3 Rekor Pebulu Tangkis Indonesia di Kancah Dunia yang Mustahil Dipecahkan Atlet Lain

Pencapaian 3 pebulu tangkis Indonesia ini mustahil dipecahkan, siapa mereka?

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 29 April 2022 | 21:14 WIB
Mantan pebulutangkis nasional, Taufik Hidayat, usai menemani para penyumbang medali bagi Indonesia di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro sambangi Istana Merdeka, Rabu (24/8/2016) [Suara.com/Ummy Hadyah Saleh]

Mantan pebulutangkis nasional, Taufik Hidayat, usai menemani para penyumbang medali bagi Indonesia di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro sambangi Istana Merdeka, Rabu (24/8/2016) [Suara.com/Ummy Hadyah Saleh]

Bolatimes.com - Bukan rahasia umum pebulu tangkis Indonesia memiliki nama baik di kancah dunia lewat prestasi, bahkan beberapa di antaranya merupakan rekor yang mustahil dipecahkan atlet lain.

Setidaknya ada tiga pebulu tangkis Indonesia dengan rekor yang tidak bisa dipatahkan atau disamai pebulu tangkis lain dan bahkan hingga saat ini.

Dua di antaranya berasal dari sektor tunggal putra, sementara itu satu lainnya dari nomor ganda putra yang kini masih jadi andalan Indonesia.

Baca Juga: Saddil Ramdani Diizinkan Bela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021, Media Vietnam Panik?

Berikut para pebulu tangkis Indonesia dengan rekor yang tak bisa disamai pebulu tangkis lain sampai saat ini.

1. Rudy Hartono

Legenda bulutangkis Indonesia, Rudy Hartono saat ditemui di Gedung Jaya Raya, Thamrin, Jakarta, Jumat (26/4/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]
Legenda bulutangkis Indonesia, Rudy Hartono saat ditemui di Gedung Jaya Raya, Thamrin, Jakarta, Jumat (26/4/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

Menjadi salah satu legenda bulu tangkis Indonesia yang memiliki catatan paling mengerikan di All England medio tahun 60-70-an.

Baca Juga: West Ham United Dibungkam Eintracht Frankfurt, David Moyes Sebut The Hammers Pantas Kalah

Rudy Hartono menjadi satu-satunya tunggal putra yang mampu merebut gelar juara selama tujuh kali beruntun sejak 1968 hingga 1974.

Catatan itu menjadi yang terbanyak di sektor tunggal putra, dari total delapan torehan gelar juara All England yang ditorehkan pria 72 tahun ini.

Torehan itu pula yang membawa Rudy Hartono masuk dalam Guinnes Books of Records dan sampai saat ini belum ada yang mampu menandinginya.

Baca Juga: Madura United Resmi Datangkan Pemain Naturalisasi Esteban Vizcarra

Tunggal putra China, Lin Dan hanya mampu mengemas enam kali juara All England, sementara Lee Chong Wei hanya empat kali.

2. Taufik Hidayat

Pria yang baru saja keluar dari kepengurusan PBSI ini juga pernh mencatatkan rekor menarik atas namanya sendiri dalam dunia bulu tangkis membawa nama Indonesia.

Baca Juga: Mengenal Mido, Bintang Sepak Bola Mesir Sebelum Era Mohamed Salah

Taufik mencatatatkan rekor dengan menjadi pebulu tangkis termuda yang menempati ranking satu dunia, saat itu usianya baru 19 tahun.

Selain itu Taufik juga langsung menyabet gelar sejak kali pertama turun di dunia bulu tangkis profesional di tahun 1998, tepatnya di Brunei Open sebagai juara.

Deretan gelar juara berikutnya seperti di Indonesia Open, Singapura Open hingga All England membuatnya melangkah sebagai penghuni peringkat satu dunia.

3. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon saat memainkan babak kedua Indonesia Masters 2021 kontra wakil Prancis, Lucas Corvee / Ronan Labar di Nusa Dua, Bali, Kamis (18/11/2021). [PBSI]
Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon saat memainkan babak kedua Indonesia Masters 2021 kontra wakil Prancis, Lucas Corvee / Ronan Labar di Nusa Dua, Bali, Kamis (18/11/2021). [PBSI]

Ganda putra berjuluk Minions ini langsung menggebrak dunia buu tangkis sektor ganda putra sejak dipasangkan pertama kali di All England 2015.

Usai meraih juara All England 2017, Minions lantas menduduki peringkat pertama ranking dunia sebagai pasangan baru di sektor ganda putra.

Minions menjadi ganda putra terlama yang menduduki peringkat satu dunia, lebih dari empat tahun atau selama 200 minggu.

Catatan ini sekaligus mengalahkan raihan yang pernah dibuat kompatriot mereka, Markis Kido/Hendra Setiawan yang pernah mengamankan ranking satu dunia selama dua tahun.

Selain itu Minions juga sukses mengoleksi sembilan gelar dalam satu tahun dan hal ini terjadi pada 2018 lalu.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin merebut pole position perdana pada MotoGP 2024, usai menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar.

arena | 09:46 WIB
Tampilkan lebih banyak