica pada 2016 lalu.

Baca Juga: Lee Chong Wei Beri Jawaban Kapan Akan Kembali Bertanding

''Sebetulnya, lagu ini diadopsi pertama oleh fans L'Aquila, Modena dan Juventus, hanya saja lagu ini tiba di Naples seperti gempa. Ubahan akhir lirik dari fans Napoli adalah yang paling indah yang pernah saya dengar,'' lanjutnya.

Setelah menggaung di seantero Italia, gubahan lagu dari Righeira pun melanglang buana ke penjuru dunia. Hingga takdir mempertemukannya dengan The Kop kala bertandang ke markas Porto awal tahun lalu saat menemani Liverpool melakoni laga babak 16 besar Liga Champions 2017/2018.

Suporter Liverpool menyaksikkan laga final Liga Champions antara Real Madrid kontra Liverpool di Kiev, (26/5/2018). [OLI SCARFF / AFP]
Suporter Liverpool atau akrab disebut The Kop menyaksikkan laga final Liga Champions antara Real Madrid kontra Liverpool di Kiev, (26/5/2018). [OLI SCARFF / AFP]

 

Baca Juga: Harga Tiket Timnas Indonesia U-19 vs Jepang U-19 di SUGBK

Seperti diungkapkan kepada bleacherreport.com, salah seorang suporter Liverpool bernama Jamie Webster langsung terbius saat mendengar lantunan lagu milik Righeira di Estadio do Dragao.

''Saya saat itu pertama kali mendengar ketika Liverpool bertandang ke markas Porto. Begitu mendengarnya teman saya langsung merespon ambil gitarmu dan mulai mainkan,'' ungkapnya.

Ia menyebut, mulai memainkan gubahan lagu milik Righeira itu untuk pertama kalinya di sebuah acara gigs bertajuk Boss Night. Sambutan luar biasa pun ditunjukkan para The Kop.

Pun begitu setelah chant Allez, Allez, Allez itu diunggah lewat YouTube. Tanpa diduga, unggahan itu langsung menyita jutaan netizen.

Dengan cepat chant anyar itupun menginfeksi hampir sebagian besar suporter Liverpool. Mereka pun senantiasa meneriakkan chant tersebut di manapun Liverpool berlaga.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua legenda Persib Bandung, Sobur dan Iwan Sunarya mendoakan Pangeran Biru juara musim ini usai meraih kemenangan atas Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (20/4)

liga | 23:04 WIB

Persib Bandung tak bisa tampil dengan kekuatan penuh saatmenjamu Persebaya Surabaya pada laga pekan ke-32 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (20/4). Selain akumulasi, sejumlah pemain diragukan tampil. Pelatih Bojan Hodak santai

liga | 13:08 WIB

Sporting Director PT Persib Teddy Tjahjono membantah tudingan yang menyebutkan dirinya sebagai saksi yang memberatkan dalam persidangan kasus kericuhan yang melibatkan Bobotoh

liga | 17:40 WIB

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB
Tampilkan lebih banyak