Menelusuri Sejarah Masa Lampau hingga Kulineran di Benteng Kuto Besak Palembang

Suporter Sriwijaya atau suporter lain kalau lagi away ke Palembang bisa nih mampir di Benteng Kuto Besak

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Jum'at, 28 Oktober 2022 | 09:06 WIB
Benteng Kuto Besak. (Shutterstock/DH Saragih)

Benteng Kuto Besak. (Shutterstock/DH Saragih)

Bolatimes.com - Benteng Kuto Besak (BKB) merupakan destinasi wisata favorit yang bisa Anda pilih ketika berkunjung ke Kota Palembang. Kawasan benteng ini menyajikan berbagai tema wisata, mulai dari sejarah, kuliner, hingga wisata malam. Bagi yang tinggal di luar Kota Palembang, Anda bisa pesan tiket travel di Pegipegi untuk mendapatkan harga transportasi yang lebih terjangkau.

Adapun lokasi Benteng Kuto Besak berada di tepian Sungai Musi, yakni di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang. Jika Anda masuk dari Alun-alun Kota Palembang, jaraknya hanya 4 kilometer atau sekitar 10–15 menit berkendara dari Jalan Veteran.

Sejarah

Benteng Kuto Besak terbilang luas karena berukuran 288,75 meter x 183,75 meter dan tebal dinding 1,99 meter. Dahulu kala, BKB merupakan benteng yang dibangun pribumi. Awalnya, pembangunan BKB dirintis oleh pemimpin Kesultanan Palembang Darussalam pada periode 1724–1758, yaitu Sultan Mahmud Badaruddin I.

Pembangunan benteng ini berlanjut hingga periode kepemimpinan 1776–1803. Sejak selesai dibangun, Benteng Kuto Besak menjadi pusat pemerintahan dan tempat tinggal penguasa Kesultanan Palembang. Namun, saat Belanda masuk ke Palembang, benteng ini direbut dan dijadikan markas. Dan kini, kawasan BKB ditempati oleh Komando Daerah Militer Sriwijaya.

Daya tarik

Benteng Kuto Besak beroperasi setiap hari, mulai pukul 08.00–21.00 waktu setempat. Untuk masuk ke benteng ini, pengunjung diharuskan membayar tiket sebesar Rp5.000 per orang. Kawasan BKB memiliki ragam daya tarik wisata yang menarik.

Pertama, Anda bisa menjelajah kawasan Benteng Kuto Besak sebagai sebuah benteng bersejarah, di mana Anda dapat mengunjungi museum dan melihat benda-benda peninggalan sejarah. Selain itu, kompleks BKB juga memiliki pelataran yang luas, balai agung, serta beberapa ruangan lainnya yang bisa dijelajahi. Seperti keputren, paseban, ruang tamu, hingga kediaman sultan dan permaisuri. Di tengah kompleks bangunan benteng, Anda bisa menemukan kawasan kolam dengan perahu, taman, dan pohon buah-buahan.

Kedua, jika berkunjung ke kawasan BKB, ada baiknya Anda bisa meluangkan waktu untuk jalan-jalan hingga malam hari. Sebab, begitu jam operasional BKB tutup, justru keseruan momen wisata Anda baru saja akan dimulai.

Kawasan di luar benteng akan lebih ramai jelang sore hingga malam hari, dengan sajian pemandangan sekitar yang dihiasi kerlap-kerlip lampu malam yang semakin memanjakan mata pengunjung. Di sini, merupakan spot terbaik untuk melihat pesona keindahan Jembatan Ampera dan Sungai Musi Palembang. Jangan lupa abadikan keseruan liburan Anda di sana dengan berswafoto.

Biasanya, salah satu spot foto favorit pengunjung adalah Tugu Iwak Belido –berupa tugu patung ikan raksasa khas Sungai Musi yang mulai langka–. Ikan belido dikenal sebagai ikan yang sangat enak untuk dikonsumsi, sekaligus sebagai bahan baku untuk membuat kuliner khas Palembang, yaitu pempek.

Untuk menutup keseruan aktivitas wisata di Palembang, Anda bisa beristirahat sambil mencicipi masakan serta jajanan di sejumlah warung apung yang terletak di kawasan Sungai Musi.

