Spesial Johan Arga: Rahasia Eks Pemain PSIM yang Sukses Jadi Bos Makaroni

Inilah fakta-fakta yang belum diketahui oleh banyak orang di balik pensiunnya Johan Arga dan kemudian menjadi pebisnis.

Galih Priatmojo | Andiarsa Nata | BolaTimes.com
Selasa, 05 Februari 2019 | 14:00 WIB
Mantan Pemain PSIM Yogyakarta, Johan Arga (Bolatimes.com/Andiarsa Nata)

Mantan Pemain PSIM Yogyakarta, Johan Arga (Bolatimes.com/Andiarsa Nata)

Awal Mula Terbentuknya Ide Makaroni Huh_Hah

Ya, pembekuan PSSI itu benar-benar membuat Johan Arga berpikir keras untuk mencari cara lain untuk mencari uang. Sampai pada saat itu pun ia memutuskan untuk pergi ke Timor Leste untuk menerima pinangan dari klub tetangga tersebut.

Namun dalam prosesnya, Johan pun tanpa sengaja menemukan ide bisnis yang dijalaninya saat ini, yakni Makaroni Huh_Hah dari seorang temannya.

Baca Juga: Hasil 32 Besar Piala Indonesia: Dua Tim Promosi Gugur, Tersisa PSS Sleman

"Ketemunya (ide bisnis) itu ketika waktu saya main ke rumah teman yang aslinya Jawa Barat. Ternyata dia itu buat makaroni, menunya benar-benar makaroni. Dia itu kebetulan mudik dan ngomong "ada orderan, mau ngerjain gak?," mau dong, saya kerjain aja sambil telfonan diajarin caranya gini-gini," cerita Johan.

"Dari situ awalnya, dari temen yang mudik ada orderan suruh ngerjain terus nular, alhamdulillah, tidak sengaja," samungnya.

Pengalaman Tak Terlupakan Johan Arga Sebagai Pebisnis

Baca Juga: AC Milan Ingin Datangkan Raja Gol Piala Asia 2019?

Ada dua momen tak terlupakan Johan Arga menjadi seorang pebisnis. Pertama adalah ketika Johan mendapatkan uang dari hasil bisnisnya yang lebih besar dari nilai kontraknya disebuah klub. Itu didapatnya ketika masih di awal-awal menjalani bisnisnya.

Pengalaman kedua adalah terjadi ketika Johan pergi keluar kota untuk mengajari orang yang membeli resep makaroninya. Hal itu sangat berkesan bagi Johan Arga karena ia keluar kota bukan untuk bermain sebagai pesepak bola, melainkan seorang pebisnis.

"Jadi saya pernah dapat nilai kontrak dari tim sepak bola itu paling mahal katakanlah sekian, tapi dalam waktu kurang lebih 40 hari saya pernah dapat lebih dari itu. Cukup lah buat beli Honda Jazz. Dan itu sangat berkesan karena di awal-awal (bisnis)," ungkap Johan.

Baca Juga: Pelatih Persib Bandung: Kami Siap Main Di Mana Saja Asal Bobotoh Penuh

"Dulu saya keluar kota karena sepak bola, tapi saya pernah dua kali pergi ke Medan dan Makassar ke sana karena ngajarin masak. Karena saya jual resep makaroni. Itu tahun 2018 kemarin, dan itu yang franchise salah satu pemain Timnas Pro yang ikut tim Vamos Mataram," tandasnya.

Respons Rekan-rekan Sepak Bola

Johan Arga dan PSIM Yogyakarta (Bolatimes.com/Andiarsa Nata)
Johan Arga dan PSIM Yogyakarta (Bolatimes.com/Andiarsa Nata)

 

Baca Juga: Harapan Unai Emery Usai Arsenal Dibantai Manchester City

Usai menjalani bisnis usai pensiun, Johan mengatakan mendapatkan respons yang baik dari rekan-rekan sepak bolanya. Bahkan di musim terakhirnya bermain, Johan diperkanankan oleh PSIM Yogyakarta untuk mempromosikan bisnisnya di papan iklan yang dipasang dipinggir lapangan selama satu musim penuh.

"Alhamdulillah sih responnya bagus karena bisnisnya kan juga bagus, tidak dilarang. "Alhamdulillah, sukses sekarang,". Cuman saya kalau dibilang seperti itu ya biasa aja. Sama seperti suporter melihat kita, ya sebenarnya kita biasa aja," tuturnya.

"Cuma saya berterima kasih kepada PSIM di musim terakhir saya bermain, saya diperkenankan memasang papan iklan di pinggir lapangan itu selama satu musim full kan, itu waktu ISC," katanya menambahkan.

Mempunyai Banyak Cabang dan Merambah Bisnis Lain

Johan Arga mengatakan hasil yang ia petik saat ini tidak lah mudah dalam prosesnya. Banyak kegagalan-kegagalan yang tidak diketahui oleh banyak orang. Ia bahkan mengaku sampai menggoreng makaroni sendirian ketika masih menjadi seorang pesepak bola.

"Prosesnya kan mereka tidak tahu, ketika saya harus membagi waktu goreng makaroni sendiri dan latihan, itu benar-benar saya lakukan sendiri tahun 2015," jelas Johan.

Namun, kini usahan Johan tersebut tidak sia-sia. Bisnisnya sudah memiliki beberapa cabang dan sudah menambah bisnis baru selain Makaranoni.

"Totalnya dari semua itu, Saya kan ada bisnis Makaroni Huh-hah, Seblak, Thai Tea, Furniture Custom. Ada 7 cabang yang Makroni, 1 Thai Tea, sekitar 12-13 lah semuanya," katanya.

 

Tulisan ini merupakan liputan khusus reporter Bolatimes.com, Andiarsa Nata.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Persib Bandung berbagi kebahagiaan di bulan Ramadan dengan mengunjungi Panti Sosial Tresna Werdha Budi Pertiwi di Jl. Sancang, Bandung, Selasa (26/3) .

bolatainment | 16:22 WIB

kegemaran Gen-Z berolahraga ini tampak dengan kehadiran mereka yang sangat antusias daat pembukaan toko JD Sport di Bandung. Acara di sana terlihat menjadi sorotan utama bagi generasi muda, khususnya Gen Z.

bolatainment | 15:47 WIB

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong balik ke kampung halamannya, Korea Selatan ketika tim Garuda memasuki masa libur.

bolatainment | 14:37 WIB

Bidadari voli Indonesia, Yolla Yuliana memperkenalkan sosok yang akan mengubahnya loging status baru. Janda cantik ini membuka sosok lelaki yang akan jadi imamnya.

bolatainment | 12:40 WIB

Pemain Israel, Sagiv Jehezkel yang membela klub Turki, Antalyaspor diamankan aparat setempat usai menunjukkan pesan diduga mengacu pada perang Israel-Hamas.

bolatainment | 06:47 WIB

Azizah Salsha, istri Pratama Arhan salah satu bek Timnas Indonesia blak-blakan alasan belum ingin punya momongan.

bolatainment | 10:24 WIB

Maria Vania, sosok yang familiar dalam acara olahraga di saluran televisi terkemuka Indonesia, terus mempertahankan penampilannya sebagai seorang presenter dan figur publik.

bolatainment | 09:55 WIB

Berikut adalah beberapa pevoli cantik Indonesia yang sebanding dengan kecantikan Yolla.

bolatainment | 22:38 WIB

Budi Sudarsono eks pemain Timnas dengan julukan "Si Piton" membeberkan perbedaan timnas pada zamanya dengan saat ini dibawah asuhan Shin tae-yong

bolatainment | 09:00 WIB

Witan Sulaiman rela meninggalkan istrinya yang tengah hamil tua demi bergabung bersama Timnas Indonesia untuk pemusatan latihan di Turki jelang Piala Asia

bolatainment | 21:17 WIB

Alasan Andre Rosiade Nikahkan Putrinya, Azizah Salsha dengan Pratama Arhan, Bek Timnas Indonesia

bolatainment | 17:00 WIB

Jawab cepat Pratama Arhan, gombalan Bek Timnas bikin Azizah Salsha meleyot hingga sebut coach Shin Tae-yong pelatih paling galak.

bolatainment | 15:58 WIB

Mengenal sosok Aislin Konig, tunangan Justin Hubner pemain Timnas Indonesia dengan nilai pasar tertinggi.

bolatainment | 14:41 WIB

Asnawi Mangkualam kapten Timnas Indonesia selain dirumorkan memiliki hubungan dengan Fuji kini jada sosok artis ini yang juga diisukan sedang dekatnya

bolatainment | 09:15 WIB

Ekspresi Asnawi Mangkualam, Kapten Timnas Indonesia jadi sorotan saat rayakan ulang tahun Steffi Zamora

bolatainment | 08:17 WIB

Tarif endorsment Azizah Salsha, istri Pratama Arhan bikin mata melongok

bolatainment | 15:56 WIB

Istri salah satu pemain Timnas Indonesia Azizah Salsha pakai hijab, Pratama Arhan berikan doa menyentuh untuk sang istri.

bolatainment | 10:43 WIB

Pemain PSIS Semarang sekaligus eks Persib Bandung, Gian Zola yang sempat berpacaran dengan Ghea Youbi kini telah melamar seorang perempuan bernama Putri.

bolatainment | 06:31 WIB
Tampilkan lebih banyak