Arena

Bagi Khabib Nurmagomedov, Gadis Ring Orang Paling Tidak Berguna di MMA

Khabib Nurmagomedov mempertanyakan urgensi keberadaan gadis ring di setiap pertandingan MMA.

Rauhanda Riyantama

Juara ringan UFC, Khabib Nurmagomedov mengangkat sabuk juara pada tiba di Makhachkala pada 8 Oktober 2018 (Vasily Maximov/AFP)
Juara ringan UFC, Khabib Nurmagomedov mengangkat sabuk juara pada tiba di Makhachkala pada 8 Oktober 2018 (Vasily Maximov/AFP)

Bolatimes.com - Mantan juara dunia UFC kelas ringan, Khabib Nurmagomedov mempertanyakan urgensi keberadaan gadis ring di setiap pertandingan MMA yang dirasa tidak penting.

Gadis ring menjadi sorotan Khabib Nurmagomedov setelah memutuskan pensiun sebagai petarung UFC dengan predikat mantan juara dunia kelas ringan.

Keberadaan gadis ring memang untuk menarik perhatian penonton pada jeda pertandingan, terutama pergantian ronde namun disinilah Khabib Nurmagomedov melihat kecacatan.

Seorang perempuan berpakaian minim berjalan-jalan di sekitar ring tinju dan oktagon MMA dengan membawa papan ronde pertandingan.

Tak hanya Khabib Nurmagomedov, beberapa penggemar juga menyebut praktik yang dilakukan gadis ring itu kuno dan sudah ketinggalan jaman.

Dilansir dari Sportskeeda, Khabib bahkan secara terang-terangan menilai keberadaan gadis ring adalah hal yang sama sekali tidak diperlukan.

Pemberitahuan ronde pertandingan selanjutnya bisa dilakukan oleh promotor mengenakan layar monitor, sehingga lebih praktis dan efisien.

Khabib tak ingin menyinggung siapa pun, namun baginya gadis ring sama sekali tak memberi andil untuk mengembangkan olahraga.

"Saya tak ingin menyinggung siapa pun, tapi gadis ring adalah orang paling tidak berguna di MMA," ucap Khabib.

"Fungsinya apa? coba jelaskan? saya punya pertanyaan, Anda bisa menunjukkan ini sudah memasuki ronde kedua di layar.''

"Apakah mereka mengembangkan olahraga? atau mereka membantu orang lain untuk melihat bahwa ini sudah ronde kedua? apa yang mereka lakukan, tolong jelaskan," imbuhnya.

Khabib sebenarnya tidak mempermasalahkan eksistensi para gadis ring tersebut, namun ia merasa tak nyaman melihat mereka ketika menghadiri acara.

"Seperti ketika saya duduk dengan ayah saya, setiap orang kan punya preferensi, budaya dan nilai sendiri," ujar Khabib.

"Saya datang untuk bertarung dan duduk dengan ayah, sementara gadis-gadis tersebut lewat. Mereka berjalan menunjukkan kepada penonton jika sudah ronde kedua.''

"Namun tak ada yang melihat papan itu, saya dan ayah merasa tidak nyaman. Meskipun saya tidak menentangnya juga," imbuhnya.

Khabib tetap meyakini gadis ring merupakan bagian dari sejarah meskipun tidak ada pentingnya sama sekali.

Mantan petarung berjuluk The Eagle ini bahkan optimis bahwa pemikirannya ini disukai oleh Dana White dan sejumlah penggemarnya.

"Kami belajar sejarah untuk menghindari kesalahan di masa depan, jika kami melihat sejarah benar saja itu tidak ada gunanya," kata Khabib.

"Itu pendapat pribadi saya. Dana White mungkin akan suka itu, mungkin juga Anda. Tapi saya bukan Dana, saya Khabib.''

"Lingkungan saya membuat kami tidak akan memilikirkan hal-hal seperti ini." tandas Khabib Nurmagomedov.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini