Liga

Profil Amadou Haidara, Calon Rekrutan Rangnick di Manchester United

Mari berkenalan dengan calon pemain anyar Manchester United

Irwan Febri Rialdi

Gelandang RB Leipzig, Amadou Haidara. (Rolf Vennenbernd/AFP)
Gelandang RB Leipzig, Amadou Haidara. (Rolf Vennenbernd/AFP)

Bolatimes.com - Efek kedatangan Ralf Rangnick sebagai pelatih interim baru Manchester United langsung menghadirkan sederet kabar mengenai skuat The Red Devils.

Salah satunya adalah transfer pemain yaitu Amadou Haidara yang dikaitkan bakal jadi target terdekat Rangnick untuk dibawa ke Old Trafford.

Media-media luar sudah ramai mengangkat berita menyoal rumor tranfser ini, meski demikian belum ada kepastian mengenai transfer Haidara. Lantas, siapa Amadou Haidara ini sehingga disebut jadi buruan terdepan Man United di bawah rezim Rangnick? Berikut ulasan profilnya.

Profil Amadou Haidara

Haidara merupakan pesepak bola yang lahir di kota Bamako, Mali, Afrika, pada 31 Januari 1998. Ketertarikannya pada dunia sepak bola sudah terlihat sejak kecil.

Oleh karena itu dia bergabung dengan akademi sepak bola di kampung halamannya bernama JMG Academy Bamako.

Kesempatan Amadou Haidara untuk mewujudkan mimpinya menjadi pesepak bola profesional akhirnya datang ketika usianya menginjak 18 tahun.

Saat itu ketika tahun 2016, dia direkrut oleh klub asal Austria sekaligus klub dari grup Red Bull, yaitu RB Salzburg.

Meski begitu, dia tak langsung bermain untuk tim utama Salzburg, Haidara bahkan dipinjamkan ke klub yang berafiliasi alias tim satelit Salzburg, Liefering, di musim perdananya datang ke Austria.

Di musim perdananya bersama Salzburg itu, Haidara sebetulnya sempat mencicipi 7 pertandingan dengan mencetak 2 gol di semua kompetisi.

Baru di musim 2017/18 kesempatan Amadou Haidara bermain semakin banyak. Dia tampil 55 kali di semua ajang dengan mencetak 8 gol.

Di musim itu pula, Haidara membantu Salzburg mencapai prestasi tertinggi klub dalam sejarah di kompetisi Eropa dengan menembus semifinal Liga Europa, meski akhirnya dikalahkan Marseille.

Setelah musim yang impresif itu, Amadou Haidara ditransfer ke sesama klub dari grup Red Bull, yaitu RB Leipzig.

Pada musim perdananya di Jerman, Haidara tak banyak mendapat kesempatan dengan hanya memainkan 12 laga di semua kompetisi.

Seiring musim berlanjut, kesempatan bermain itu semakin banyak. Haidara menorehkan 28 penampilan di musim 2019/20 lalu perannya semakin tak tergantikan di musim 2020/21 dengan mencatatkan 43 penampilan dan mencetak 6 gol.

Di musim 2021/22, Amadou Haidara masih menjadi andalan Leipzig. Dia sudah bermain sebanyak 12 kali di semua kompetisi dengan torehan 3 gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini