Jenis-jenis Passing dalam Olahraga Basket, Bounce Pass hingga Chest Pass

Ada 9 jenis passing dalam olahraga basket yang perlu diketahui

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 15 September 2022 | 12:00 WIB
Pemain Timnas Basket Indonesia. Vincent Rivaldi Kosasih. (Instagram/vincent_vrk)

Pemain Timnas Basket Indonesia. Vincent Rivaldi Kosasih. (Instagram/vincent_vrk)

Bolatimes.com - Berikut jenis-jenis Passing atau operan yang biasa dikenal dalam olahraga terpopuler di Amerika Serikat, yakni bola basket.

Bola basket atau basket, dikenal sebagai salah satu olahraga terpopuler di dunia. Olahraga ini sangat tenar di Amerika Serikat berkat kompetisi NBA-nya.

Tak hanya populer di Amerika Serikat, basket juga menjadi salah satu olahraga yang digemari di belahan dunia lainnya, salah satunya Indonesia.

Sama seperti sepak bola, olahraga basket banyak dimainkan para pemuda di kala senggang dan bahkan masuk dalam ekstrakurikuler di setiap sekolah di Tanah Air.

Namun, basket sendiri tak sementereng sepak bola. Walau demikian, basket sendiri memiliki gaya permainan yang sama dengan sepak bola.

Gaya permainan ini sendiri berkaitan dengan kerja sama tim. Basket maupun sepak bola mengandalkan kerja sama tim untuk memasukkan bola ke ring ataupun mencetak gol.

Meski begitu, basket memiliki gaya kerjasama yang rumit. Kerumitan ini terlihat dari banyaknya jenis Passing atau operan yang ada dalam olahraga ini.

Apa saja jenis-jenis passing di olahraga basket? Berikut daftarnya.

1. Behind the Back Pass

Dalam olahraga basket, dikenal suatu jenis operan yang bernama Behind the Back Pass. Gaya mengoper ini dikenal untuk mengelabui lawan.

Cara dalam melakukan Passing ini yakni menaruh bola di belakang punggung dan dengan cepat melepaskan bola ke rekan setim.

2. Baseball Pass

Baseball Pass dalam olahraga basket merupakan cara mengoper bola kepada rekan setim yang berada dalam posisi terbilang jauh.

Cara untuk melakukan Passing ini sama seperti saat melakukan lemparan di Baseball, yakni satu kaki berada di depan dan melepaskan bola dengan satu tangan dan tangan satunya untuk menyeimbangkan badan.

3. Chest Pass

Sama seperti namanya, Chest Pass sendiri merupakan teknik mengoper bola dekat dengan dada. Dalam basket, teknik ini dilakukan dengan mengoper bola dari depan dada.

Teknik Chest Pass ini biasanya menggunakan dua tangan untuk melemparkan bola dengan kekuatan tertentu sesuai jarak dengan rekan setim.

4. Bounce Pass

Bounce Pass merupakan teknik Passing yang biasa digunakan untuk memberikan operan kepada rekan setim saat dijaga dengan ketat.

Biasanya, lawan akan mengangkat tangan untuk menghalau operan. Alhasil, pemain melakukan Bounce Pass dengan memantulkan bola ke lantai menuju arah rekan setim.

5. Hook Pass

Hook Pass merupakan teknik mengoper menggunakan satu lengan yang didahului dengan lompatan agar bisa melewati lawan.

Untuk menerapkannya, pemain harus melakukan Drive bola lalu menaruh bola di antara pundak dan telinga, kemudian mengangkat bola dan dilepaskan ke rekan setim.

6. Hand off Pass

Hand off Pass sendiri merupakan teknik operan tanpa mengoper sama sekali. Hal ini biasanya dilakukan saat pemain dikawal secara ketat.

Cara menerapkannya yakni bola berada dalam penguasaan sembari menunggu rekan setim datang dan menunggu bola yang ada di tangan diambil oleh rekan setim sembari melakukan Pick and Roll.

