Bolatainment

6 Wisata Kuliner Legendaris di Sekitar Pasar Klewer Solo, Wajib Dicoba

Kalau lagi away ke Persis Solo, bisa nih nyobain

Irwan Febri Rialdi

Pasar Klewer Solo. Sumber Foto: Unsplash (Latifah Listia)
Pasar Klewer Solo. Sumber Foto: Unsplash (Latifah Listia)

Bolatimes.com - Solo atau Surakarta merupakan salah satu daerah di Indonesia yang dijuluki sebagai ‘surga’ kuliner di tanah Jawa. Ya, Kota Liwet ini tidak hanya terkenal dengan kebudayaannya yang diwarisi secara turun-temurun, tapi juga memiliki beberapa pusat perbelanjaan legendaris dengan harga yang ramah di kantong. Pasar Klewer, misalnya.

Berdiri sejak tahun 1970, Pasar Klewer menjadi lokasi yang menarik untuk dikunjungi hingga hari ini. Berlokasi strategis dekat dengan pusat budaya dan deretan bangunan bersejarah, pasar ini juga menawarkan pengalaman seru berwisata kuliner. Aneka makanan lezat dan minuman khas, serta jajanan kaki lima yang memanjakan lidah dengan harga bersahabat, dapat Anda nikmati sepuasnya di sini.

Jika Anda memang petualang kuliner sejati, jangan lewatkan kesempatan mencicipi aneka kuliner khas Solo di sekitar Pasar Klewer berikut ini.

1. Tengkleng Klewer Bu Edi

Kuliner favorit di Solo yang wajib Anda coba adalah tengkleng. Masakan ini terdiri dari tulang kambing dengan sedikit daging yang menempel serta jeroan dan kikil kambing.

Lalu, disiram dengan kuah encer dengan rasa pedas-manis. Untuk menikmati tengkleng khas Solo, Anda bisa berjalan kaki sekitar lima menit dari Pasar Klewer menuju warung Tengkleng Klewer Bu Edi di Jalan Dr. Radjiman, Kauman, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon. Warung tengkleng legendaris ini buka setiap hari, mulai pukul 11.30–15.30 WIB.

2. Tongseng Buntel Pak Min Sinthong

Masih dengan menu berbahan dasar daging, kali ini ada tongseng. Tidak seperti tengkleng yang hanya menggunakan bahan utama daging, dalam seporsi tongseng juga ditambahkan beberapa jenis sayuran.

Selain itu, tongseng juga disajikan dengan kuah yang sedikit, tapi teksturnya sangat kental –karena dimasak agak lama agar kuahnya menyusut dan mengental–. Jika Anda penasaran seperti apa rasa tongseng, cobalah mampir ke Pak Min Sinthong di Jalan Kapten Mulyadi No. 287, Pasar Kliwon. Warung makan ini buka setiap Senin sampai Sabtu, mulai pukul 10.00–15.00 WIB.

3. Gule Goreng Pak Samin

Mendengar kata gule atau gulai, kemungkinan besar yang Anda pikirkan yaitu menu daging dengan kuah kental berwarna kuning. Lalu, bagaimana dengan gule goreng? Sepertinya, ini menarik untuk Anda santap saat berkunjung ke Kota Solo. Gule goreng (gulgor) sebenarnya diolah seperti gulai kuah pada umumnya. Bedanya, daging atau jeroan kambing diambil dan ditiriskan, kemudian digoreng hingga kering dan renyah. Bagi Anda yang ingin mencoba, silakan datang ke kedai Gule Goreng Pak Samin, Jalan Ronggowarsito No. 8. Dari Pasar Klewer, Anda cukup berkendara lima menit saja. Kedai ini buka mulai pukul 07.00–16.00 WIB.

4. Selat Gajahan

Dari sekian banyak makanan di sekitar Pasar Klewer, selat solo jangan sampai Anda lewatkan. Rasanya lezat dengan harga yang ramah di kantong. Berbahan dasar daging sapi yang diiris agak tipis, lalu diguyur dengan kuah semur. Olahan daging tersebut disajikan dengan kentang goreng, telur pindang, mentimun, selada, tomat, serta wortel dan buncis rebus. Dilihat dari teksturnya mirip seperti bistik. Selat solo bisa Anda nikmati di warung Selat Gajahan, Jalan Padmonegoro No. 5, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon. Warung ini buka setiap hari, mulai pukul 09.00–17.00 WIB.

5. Mie Ayam Subur

Buat Anda penggemar mie, usai menjelajah Pasar Klewer, cobalah bersantap di kedai Mie Ayam Subur. Lokasinya sendiri sekitar tujuh menit berkendara dari pasar.

Salah satu keistimewaan mie ayam ini yaitu mie-nya diolah sendiri sehingga cita rasanya sangat otentik. Dalam semangkuk mie ayam biasanya ditambahkan juga bakso sapi.

Agar rasanya lebih nikmat, bisa tambahkan kerupuk pangsit. Mie Ayam Subur berada di Jalan R.E Martadinata No. 182, Gandekan, Kecamatan Jebres, Kota Solo. Warung ini buka setiap Selasa sampai Minggu, mulai pukul 16.00–20.00 WIB.

6. Es Dawet Telasih Bu Dermi

Setelah menyantap makanan berat, akan lebih nikmat jika ditutup dengan yang segar-segar. Di Kota Solo, Anda bisa mencoba es dawet yang disajikan dalam mangkuk kecil ditambah kuah santan yang kental.

Lalu, disiram dengan gula Jawa yang manisnya pas. Isian es dawet beragam, mulai dari ketan hitam, tape ketan, jenang sumsum, dan biji selasih.

Salah satu tempat untuk menikmati segarnya es dawet khas Solo, yaitu Es Dawet Telasih Bu Dermi di Jalan Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kecamatan Jebres. Minuman kaki lima ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00–17.00 WIB.

Itulah rekomendasi kuliner khas Solo yang bisa dinikmati di sekitar Pasar Klewer. Semoga bermanfaat!

Nah, jika Anda ingin menjelajahi lebih banyak tempat wisata sekaligus mencicipi aneka kuliner legendaris Solo lainnya, Anda bisa booking hotel nyaman di Solo dengan harga terjangkau. Untuk memudahkan Anda cari hotel yang dekat tempat wisata populer, download aplikasi Pegipegi dan temukan akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini