Momen Shin Tae-yong Terpaksa Melatih Passing Pemain Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023

Sudah berada di Thailand, viral video Shin Tae-yong melatih passing para pemain Timnas Indonesia U-23 dengan benar

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Jum'at, 25 Agustus 2023 | 13:52 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, tampaknya harus bekerja keras untuk membuat para pemainnya bisa bermain sepak bola dengan baik di ajang Piala AFF U-23 2023.

Pasalnya, dalam kejuaraan Piala AFF U-23 2023, Shin Tae-yong harus mengajari cara passing alias mengoper bola dengan benar kepada para pemain Timnas Indonesia U-23 dalam sesi latihan.

Hal itu terungkap dari sebuah video yang diunggah oleh penerjemah Shin Tae-yong, Jeong Seok-seo di akun TikTok-nya. Lelaki yang akrab disapa Jeje itu memperlihatkan momen latihan skuad Garuda Muda.

Dalam sesi tersebut, Shin Tae-yong dipaksa mengajari para pemain Timnas Indonesia U-23 cara mengoper bola dengan benar. Sebab, masih ada banyak pemain yang tak menguasai salah satu kemampuan paling mendasar dari sepak bola ini.

Melalui penerjemahnya itu, juru taktik asal Korea Selatan ini mendidik para pemain yang telah berlabel tim nasional untuk bisa mengoper dengan baik. Dia memberi sejumlah kunci penting yang harus dipahami.

Beberapa di antaranya yakni bola bukan didorong, tetapi ditendang. Selain itu, kaki yang menjadi tumpuan harus kuat untuk menciptakan keseimbangan. Selanjutnya, pergelangan kakinya juga harus dikunci saat mengoper bola.

“Passing bukan dorong seperti ini. Cara passing tendang (bolanya) ya, tendang. (Harus dilakukan) dengan balance yang baik,” kata Shin Tae-yong yang diterjemahkan Jeong Seok-seo saat memperagakan cara mengoper bola dengan benar.

“Coba cara passingnya begini. Kebiasaan kalian seperti ini. Ankle-nya dikunci ya. Ankle-nya harus dikunci,” lanjut Shin Tae-yong saat memberikan contoh yang salah kepada para pemainnya di sesi latihan.

Video semacam ini jelas mendapatkan sorotan tajam dari netizen di media sosial. Sebab, juru taktik kelas dunia seperti Shin Tae-yong ternyata masih harus melatih cara mengoper yang benar kepada pemain tim nasional.

Padahal, pengetahuan dan kemampuan semacam ini sebetulnya sudah harus dipahami para pemain sejak level sekolah sepak bola (SSB). Nyatanya, pemain-pemain yang berlabel Timnas pun tak bisa menguasainya dengan baik.

Terlepas dari hal itu, skuad Garuda Muda baru saja menampilkan penampilan impresif di Piala AFF U-23 2023. Yang terbaru, mereka sukses menggulung Thailand di fase semifinal dengan skor 3-1. 

Kemenangan ini mengantarkan skuad Garuda Muda ke final. Pada babak ini, anak asuh Shin Tae-yong bakal berjumpa Vietnam yang sukses mengandaskan Malaysia di semifinal.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak