Timespedia

4 Perbedaan Futsal dan Mini Soccer yang Perlu Diketahui

Futsal dan mini soccer beda lho.

Husna Rahmayunita

Timnas Futsal Indonesia kalahkan Malaysia. (Twitter/@FAM_Malaysia)
Timnas Futsal Indonesia kalahkan Malaysia. (Twitter/@FAM_Malaysia)

Bolatimes.com - Selain futsal, mini soccer menjadi salah satu kegiatan paling diminati masyarakat Tanah Air seiring kesukaan bermain sepak bola. Lantas perbedaan futsal dan mini soccer?

Futbal Sala atau dikenal dengan istilah futsal lebih dulu populer ketimbang mini socceer, khususnya bagi masyarakat di Indonesia.

Sejak 2002, futsal sudah banyak penggemar lewat lahirnya Federasi Futsal Indonesia (FFI), sementara federasi mini soccer baru saja diresmikan.

Tepatnya pada tahun 2016 lalu, masifnya perkembangan mini soccer dan futsal ini terutama di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Kedua olahraga ini kerap menjadi alternatif bagi penggemar sepak bola, hal ini tak lepas dari mahalnya sewa lapangan sepak bola.

Sementara sewa untuk lapangan futsal dan mini soccer terbilang lebih terjangkau, meski begitu kedua jenis alternatif ini juga memiliki perbedaan.

Berbedaan antara futsal dan mini soccer? berikut beberapa penjelasannya masing-masing.

1. Ukuran Lapangan

Untuk futsal ukuran lapangannya lebih kecil ketimbang mini soccer, biasanya memiliki panjang 25-42 meter dan lebarnya 15-25 meter.

Sementara itu untuk ukuran normal lapangan mini soccer yang biasanya ditemukan mencapai 12,5 x 25 meter.

2. Jenis Lapangan

Jenis lapangan futsal biasanya berbahamn vinyl atau permukaan karet, selain itu juga biasa dipakai parquette (permukaan kayu), karpet plastik hingga rumut sintetis.

Untuk lapangan mini soccer tidak berbeda jauh dengan sepak bola, biasanya berbahan dasar rumput asli maupun rumput sintetis.

3. Ukuran Bola

Ukuran bola untuk fustal yang biasa ditemukan adalah nomor 4 dengan beratnya bisa mencapai 400 hingga 440 gram.

Sementara itu ukuran bola untuk mini soccer adalah nomor 5, beratnya mencapai 410 hingga 450 gram.

4. Format Permainan

Futsal dimainkan dengan anggota pemain setiap timnya berjumlah 5 orang, artinya 5 vs 5 dalam satu pertandingan.

Sementara mini soccer dimainkan dengan 7 orang pemain setiap tim, namun bisa juga 9 pemain setiap timnya dalam satu pertandingan.

Format kedua pertandingan juga tidak menggunakan offside, khusus untuk mini soccer nyaris seperti sepak bola dengan lemparan ke dalam jika bola keluar lapangan.

Sementara futsal menggunakan tendangan jika bola keluar lapangan, sementara untuk waktu pertandingan mini soccer normalnya selama 20 menit.

Kemudian untuk fustal memiliki waktu bermain selama 15 menit setiap babak, selain itu pergantian pemain dilakukan secara bebas seizin wasit saat laga berlangsung maupun saat dihentikan.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini