Deretan Fakta Menarik Piala Dunia Basket 2023, Indonesia Tak Main meski Jadi Tuan Rumah

Timnas Basket Indonesia tak ikut serta di Piala Dunia Basket 2023 meski jadi tuan rumah.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 24 Agustus 2023 | 13:00 WIB
Trofi Piala Dunia Basket. (Instagram/fibawc)

Trofi Piala Dunia Basket. (Instagram/fibawc)

Bolatimes.com - Berikut deretan fakta menarik Piala Dunia Basket 2023 atau FIBA World Cup 2023 yang akan diselenggarakan di tiga negara, di mana salah satunya adalah Indonesia.

Kancah basket Tanah Air akan disibukkan dengan agenda bergengsi yakni FIBA World Cup 2023 yang akan digelar di Jakarta dimulai tanggal 25 Agustus 2023 besok.

Selain Indonesia, ada dua negara Asia lainnya yang juga berkesempatan menjadi tuan rumah ajang bergengsi ini, yakni Filipina dan Jepang

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Timnas Voli Putra Indonesia vs India di Kejuaraan Voli Asia 2023

Karena dihelat di tiga negara, fase grup Piala Dunia Basket 2023 pun dibagi di tiga negara itu, di mana Indonesia akan menggelar laga dari grup G dan grup H.

Dari grup G dan grup H itu terdapat 8 negara yang akan bertanding di Indonesia, yakni Spanyol, Brasil, Iran, dan Pantai Gading dari grup G serta Kanada, Prancis, Latvia, serta Lebanon dari grup H.

Meski menjadi tuan rumah, Indonesia nantinya hanya akan menggelar babak grup, putaran atau ronde kedua, dan babak kualifikasi yang semuanya dipertandingkan di Indonesia Arena.

Baca Juga: 4 Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Diprediksi Bobol Gawang Thailand di Semifinal Piala AFF U-23

Jelang bergulirnya ajang ini, menarik untuk melihat deretan fakta yang ada di Piala Dunia Basket 2023, terutama di Indonesia. Apa saja fakta-fakta yang tersaji dari turnamen ini?

1. Indonesia Jadi Tuan Rumah yang Tak Berpartisipasi

Dari tiga negara yang terpilih menjadi tuan rumah, hanya Indonesia saja yang tak berpartisipasi di Piala Dunia Basket 2023, berbeda dengan Filipina dan Jepang yang akan tampil di ajang itu.

Baca Juga: CEK FAKTA: AFF Hapus 2 Gol Malaysia ke Indonesia Akibat Pakai Striker yang Tak Terdaftar di Piala AFF

Indonesia gagal memenuhi syarat tampil di Piala Dunia Basket 2024 usai gagal masuk delapan besar atau babak perempat final FIBA Asia Cup 2022 lalu dan dianggap Komite FIBA tak memiliki tim yang kompetitif seperti Jepang dan FIlipina.

2. Pertama Kali Digelar di Indonesia

Siapa yang menyangka jika Piala Dunia Basket 2023 akan menjadi event basket skala dunia pertama yang digelar di Indonesia. Sebelumnya, Tanah Air hanya berkesempatan menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 1993 dan 2022 saja.

Baca Juga: Link Live Streaming Drawing Piala AFC 2023/2024, Ada Bali United dan PSM Makassar

Selain itu, untuk pertama kalinya pula Piala Dunia Basket digelar di tiga negara. Sebelumnya, ajang ini hanya digelar di satu negara saja sejak pertama kali dihelat pada tahun 1950.

3. Dipenuhi Bintang Basket NBA

Para pecinta basket Indonesia pun akan disuguhi aksi para bintang basket dunia, meski hanya menggelar grup G dan grup H pada Piala Dunia Basket 2023.

Nama-nama beken yang berkompetisi di NBA seperti Dillon Brooks, Shai Gilgeous-Alexander dari Kanada, lalu Juancho Hernangomez dari Spanyol, dan Rudy Gobert dari Prancis akan bertarung di Indonesia Arena untuk membela negara-negaranya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap MotoGP dari tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo tak ingin mengendurkan semangatnya untuk balapan di MotoGP Spanyol akhir pekan ini.

arena | 18:49 WIB

Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi mengaku optimistis, karena keduanya berhasil finis di daftar delapan besar pada balapan utama MotoGP Amerika dua pekan lalu.

arena | 15:15 WIB

Pebalap Monster Energy Yamaha, Alex Rins bertekad untuk mengulangi kemenangan pada MotoGP Amerika Serikat 2024.

arena | 13:25 WIB

Pebalap Gresini Racing tersebut mengatakan, ingin meraih podium pertamanya di balapan yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA) Austin, Texas, pada akhir pekan ini.

arena | 12:30 WIB

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB
Tampilkan lebih banyak