Liga

Profil Ashton United FC, Klub Kasta Ketujuh Liga Inggris yang Ingin Pinjam Erling Haaland dari Man City

Bak lelucon tapi ini fakta. Ashton United FC yang bermain di kasta ketujuh resmi ajukan peminjaman Erling Haaland ke Man City

Irwan Febri Rialdi

Klub kasta ketujuh Inggris, Ashton United Football Club. (Dok. Ashton United)
Klub kasta ketujuh Inggris, Ashton United Football Club. (Dok. Ashton United)

Bolatimes.com - Belakangan ini, klub kasta ketujuh Liga Inggris, Ashton United FC, menuai sorotan dari public setelah mengajukan permohonan peminjaman Erling Haaland kepada Manchester City.

Ashton United FC terang-terangan ingin meminjam Erling Haaland dari Manchester City usai mengetahui sang pemain absen di Piala Dunia 2022 lantaran Timnas Norwegia tak lolos ke putaran final.

Dalam keterangan resminya, Ashton United FC mengutarakan keinginannya untuk merekrut Erling Haaland selama 28 hari di sela jeda kompetisi Premier League.

Klub yang mentas di Northern Premier League itu juga telah melakukan pendekatan kepada Man City dengan mengajukan proposal peminjaman untuk pemain yang dijuluki Si Robot.

"Ini (langkah) masuk akal. Manchester City tidak akan bertanding dan kami ingin membantu menjaga kebugaran Haaland. Lebih berguna daripada dia bermain golf selama enam minggu," terang Manajer Asthin United, Michael Clegg dikutip dari laman resmi klub, Selasa (15/3/2022).

Profil Ashton United FC

Sebagai informasi, Ashton United FC merupakan klub sepak bola asal Inggris yang berbasis di Greater Manchester. Saat ini, mereka merupakan kontestan dari ajang Northern Premier League Premier Division, alias kasta ketujuh di kompetisi sepak bola di Inggris.

Jika merujuk pada perjalanan dan catatan sejarahnya, Ashton United FC sudah dibentuk sejak tahu 1878. Awalnya, klub ini Bernama Hurst Football Club. Salah satu laga pertamanya yang tercatat dalam sejarah ialah melawan Hurst Red Star pada 16 Maret 1879.

Pada mulanya, klub ini menggunakan warna kebesaran hitam-putih dengan motif garis-garis dan mendapat julukan sebagai The Lamb alias Si Domba.

Mereka untuk pertama kali berpartisipasi pada ajang Piala FA pada 1883. Ketika itu, tim yang berbasis di Hurst Cross ini sukses menang 3-1 atas Turton pada ronde pertama.

Pada 1885, mereka sukses meraih gelar juara Manchester Senior Cup setelah menumbangkan Newton Heath (saat ini bernama Manchester United) dengan skor 3-0 di partai final.

Untuk saat ini, Ashton United FC menggunakan Hurst Cross sebagai stadion kandangnya. Mereka sebelumnya sempat berbasis di Holebottom di Smallshaw.

Sebagai informasi, Hurst Cross merupakan salah satu lapangan sepak bola yang paling tua di dunia. Salah satu rekor jumlah penontonnya terjadi pada edisi 19884 ketika mereka disaksikan lebih dari 9000 penonton.

Sejauh ini, kapasitas terbaru dari stadion tersebut dapat menampung 4.500 penonton. Hanya 250 di antaranya yang dilengkapi tempat duduk, dan 750 tertutup dengan atap.

Dari segi performa, catatan penampilan yang ditorehkan Ashton United FC pada Northern Premier League 2021/2022 memang tak terlalu impresif.

Sebab, mereka hanya mampu mengakhiri persaingan di peringkat ke-14 klasemen akhir dari total 22 peserta. Dari 42 pertandingan, Ashton United FC hanya mampu mendulang 51 poin.

Mereka tercatat hanya mampu menang 13 kali. Selain itu, 12 laga lainnya berakhir imbang dan 17 sisanya berakhir dengan kekalahan.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini