Bolaindonesia

Shin Tae-yong Bakal Tugaskan Asisten untuk Latih Timnas Senior Sebelum Kembali ke Indonesia

Siapakan sosok yang akan didapuk Shin Tae-yong?

Husna Rahmayunita

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong dikabarkan akan menugaskan asisten untuk mendampingi Timnas Indonesia melakoni pemusatan latihan (TC) di Piala AFF 2022. Ini dilakukan lantaran Shin Tae-yong masih mendampingi Timnas Indonesia U-20 di Eropa,.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan Shin Tae-yong baru akan memimpin TC timnas senior mulai Desember 2022 seusai merampungkan TC bersama Timnas U-20 di Turki dan Spanyol.

Adapun TC Timnas Indonesia dijadwalkan mulai 28 November 2022. Karenanya, ia akan menunjukkan seseorang untuk menggantikan tugasnya sementara.

"Shin menyampaikan, dia akan menunjuk asisten untuk melatih timnas Indonesia sampai dia kembali," kata Iriawan di Jakarta, Rabu.

Menurut Iriawan, Shin Tae-yong kembali ke Indonesia pada 5 Desember 2022, begitu TC timnas U-20 di Spanyol tuntas. Dia menegaskan bahwa Shin sudah tidak sabar menangani TC persiapan timnas menghadapi Piala AFF 2022 itu.

"Dia betul-betul ingin melatih timnas senior," kata pria yang karib disapa Iwan Bule itu.

Sementara mengenai lokasi TC timnas, Mochamad Iriawan belum dapat memastikannya. Akan tetapi, dia menyebut salah satu opsinya adalah Bali dengan alasan memiliki fasilitas memadai untuk TC, termasuk lapangan latihan baru Bali United di kawasan Pantai Purnama, Gianyar.

Iriawan sudah melihat langsung lapangan tersebut pada Selasa (15/11) bersama pemilik klub Bali United Pieter Tanuri.

"Lapangannya cukup baik, di pinggir laut dan udaranya bagus. Tempat seperti itu hanya ada dua di dunia, yaitu di Irak dan Indonesia," tutur dia.

Piala AFF 2022 akan digelar pada 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023. l Indonesia berada dalam Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

PSSI menargetkan Indonesia  juara Piala AFF 2022 yang akan menjadi yang pertama sepanjang sejarah skuad Garuda.

(Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini