Profil Rexy Mainaky, Legenda Indonesia yang Mundur dari Pelatih Thailand

Rexy Mainaky baru saja memutuskan mundur dari pelatih bulu tangkis Thailand.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 25 Oktober 2021 | 17:00 WIB
Legenda bulutangkis Indonesia, Rexy Mainaky. [Humas PBSI]

Legenda bulutangkis Indonesia, Rexy Mainaky. [Humas PBSI]

Bolatimes.com - Kabar mengejutkan hadir dari dunia bulu tangkis. Legenda bulu tangkis Indonesia, Rexy Mainaky, dikabarkan resmi melepas jabatan sebagai pelatih bulu tangkis Thailand.

Kabar ini pertama kali diberikan oleh Kepala Bidang Hubungan Luar Negeri PBSI, Bambang Roedyanto, melalui akun Twitter pribadinya pada Minggu (24/10/2021).

"Breaking: Rexy Mainaky meninggalkan Thailand,” tulis Rudy Roedyanto yang disebut mengetahuinya dari akun resmi Thai Badminton di Facebook.

Baca Juga: Bawa Liverpool Menang Telak, Mohamed Salah Dianggap Serakah

Kabarnya Rexy tak memperpanjang kontraknya di Thailand. Bahkan, kabar ini sudah muncul sejak tahun lalu. Berikut biodata Rexy Mainaky yang dilansir dari berbagai sumber.

Profil Rexy Mainaky

Sosok dengan nama lengkap Rexy Ronald Mainaky ini lahir pada 9 Maret 1968 di Ternate, Maluku. Dia merupakan putra dari Jantje Rudolf Mainaky dan Venna Mainaky.

Baca Juga: Sedang Berlangsung, Berikut Link Live Streaming Persipura Vs Barito Putera

Rexy merupakan salah satu dari bagian klan Mainaky. Ya, dia merupakan saudara dari legenda-legenda Indonesia lainnya, Richard Mainaky dan Marleve Mainaky.

Rexy yang awalnya mengaku tak menyukai bulu tangkism justru menjelma sebagai salah satu sosok legenda di dunia tepok bulu Tanah Air.

Kesuksesannya sebagai pebulu tangkis banyak diraih ketika berpasangan dengan Ricky Subagja di sektor ganda putra.

Baca Juga: Ginting dan Jojo Mundur, Inilah Daftar Wakil Indonesia di French Open 2021

Sosok yang akrab disapa Eky ini mulai berpasangan dengan Ricky pada 1993. Sebelumnya, Rexy dipasangkan dengan kakaknya, Richard Mainaky.

Namun, pelatih ganda putra saat itu, Christian Hadinata, justru melihat Rexy lebih cocok dipasangkan dengan Ricky. Mereka mampu merusak dominasi ganda Korea Selatan dan Malaysia yang saat itu menguasai.

Gelar Superseries pertama yang diraih oleh Rexy adalah China Open 1992. Sejak saat itu berbagai gelar diraihnya. Total ada 27 gelar yang diraih Rexy di sektor ganda putra pada ajang Super Series, termasuk All England.

Baca Juga: Sudah Tak Dibutuhkan, Marcelo Siap Akhiri Karier 14 Tahun di Real Madrid

Puncak prestasi Rexy sebagai pebulu tangkis adalah meraih medali emas Olimpiade 1996 di Atlanta, Amerika Serikat. Dia bersama Ricky mengalahkan wakil Malaysia di babak final ganda putra.

Medali emas itu seolah melengkapi prestasi Rexy dan Ricky di tahun sebelumnya karena mampu menjadi juara dunia usai mengalahkan wakil Denmark di final.

Selain itu, Rexy juga tercatat memiliki dua medali emas Asia Games di tahun 1994 dan 1998. Rexy juga menjadi bagian dari tim Indonesia yang meraih 4 gelar Thomas Cup beruntun dari 1994 hingga 2000.

Setelah pensiun bermain bulu tangkis di tahun 2000, Rexy Mainaky sempat menjadi pelatih di pelatnas dan melahirkan atlet-atlet Indonesia berpotensi, seperti Sony Dwi Kuncoro, Simon Santoso, dan Maria Kristin Yulianti.

Rexy lalu pindah menjadi pelatih di Inggris, lalu menjadi pelatih Malaysia pada 2005. Setelah meraih banyak kesuksesan sebagai pelatih di Malaysia, pada Januari 2017 Rexy Mainaky ditunjuk sebagai pelatih kepala bulu tangkis Thailand.

Setelah 4 tahun bersama, Rexy akhirnya memutuskan berpisah dengan Thailand. Belum diketahui ke mana Rexy Mainaky akan melanjutkan kariernya sebagai pelatih.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap Gresini Racing tersebut mengatakan, ingin meraih podium pertamanya di balapan yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA) Austin, Texas, pada akhir pekan ini.

arena | 12:30 WIB

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB
Tampilkan lebih banyak