Nah, itu tadi informasi menarik seputar Benteng Kuto Besak. Bagi Anda yang tinggal di luar kota dan tertarik #PegipegiLagi ke berbagai tempat wisata favorit Palembang, yuk, persiapkan itinerary perjalanan mulai dari sekarang. Bagi Anda yang tinggal di Lampung, bisa pesan tiket travel Lampung-Palembang di Pegipegi. Dapatkan juga harga lebih terjangkau dengan berbagai promo menarik yang ditawarkan Pegipegi setiap harinya! Jangan lupa, jaga selalu protokol kesehatan kapan pun dan di mana pun demi keamanan, kenyaman, dan keselamatan Anda.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Persib Bandung berbagi kebahagiaan di bulan Ramadan dengan mengunjungi Panti Sosial Tresna Werdha Budi Pertiwi di Jl. Sancang, Bandung, Selasa (26/3) .

bolatainment | 16:22 WIB

kegemaran Gen-Z berolahraga ini tampak dengan kehadiran mereka yang sangat antusias daat pembukaan toko JD Sport di Bandung. Acara di sana terlihat menjadi sorotan utama bagi generasi muda, khususnya Gen Z.

bolatainment | 15:47 WIB

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong balik ke kampung halamannya, Korea Selatan ketika tim Garuda memasuki masa libur.

bolatainment | 14:37 WIB

Bidadari voli Indonesia, Yolla Yuliana memperkenalkan sosok yang akan mengubahnya loging status baru. Janda cantik ini membuka sosok lelaki yang akan jadi imamnya.

bolatainment | 12:40 WIB

Pemain Israel, Sagiv Jehezkel yang membela klub Turki, Antalyaspor diamankan aparat setempat usai menunjukkan pesan diduga mengacu pada perang Israel-Hamas.

bolatainment | 06:47 WIB

Azizah Salsha, istri Pratama Arhan salah satu bek Timnas Indonesia blak-blakan alasan belum ingin punya momongan.

bolatainment | 10:24 WIB

Maria Vania, sosok yang familiar dalam acara olahraga di saluran televisi terkemuka Indonesia, terus mempertahankan penampilannya sebagai seorang presenter dan figur publik.

bolatainment | 09:55 WIB

Berikut adalah beberapa pevoli cantik Indonesia yang sebanding dengan kecantikan Yolla.

bolatainment | 22:38 WIB

Budi Sudarsono eks pemain Timnas dengan julukan "Si Piton" membeberkan perbedaan timnas pada zamanya dengan saat ini dibawah asuhan Shin tae-yong

bolatainment | 09:00 WIB

Witan Sulaiman rela meninggalkan istrinya yang tengah hamil tua demi bergabung bersama Timnas Indonesia untuk pemusatan latihan di Turki jelang Piala Asia

bolatainment | 21:17 WIB

Alasan Andre Rosiade Nikahkan Putrinya, Azizah Salsha dengan Pratama Arhan, Bek Timnas Indonesia

bolatainment | 17:00 WIB

Jawab cepat Pratama Arhan, gombalan Bek Timnas bikin Azizah Salsha meleyot hingga sebut coach Shin Tae-yong pelatih paling galak.

bolatainment | 15:58 WIB

Mengenal sosok Aislin Konig, tunangan Justin Hubner pemain Timnas Indonesia dengan nilai pasar tertinggi.

bolatainment | 14:41 WIB

Asnawi Mangkualam kapten Timnas Indonesia selain dirumorkan memiliki hubungan dengan Fuji kini jada sosok artis ini yang juga diisukan sedang dekatnya

bolatainment | 09:15 WIB

Ekspresi Asnawi Mangkualam, Kapten Timnas Indonesia jadi sorotan saat rayakan ulang tahun Steffi Zamora

bolatainment | 08:17 WIB

Tarif endorsment Azizah Salsha, istri Pratama Arhan bikin mata melongok

bolatainment | 15:56 WIB

Istri salah satu pemain Timnas Indonesia Azizah Salsha pakai hijab, Pratama Arhan berikan doa menyentuh untuk sang istri.

bolatainment | 10:43 WIB

Pemain PSIS Semarang sekaligus eks Persib Bandung, Gian Zola yang sempat berpacaran dengan Ghea Youbi kini telah melamar seorang perempuan bernama Putri.

bolatainment | 06:31 WIB
Tampilkan lebih banyak