7. One-Hand Push

One-Hand Push dikenal sebagai Shoulder Pass. Operan ini biasanya dilakukan di atas pundak lawan agar lawan bisa dikelabui.

Cara menggunakannya pun biasanya memakai satu tangan dalam posisi Triple Threat, kemudian melepaskan bola entah ke arah kanan dan kiri di samping telinga lawan.

8. Overhead Pass

Overhead Pass merupakan teknik mengoper bola kepada rekan yang lebih tinggi, agar tak bisa dijangkau oleh lawan.

Cara melakukan operan ini yakni menggunakan dua tangan dan melepaskan bola di atas kepala lawan agar rekan yang tinggi bisa menerima bola.

9. Underhand Pass

Underhand Pass merupakan teknik mengoper dari bawah menggunakan dua tangan dengan memposisikan tangan di belakang dan melakukan dorongan ke depan.

Dalam menerapkannya, teknik ini bisa didahului dengan Fake Shot agar lawan berada dalam posisi blok, dan pemain bisa melepaskan operan lewat bawah agar lawan tak bisa menggapainya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Prawira Harum Bandung akan menjalani laga hidup dan mati saat berjumpa Ulaanbaatar XAC Broncos pada laga play off putaran pertama Kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia di UG Arena, Ulaanbaatar, Mongolia, Minggu (7/4).

timespedia | 00:30 WIB

Mike Tyson (57) dan Jake Paul akan adu jotos pada 20 Juli di AT&T Stadium Texas, yang merupakan markas klub NFL Dallas Cowboys.

timespedia | 09:02 WIB

kartu merah yang dikeluarkan wasit bentuknya tidak persegi seperti biasanya, melainkan berupa lingkaran

timespedia | 20:58 WIB

berikut adalah teknik dasar bola voli untuk pemula agar bisa mahir dan jadi atlet seperti Shella Bernadetha.

timespedia | 06:00 WIB

Sriartha mulai bermain basket sejak SD. Ia kemudian bergabung dengan tim ekstrakurikuler basket di sekolahnya dan mendapat kesempatan berlatih di klub Merpati Denpasar.

timespedia | 16:50 WIB

Bikini memiliki desain yang simpel dan nyaman, sehingga dapat mendukung gerakan renang yang dinamis.

timespedia | 14:47 WIB

Untuk bermain sepak bola, diperlukan lapangan yang sesuai dengan standar. Ukuran lapangan sepak bola standar nasional di Indonesia adalah sebagai berikut:

timespedia | 14:21 WIB

Marshella Aprilia ngaku baru putus dengan Pratama Arhan sebulan lalu sebelum ditinggal nikah.

timespedia | 20:00 WIB

Apa itu Premier League Summer Series 2023?

timespedia | 10:15 WIB

Berikut ulasan sejarah olahraga panahan.

timespedia | 19:30 WIB

Berikut ulasan jenis-jenis strategi dalam bola voli.

timespedia | 18:00 WIB

Wajib tahu, berikut istilah-istilah dalam catur.

timespedia | 15:30 WIB

Jangan heran jika nantinya ada pemain keturunan Jawa di Timnas Kaledonia Baru U-17 yang tampil pada Piala Dunia U-17 2023 Indonesia

timespedia | 17:56 WIB

Intip perbedaan mini soccer dengan sepak bola dan futsal.

timespedia | 11:00 WIB

Raket harus sesuai dengan gaya permainan Anda yang cenderung gemar bertahan atau menyerang

timespedia | 17:09 WIB

Di ajang ini, Jakarta Bhayangkara Presisi berhasil lolos ke final

timespedia | 08:14 WIB

Jangan ketinggalan event Jatim Media Summit akan digelar 24-25 Mei. Buruan daftar.

timespedia | 17:23 WIB

Buat skuatmu menjadi tangguh

timespedia | 07:48 WIB
Tampilkan lebih banyak