Profil Zane Adnan, Pemain Berdarah Amerika Serikat yang Jadi Bintang Baru Timnas Basket Indonesia

Mengenal Zane Adnan, bintang baru Timnas Basket Indonesia.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Minggu, 06 Agustus 2023 | 12:45 WIB
Bintang baru Timnas Basket Indonesia, Zane Adnan. (Instagram/official_timnasbasket)

Bintang baru Timnas Basket Indonesia, Zane Adnan. (Instagram/official_timnasbasket)

Bolatimes.com - Pebasket keturunan Indonesia-Amerika Serikat, Zane Adnan, sukses mencuri perhatian bersama Timnas Basket Indonesia. Yang terbaru, ia tampil impresif saat bermain di ajang Indonesia International Basketball Invitational (IIBI).

Selama memperkuat Timnas Basket Indonesia, Zane Adnan memang berhasil unjuk gigi. Pebasket yang masih berusia 18 tahun itu tampaknya mulai menjadi bintang baru di skuad Merah Putih.

Salah satu kiprah impresifnya yakni saat Timnas Basket Indonesia menghadapi Indonesia Patriot di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta (Rabu (2/8/2023) sore hari WIB.

Baca Juga: Sudah Beda Klub, Momen Kocak Ricky Kambuaya Ikut Latihan Persib Bandung saat Lawan Dewa United

Saat itu, Zane Adnan menjadi pencetak gol tertinggi untuk anak asuh Milos Pejic. Sebab, dia mencatatkan 13 poin, empat rebound, dan empat assist. Setelah laga itu, dia pun mendapat apresiasi dari asisten pelatih Timnas Basket Indonesia, Wahyu Widayat Jati.

"Saya bertemu dengan Zane pada November 2022 di Las Vegas, jadi saya telah melihat bagaimana ia bermain dan mentalitasnya,” kata Wahyu dalam konferensi pers pascapertandingan. 

Menurut saya, dengan kemampuan yang dimilikinya, Zane bisa menjadi kekuatan tambahan bagi Timnas kita, terutama jika dianggap sebagai pemain lokal," lanjutnya.

Baca Juga: Demi Sextuple, Manchester City Bertekad Kalahkan Arsenal di Community Shield

Profil Zane Adnan

Sebagai informasi, pemain dengan nama lengkap Zane William Adnan ini merupakan pebasket keturunan Indonesia-Amerika Serikat yang lahir pada 22 Mei 2005. Artinya, usianya saat ini masih 18 tahun.

Meskipun masih muda, tinggi badan Zane Adnan memang menjulang sangat tinggi, yakni mencapai 190 cm. Posisi bermainnya sebagai guard.

Baca Juga: Media Jepang Anggap Timnas Indonesia Calon Kuda Hitam di Piala Asia 2023, Ini Faktornya

Kariernya di dunia basket saat ini telah menapaki level perguruan tinggi di Amerika Serikat. Dia berkompetisi di ajang Divisi 1 NCAA, kompetisi antarkampus di Negeri Paman Sam.

Awal mula kemunculan Zane Adnan ialah ketika Timnas Indonesia menggelar pemusatan latihan (TC) di Las Vegas, Amerika Serikat. Ketika itu, ada dua pemain berdarah Indonesia yang ikut bergabung, salah satunya Zane Adnan.

Ketika itu, Zane Adnan sudah memasuki jenjang senior di SMA. Dia juga baru saja bergabung dan menandatangani komitmen bersama perguruan tinggi asal New York, yakni University of Albany. 

Baca Juga: Prediksi Manchester City vs Arsenal dalam Laga Community Shield Malam Ini

Zane tentu diharapkan bisa dihitung sebagai pemain keturunan Indonesia seperti Brandon Jawanto agar tak terganjal kuota pemain naturalisasi.

"Kami memiliki pemain guard dengan tinggi se-Yudha (Saputera), dan sekarang kami memiliki guard yang tinggi, dan itu harus dimanfaatkan,” ujar Wahyu.

“Namun, jika dihitung sebagai pemain lokal, Zane dapat menjadi kekuatan bagi kami. Kami berharap dia dapat menjadi seperti Brandon (Jawato) yang diakui sebagai pemain lokal karena ayahnya adalah orang Indonesia, dan kami sama-sama dari Yogya," imbuhnya.

Kontributor: Muh Faiz Maulana
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap MotoGP dari tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo tak ingin mengendurkan semangatnya untuk balapan di MotoGP Spanyol akhir pekan ini.

arena | 18:49 WIB

Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi mengaku optimistis, karena keduanya berhasil finis di daftar delapan besar pada balapan utama MotoGP Amerika dua pekan lalu.

arena | 15:15 WIB

Pebalap Monster Energy Yamaha, Alex Rins bertekad untuk mengulangi kemenangan pada MotoGP Amerika Serikat 2024.

arena | 13:25 WIB

Pebalap Gresini Racing tersebut mengatakan, ingin meraih podium pertamanya di balapan yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA) Austin, Texas, pada akhir pekan ini.

arena | 12:30 WIB

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB
Tampilkan lebih banyak