4 Alasan Timnas Indonesia Bisa Kalahkan Thailand di Piala AFF 2022, Waktunya Balas Dendam

Timnas Indonesia dan Thailand segrup di Piala AFF 2022.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 31 Agustus 2022 | 16:39 WIB
Aksi Asnawi Mangkualam saat laga Indonesia vs Thailand di final Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Aksi Asnawi Mangkualam saat laga Indonesia vs Thailand di final Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Berikut deretan alasan mengapa Timnas Indonesia bisa mengalahkan Thailand di babak grup Piala AFF 2022 pada akhir tahun mendatang.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia akan tergabung di grup A bersama dengan Thailand, Filipina, Kamboja, dan pemenang Playoff antara Brunei Darussalam vs Timor Leste.

Timnas Indonesia tergabung grup tersebut usai menjalani Drawing yang digelar AFF selaku penyelenggara pada Selasa (30/8) siang WIB.

Baca Juga: Japan Open 2022: Jonatan Christie Bongkar Kunci Kalahkan Wakil Belanda di Babak Pertama

Bergabungnya Timnas Indonesia di grup A ini banyak disyukuri berbagai pihak. Sebab, tim Merah Putih terhindar dari rival-rivalnya seperti Vietnam dan Malaysia.

Meski demikian, Timnas Indonesia tak bisa memandang sepele lawan-lawannya di grup A. Salah satunya karena kehadiran Thailand yang memang punya rekor apik saat melawan tim Merah Putih.

Thailand punya rekam jejak mentereng saat melawan Timnas Indonesia. Bahkan di final Piala AFF 2020 lalu, tim Merah Putih harus menyerah dengan agregat 2-6 dari rivalnya itu.

Baca Juga: Singkirkan Peringkat Dua Dunia di Japan Open 2022, Chico Aura Dwi Wardoyo: Alhamdulillah

Meski begitu, ada sederet alasan mengapa Timnas Indonesia bisa mengalahkan Thailand nantinya di grup A Piala AFF 2020 kelak.

Apa saja alasan tersebut?

Aksi Dedik Setiawan saat pertandingan Indonesia vs Thailand di final Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)
Aksi Dedik Setiawan saat pertandingan Indonesia vs Thailand di final Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

1. Bermain di Kandang

Baca Juga: Tumbang Lawan Southampton, Thomas Tuchel Ngamuk Sebut Bek Chelsea Terlalu Lembek

Piala AFF 2022 ini akan menggunakan format berbeda, di mana penyelenggaraannya tak akan menggunakan format tuan rumah.

Nantinya setiap pertandingan di fase grup Piala AFF 2022 akan menggunakan format dua laga kandang dan dua laga tandang.

Beruntung bagi Timnas Indonesia, laga kontra Thailand nanti akan digelar di Tanah Air. Dengan dukungan masif dari suporternya, tim Merah Putih pun diyakini bisa mengalahkan tim Gajah Perang.

Baca Juga: Soroti Kualitas Rumput, FIFA Berencana Kurangi Stadion untuk Venue Piala Dunia U-20 2023

2. Hadirnya Para Pemain Naturalisasi

Di Piala AFF 2022 nanti, Timnas Indonesia akan mendapat tambahan kekuatan, yakni dari para pemain naturalisasi.

Setidaknya ada tiga pemain naturalisasi yang prosesnya diyakini akan usai sebelum Piala AFF 2022 nanti, yakni Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

Hadirnya tiga pemain naturalisasi ini akan memberi kekuatan bagi Timnas Indonesia di fase grup, terutama saat menghadapi Thailand.

3. Misi Balas Dendam

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia memiliki hasrat untuk membalaskan dendamnya atas Thailand di Piala AFF 2022 nanti.

Dendam itu lahir usai Timnas Indonesia dikalahkan Thailand di final Piala AFF 2020 lalu, dengan agregat skor cukup telak, yakni 2-6.

Demi bisa lolos dari fase grup dengan mudah, Timnas Indonesia mau tak mau harus membalaskan dendamnya atas Thailand tersebut.

4. Thailand Kekurangan Amunisi

Di Piala AFF 2022 nanti, Thailand diprediksi tak akan tampil dengan kekuatan terbaiknya. Hal ini menyusul hadirnya rumor bahwa sang bintang, Chanathip Songkrasin tak akan ambil bagian.

Dari rumor yang beredar, Chanathip tak akan berpartisipasi di Piala AFF 2022 karena memilih beristirahat usai menjalani musim melelahkan bersama Kawasaki Frontale.

Absennya Chanathip yang berstatus bintang sekaligus playmaker Thailand sendiri akan menjadi nilai plus bagi Timnas Indonesia saat bertemu Gajah Perang kelak.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak